Exotisme Destinasi Wisata Laos

Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Beritamillennial.com – Laos merupakan salah satu negara yang memiliki destinasi wisata menarik, namun cenderung kalah populer dibandingkan dengan Thailand ataupun Vietnam.

Laos dapat dikunjungi tanpa memerlukan visa khusus untuk wisatawan dari sesama negara Asean, dan apabila Sahabat Millennial berkesempatan mengunjungi negara ini, berikut kami rekomendasikan destinasi wisata menarik dari Laos.

1. That Dam

Hasil gambar untuk black stupa 600 x 400

That Dam dalam bahasa Laos berarti kuncup bunga teratai yang belum mekar, bangunan berwarna hitam ini sering juga disebut dengan Black Stupa.

Bangunan ini terletak dipusat kota Vientiane yang tidak jauh dari pasar pagi Talat Sao dan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Menurut sejarah, dulunya bangunan ini dilapisi dengan emas murni dan dijaga oleh ular berkepala tujuh ‘Naga’ namun selama perang Siam-Laos pada tahun 1820an seluruh emas dijarah dan dibawa ke Siam (sekarang Thailand).

2. Paksong

Hasil gambar untuk Paksong 600 x 400

Paksong merupakan sebuah kota di Laos yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi karena masih terjaga kelestariannya.

Tempat wisata yang menjadi favorit pengunjung adalah air terjun Tad Fane dan Tad Tayicseua yang memiliki keindahan dan masih sangat terjaga keberishan dan kelestarian alam sekitarnya.

3. Kuang Si Waterfalls

Hasil gambar untuk Kuang Si Waterfalls 600 x 400

Kuang Si Waterfalls merupakan salah satu air terjung yang paling cantik yang ada di Laos, tepatnya berada di daerah Luang Prabang.

Air terjun jatuh dari ketinggian 50 meter dan mengalir menuju sungai dibawahnya yang memiliki tingkatan yang berbeda ketinggiannya sehingga membentuk seperti kolam-kolam yang indah.

Sahabat Millennial dapat merasakan segarnya air disini dengan mencoba untuk berenang dan menikmati sejuk dan teduhnya tempat ini karena berada dihutan tropis yang rimbun.

4. Sungai Mekong

Hasil gambar untuk Huay Xai mekong 600 x 400

Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang yang berada di Benua Asia dengan panjang kurang lebih mencapai 5.000 km, mengalir mulai dari Tibet, Tiongkok, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam.

Khusus di Laos banyak wisatawan yang menyusurinya dan disuguhkan pemandangan indah dikawasan Huay Xai yang merupakan perbatasan Thailand Utara hingga ke Kota Luang Prabang.

5. Luang Prabang

Hasil gambar untuk Luang Prabang 600 x 400

Luang Prabang merupakan tempat wisata yang populer dan sangat terkenal hingga ke manca negara dan menjadi destinasi utama wisatawan yang berlibur di Laos.

Daya tarik dari kota ini adalah memiliki arsitektur yang menawan dan juga kebersihannya yang sangaj dijaga oleh penduduknya.

Kota ini juga memiliki sejarah serta kebudayaan sehingga dijadikan sebagai salah satu situs warisan budaya oleh UNESCO.

6. Lao Museum

Hasil gambar untuk Lao national Museum 600 x 400

Museum ini merupakan situs bangunan peninggalan dari masa kolonial Prancis dan sebelumnya digunakan sebagai tempat tinggal Gubernur Prancis.

Pada tempat ini terdapat perjalanan sejarah dari negara Laos dalam memperjuangkan kemerdekaannya dan bebas dari penjajahan.

Keseluruhan sejarah kemerdekaan negara Laos dapat diketahui dari museum ini yang diceritakan secara detail dan tersusun rapi.

7. Vat Phou

Hasil gambar untuk Vat Phou 600 x 400

Vat Phou merupakan komplek kuil Hindu Khmer yang berada di Laos Selatan, terletak dikaki gunung Phou Khao dan sekitar 6 kilometer dari Sungai Mekong di provinsi Champasak.

Awalnya ada sebuah kuil yang dibangun sejak abad ke-5 pada situs ini, namun struktur bangunan yang bertahan sampai saat ini berasal dari abad ke-11 hingga ke-13 dan memiliki struktur yang unik.

Saat ini Vat Phou masih digunakan sebagai tempat peribadatan agama Budha Theravada dan juga ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu situs warisan budaya dunia.

8. Bolaven Plateau

Hasil gambar untuk Bolaven Plateau 600 x 400

Bolaven Plateau merupakan dataran tinggi yang berada di Laos Selatan, terletak di Pegunungan Annamite yang membentang di perbatasan timur Laos dan Vietnam.

Tempat ini memiliki ketinggian mencapai 1.000 – 1.350 meter diatas permukaan laut dan dilintasi beberapa sungai sehingga terdapat banyak air terjun yang indah.

Nama Bolaven diambil dari nama etnis laven yang secara historis mendominasi di wilayah ini, namun adanya migrasi domestik etnis Lao yang merupakan etnis mayoritas di Laos telah menghasilkan perkawinan antar etnis dan mengubah komposisi etnis pada wilayah ini.

9. Phou Si

Hasil gambar untuk Phou Si 600 x 400

Phou Si merupakan sebuah bukit dengan tinggi 100 meter dipusat kota tua Luang Prabang yang terletak di semenanjung kota tua dan berbatasan disatu sisi oleh sungai Mekong dan sisi lain oleh sungai Nam Khan.

Bukit ini sendiri merupakan situs agama Budha dan terdapat beberapa kuil tempat pemujaan seperti Wat Tham Phou Si yang terletak dipertengahan bukit dan Wat Chom Si yang berada dipuncak bukit.

10. Phu Chi Fa

Hasil gambar untuk Phu Chi Fa 600 x 400

Phu Chi Fa merupakan tempat wisata alam berupa pegunungan dan juga memiliki hutan taman nasional yang terletak pada perbatasan negara Laos dengan Thailand.

Disini terdapat beberapa panorama pegunungan yang sangat indah dan menakjubkan dengan kertinggian antara 1.200 sampai 1.600 meter diatas permukaan laut.

11. Wat Si Saket

Hasil gambar untuk Wat Si Saket 600 x 400

Bangunan ini merupakan sebuah candi yang dibangun pada tahun 1818 bargaya arsitektur khas Siam atas perintah Raja Anauvong.

Lokasinya berada di pusat kota Vientiane dan saat ini dijadikan sebuah museum dimana terdapat 7.000 rupang Budha didalamnya.

12. Wat Xieng Thong

Hasil gambar untuk Wat Xieng Thong 600 x 400

Wat Xieng Thong merupakan sebuah Candi Budha yang lokasinya beraada di ujung semenanjung Luang Prabang dan dibangun 1559 dan dijadikan monumen simbol agama dan seni tradisional.

Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Setthatirath dan berada diantara Sungai Mekong dan Sungai Nam Khan.

Candi ini memiliki pintu kayu yang memiliki ukiran khas dan berlapis emas sehingga menjadikan candi ini begitu memukau dan istimewa.

13. Budha Park

Hasil gambar untuk Buddha Park 600 x 400

Taman Budha atau dikenal dengan nama lain Xieng Khuan adalah sebuah taman yang memiliki banyak patung yang terletak 25 km disebelah tenggara Vientiane.

Meskipun bukan sebuah kuil (wat) namun tempat ini dapat disebut Wat Xieng Khuan yang berarti Kota Roh karena pada tempat ini terdapat lebih dari 200 patung Hindu dan Budha.

14. Pha That Luang

Hasil gambar untuk black stupa 600 x 400

Pha That Luang merupakan candi Budha berukuran besar dan dilapisi emas, terletak dipusat kota Vientiane, Laos dan dijadikan sebagai monumen nasional sekaligus simbol nasional negara Laos.

Candi ini memiliki 3 tingkatan dan setiap tingkatannya merupakan tempat refleksi dari ajaran Budha, dan Candi ini dibangun pada abad ke-3 dan sampai saat ini tidak ada perubahan apapun dalam bentuk dan struktur bangunannya.

15. Patuxai

Hasil gambar untuk Patuxai 600 x 400

Secara harafiah bangunan ini berarti Gerbang Kemenangan atau Gerbang Kemerdekaan yang berada dipusat kota Vientiane dan dibangun pada tahun 1957-1968.

Bangunan ini didedikasikan untuk orang-orang yang berjuang dalam perang kemerdekaan melawan kolonial Perancis.

Bangunan ini berdesain tradisional Laos dan dihiasi dengan simbol-simbol agama Budha dan juga makhluk mitologis Kinnari (Separuh wanita separuh burung).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *