Keju Termahal Di Dunia

Keju Termahal Di Dunia Harganya Sampai Belasan Juta Rupiah

IPTEK

Beritamillenial.com – Orang Indonesia umumnya orang mengenal jenis keju cheddar yang harganya masih relatif terjangkau. Namun, ada beberapa Keju Termahal Di Dunia yang harganya sampai belasan juta rupiah.

Banyak hal yang membuat harga keju melangit, beberapa diantaranya karena dibuat mengunakan bahan baku yang langka serta proses pembuatan yang rumit. Tak heran ada jenis keju yang dijual dengan harga yang fantastis.

Ada ratusan jenis keju yang diproduksi dari berbagai daerah di dunia ini. Setiap keju memiliki karakter dan ciri khas tertentu. Semakin unik karakter rasa keju maka semakin tinggi juga harga jual nya.

Ulasan berikut ini akan mengupas beberapa jenis keju yang harganya sangat tinggi. Beberapa jenis keju ini bahkan tercatat sebagai Keju Termahal Di Dunia. Sampai ada yang harganya setara dengan satu unit motor matic lho.

Jenis Keju Termahal Di Dunia

Extra Old Bitto

Keju asal Italia ini diproduksi di Valtelline, Lombardy. Keju ini diproduksi hanya pada musim panas, menurut kepercayaan masyarakat setempat, keju ini akan semakin lezat jika para sapi makan rerumputan di pegunungan tinggi.

Sejak tahun 1996, keju jenis ini diproduksi secara tradisional. Bahan utama keju ini adalah susu sapi yang dicampur 10-20% susu kambing.

Keju ini membutuhkan waktu pematangan sampai 10 tahun. Tak ayal rasa keju tua ini pun lezat, aroma keju tua yang khas juga menjadi salah satu keistimewaannya. Harga per kilogram keju ini sekitar Rp 2,2 juta.

Wyke Farm Cheddar

Keju cheddar termasuk jenis keju yang paling populer di dunia. Keju ini bisa ditambahkan dalam berbagai makanan, rasanya lezat dan harganya juga masih terjangkau.

Tapi ternyata tidak semua keju cheddar punya harga yang bersahabat dengan kantung. Buktinya ada keju Wyke Farm Cheddar yang harganya mencapai Rp 2,9 juta untuk 500 gram.

Keju ini dibuat di Inggris dengan bahan premium. Proses pematangan keju yang berlangsung dalam waktu berbulan-bulan membuat keju ini dibanderol dengan harga tinggi. Selain rasanya yang gurih lezat, keju ini juga bisa meresap pada aneka jenis masakan.

Clawson Stilton Gold

Keju yang satu ini adalah makanan istimewa yang diproduksi oleh desa Clawson, Leicestershire, Inggris. Ada dua jenis keju clawson yakni blue stilton dan white stilton.

Untuk varian blue stilton memiliki aroma yang kuat dengan rasa yang sangat menyengat. Proses fermentasi yang memakan waktu lama akan membuat keju ini semakin tua semakin enak. Berbeda dengan white stilton yang memiliki aroma dan rasa sedikit lebih ringan.

Selain itu, keju ini juga lebih istimewa karena diolah dengan campuran emas. Tidak heran, selain rasanya lezat keju ini juga punya tampilan manarik. Untuk 500 gram keju ini bisa ditebus dengan harga Rp 5,9 juta.

Keju Termahal Di Dunia Diolah Secara Tradisional Dengan Bahan Baku Langka

Moose Cheese

Keju Termahal Di Dunia

Siapa yang menyangka, jika sebuah desa kecil di Swedia memproduksi keju berkualitas yang harganya menmepati posisi tertinggi kedua di dunia. Keju moose terbuat dari bahan baku berupa susu rusa moose berukuran besar.

Rusa dengan tanduk lebar ini diternak oleh masyarakat. Dalam setahun, produksi keju moose tidak lebih dari 270 kilogram saja. Alasan inilah yang membuat keju ini memiliki harga selangit.

Untuk rasa keju ini terbilang unik karena creamy dan lebih gurih dibanding keju yang terbuat susu sapi. Keju moose dikemas dalam ukuran 500 gram dan dijual dengan harga Rp 6,7 juta.

Pule Cheese, Menjadi Keju Termahal Di Dunia

Keju Termahal Di Dunia

Keju jenis ini menempati posisi puncak keju termahal di dunia. Keju pule bukan terbuat dari susu sapi ataupun domba, melainkan susu keledai. Keju ini diproduksi di wilayah Zasavica, Serbia.

Untuk membuat satu kilogram keju pule dibutuhkan sekitar 25 liter susu keledai. Keju ini pertama kali dibuat 16 tahun yang lalu oleh pria bernama Slobodan Simic, yang merupakan seorang peternak keledai.

Awalnya Simic hanya memiliki 12 keledai tapi saat ini sudah ada 300 ekor keledai yang memproduksi susu sebagai bahan baku keju pule. Keunggulan keju pule ada pada kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain protein, kalsium, asam lemak omega 3 dan vitamin C yang tinggi.

Kabarnya, dengan mengonsumsi sedikit keju pule bisa mengobati asma dan bronkitis. Keju ini dibanderol dengan harga Rp 17 juta untuk satu kilogramnya.

Tinggalkan Balasan