Kopi Asal Indonesia Yang Menjadi Primadona Pecinta Kopi Dunia

Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Beritamillennial.com – Indonesia memiliki ragam kopi yang bervariasi dan sudah terkenal ke segala penjuru dunia bahwa kopi Indonesia memiliki kualitas yang bagus.

Dari segi geografis, Indonesia terletak pada daerah yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman kopi dan didukung juga dengan struktur tanahnya yang subur.

Dengan bentang alamnya yang luas, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia menghasilkan beragam jenis kopi yang berbeda.

Banyak wilayah di Indonesia yang mengembangkan perkebunan kopi yang masing-masing produk kopi yang dihasilkan memiliki karakter yang unik dan berbeda dengan daerah lainnya.

Berikut adalah beberapa jenis kopi di Indonesia yang memiliki karakter unik dan menjadi primadona bagi para pecinta kopi di dunia.

1. Kopi Sumatera

Hasil gambar untuk Kopi sidikalang 600 x 400

Jenis kopi Indonesia yang paling terkenal nimatnya adalah Kopi Sidikalang, Kopi Lintong dan Kopi Mandheling yang merupakan beberapa jenis kopi yang dikenal di Pilau Sumatera.

Beberapa ahli kopi mengatakan bahwa kopi Sumatera memiliki cita rasa yang unik dengan karakteristik aroma rempah dan earthy.

Teksturnya cukup halus dan beraroma tajam yang khas, maka kopi-kopi asal Pulau Sumatera ini menjadi salah satu kopi paling laris di dunia.

2. Kopi Toraja

Hasil gambar untuk Kopi Toraja 600 x 400

Jenis Kopi yang paling terkenal dari Sulawesi adalah Kopi Toraja, dengan rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadi salah satu ciri khas dari Kopi Toraja.

Meskipun mirip dengan kopi dari Sumatera, namun Kopi Toraja memiliki kekhasan sendiri, sehingga keunikan tersebut yang diminati oleh para pecinta kopi di dunia.

3. Kopi Aceh Gayo

Hasil gambar untuk Kopi Aceh Gayo 600 x 400

Kopi Aceh Gayo merupakan ssalah satu kopi Arabica terbaik diseluruh dunia, dengan citarasa yang lebih pahit dan dengan tingkat keasaman yang rendah.

Jenis kopi ini memiliki aroma yang sangat tajam, meskipun memiliki citarasa yang pahit, namun ada rasa gurih yang dirasakan usai meneguk kopi ini.

4. Kopi Bali Kintamani

Hasil gambar untuk Kopi Bali Kintamani 600 x 400

Kopi Bali Kintamani memiliki citarasa yang unik dengan rasa buah-buahan yang asam dan segar, jenis kopi ini ditanam bersama dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk.

Dengan proses penanaman ‘tumpang sari’ ini, Kopi Bali Kintamani memiliki aroma yang segar dengan citarasa lebih lembut dibanding jenis kopi nusantara lainnya.

5. Kopi Papua Wamena

Hasil gambar untuk Kopi Papua Wamena 600 x 400

Jenis kopi dari wilayah timur Indonesia ini ditanam pada ketinggian 1.200 meter dan menghasilkan cita rasa yang ringan dengan aroma yang tajam.

Hal yang palin istimewa dari jenis kopi ini adalah ditanam secara organik dan tanpa menggunakan bahan kimia apapun.

Jika Sahabat Millennial menggemari kopi yang ringan dengan tekstur yang lembut dan nyaris tanpa ampas maka Kopi Papua Wamena menjadi pilihan yang pas.

6. Kopi Flores Bajawa

Hasil gambar untuk Kopi Flores 600 x 400

Jenis kopi Indonesia selanjutnya dihasilkan dari Kabupaten Ngada, memiliki sedikit aroma Fruity dan sedikit aroma tembakau yang diberikan pada after-tastenya tidak didapatkan pada jenis kopi dari daerah lainnya.

7. Kopi Jawa

Hasil gambar untuk Kopi Aceh Gayo 600 x 400

Jawa termasuk salah satu dari lima pulau terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu penghasil kopi nusantara terbesar.

Daerah Jawa terkenal akan kopi Arabika yang tumbuh dengan baik pada ketinggian diatas 1.500 meter pada suhu 16º – 20º Celsius.

Kopi Jawa juga terkenal sebagai kopi yang dapat disimpan dalam waktu yang lama, mencapai dua sampai tiga tahun, sehingga membuat kopi ini memiliki cita rasa yang kuat.

8. Kopi Luwak

Hasil gambar untuk Kopi Luwak 600 x 400

Jenis kopi satu ini amat erat kaitannya dengan sejarah produksi kopi di Indonesia, karena pada awal abad ke-18, Belanda mendirikan perkebunan kopi di pulau-pulau Hindia Belanda baik dipulau Jawa maupun Sumatera dan salah satu jenis yang dikembangkan adalah Kopi Arabika dari Yaman.

Pada masa Tanam Paksa (1830-1870) petani pribumi dilarang untuk menanam kopi untuk keuntungan mereka sendiri, walaupun para petani tersebut ingin mencicipi minuman kopi yang terkenal.

Mereka pada akhirnya mengetahui bahwa beberapa jenis musang atau luwak mengkonsumsi buah kopi, namun meninggalkan biji kopi yang belum tercerna pada kotorannya.

Para patani pribumi lantas mengumpulkan biji kopi dari kotoran luwak, membersihkannya, memanggang lalu menggilingnya untuk menjadikan minumak kopi buatan mereka sendiri.

Ketenaran kopi luwak beraroma ini menyebar dari para petani dan penduduk pribumi ke pemilik perkebunan Belanda dan segera menjadi favorit.

Hinga saat ini, jenis dari kopi ini menjadi salah satu yang termahal didunia, bahkan sejak masa penjajahan kala itu.

9. Kopi Arang

Hasil gambar untuk Kopi jember 600 x 400

Jenis kopi satu ini merupakan jenis kopi asli Indonesia yang beasal dari Jember dan merupakan yang terbesar setelah kota Malang.

Cara atau proses pembuatan Kopi Arang juga cukup unik, yaitu dengan cara digosongkan dan memiliki rasa yang tidak trelalu pahit.

Jenis kopi ini menjadi salah satu kopi terbaik di Jawa yang juga disebut ‘Java Jampit’ ini memiliki keunikan tersendiri setelah diseduh yaitu memiliki aroma yang mirip cabai.

10. Kopi Lanang

Hasil gambar untuk Kopi Lanang 600 x 400

Kopi Lanang merupakan salah satu jenis kopi yang populer di Indonesia, dalam bahasa Jawa ‘lanang’ berarti laki-laki karena dipercaya dapat menambah vitalitas pria.

Kopi ini banyak diproduksi di daerah Jawa Timur dan memiliki kadar kafein yang cukup tinggi, sehingga membuat para penikmatnya tidak akan merasa ngantuk.

Kopi ini juga terkenal hingga daratan Amerika, karena bentuk biji yang bulat dan juga kadar kefeinnya yang tinggi tersebut.

11. Kopi Preanger

Hasil gambar untuk Kopi Preanger 600 x 400

Kopi Preanger sudah eksis sejak jaman pendudukan Belanda dan merupakan salah satu jenis kopi Indonesia yang sangat terkenal di dunia.

Rasa dari Kopi Preanger sangat khas dan nikmat, sampai di Eropa menyebutnya dengan ‘a cup of java’ hanya untuk menggambarkan kenikmatan dari secangkir kopi ini.

12. Kopi Flores

Hasil gambar untuk Kopi Flores 600 x 400

Salah satu dari jenis kopi Indonesia yang memiliki kualitas tinggi adalah Kopi Flores, baik untuk jenis Arabica maupun jenis Robusta.

Kopi Flores sudah mampu menempatkan diri sebagai salah satu jenis kopi Premium yang banyak dicari oleh para penikmat kopi di dunia.

Kopi ini memiliki cita rasa yang unik, yang dipengaruhi dari tempat dimana kopi ini tumbuh dan yang membuatnya berbeda dengan jenis kopi lainnya adalah adanya cita rasa lemon yang harum aromanya.

13. Kopi Lampung

Hasil gambar untuk Kopi Lampung 600 x 400

Kopi Lampung cukup pantas dikategorikan sebagai salah satu jenis kopi terbaik Indonesia karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas.

Jenis kopi yang dibudidayakan oleh banyak petani di daerah Lampung adalah jenis Robusta, yang sebagian besar berada di dataran tinggi Lampung yang terpusat di Lampung Tengah, Lampung Barat dan Tenggamus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *