Kue Tradisional Jepang Yang Legendaris

Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Beritamillennial.com – Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang menjadi surga bagi para pecinta kuliner, mulai dari makanan berat, makanan ekstrem hingga makanan tradisionalnya.

Salah satu dari jenis makanan tradisional di Jepang yang diburu para wisatawan adalah sajian kue tradisionalnya yang beragam dan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Berikut ini kue tradisional Jepang yang sudah sangat legendaris dan memiliki sejarah panjang namun masih tetap eksis hingga saat ini.

1. Anmitsu

Hasil gambar untuk Anmitsu 600 x 400

Anmitsu sudah populer di Jepang selama beberapa dekade, sajian ini terdiri dari beberapa isian yang disajikan dalam satu wadah.

Makanan ini terdiri dari agar-agar uang dipotong kecil, jelly yang terbuat dari ganggang merah, pasta kacang azuki, kacang polong rebus dan berbagai jenis buah serta tambahan sirup hitam manis bernama mitsu.

Sampai saat ini Anmitsu masih eksis disajikan dan dinikmati oleh masyarakat Jepang, selain versi tradisionalnya kini juha hadir Anmitsu versi modern dengan tambahan es krim berbagai rasa.

2. Warabimochi

Hasil gambar untuk Warabimochi 600 x 400

Warabimochi merupakan salah satu dari jenis kue mochi yang  tergolong unik karena bahan dasarnya menggunakan pati dari pohon pakis yang diolah menjadi jely yang kenyal.

Saat penyajiannya, warabimochi dihidangkan dengan taburan bubuk kinako yang terbuat dari kedelai panggang, dengan rasa yang manis warabimochi semakin banyak disukai orang.

3. Youkan

Hasil gambar untuk Youkan 600 x 400

Youkan merupakan salah satu kudapan populer di Jepang berupa agar-agar yang terbuat dari pasta kacang merah, jelly dan gula.

Terdapat dua jenis yokan yang populer, yakni neri yokan dan mizu yokan yang menggunakan banyak air dibanding jenis originalnya.

Terkadang youkan juga dibuat berwarna hijau yang berasal dari bubuk greentea atau dibuat juga dengan tambahan kacang cincang, buah persik hingga ubi manis.

Dalam penyajiannya, kudapan dengan rasa manis ini disajikan dalam bentuk irisan dan kabarnya yokan sidah ada sejak tahun 1911.

4. Taiyaki

Hasil gambar untuk Taiyaki 600 x 400

Taiyaki juga dikenal dengan nama kue ikan karena memang bentuknya yang menyerupai ikan, terbuat dari tepung terigu, gula, telur ayam dan air yang dimasak dalam cetakan berbentuk ikan.

Awalnya kue ini bernama imagawayaki dengan bentuk aneka hewan namun bentuk ikan yang akhirnya lebih populer, biasanya diberi isian kacang merah yang sudah dimasak dengan gula hingga kental dan rasanya manis.

Taiyaki juga dianggap sebagai makanan pembawa keberuntungan, dan pada saat ini benyak varian isi dari taiyaki yang lebih modern.

5. Sakura Mochi

Hasil gambar untuk Sakura Mochi 600 x 400

Sakura mochi merupakan kue tradisional Jepang yang tidak kalah populer, terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun sakura.

Sakura mochi biasanya diisi dengan pasta kacang merah, dengan bagian luar sengaja dibuat dengan warna merah muda sehingga tampilannya cantik dan manis.

Sakura mochi juga tidak hanya sekedar kue tradisional, namun juga menjadi bagian dari tradisi, dimana sakura mochi dimakan pada saat musim semi terutama pada saat Girl’s Day dan Flower Viewing.

Menikmati suasana ketika bunga sakura bermekaran sambil makan sakura mochi sudah menjadi rutinitas masyarakat Jepang secara turun temurun.

6. Dorayaki

Hasil gambar untuk Dorayaki 600 x 400

Dorayaki sangat populer bagi anak-anak generasi  90-an berkat serial kartun Doraemon, karena dorayaki merupakan makanan favorit robot kucing berwarna biru ini.

Dorayaki merupakan pancake Jepang yang bisa dikatakan sebagai makanan kuno, karena sudah dibuat sejak tahun 1914 dan sudah dianggap sebagai makanan tradisional kebanggaan masyarakat Jepang.

Dorayaki terbuat dari bahan utama tepung terigu, susu, telur dan gula dengan rasa manis dan bertekstur lembut fluffy dan diberi isian kacang merah yang manis dan legit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *