Makanan Alternatif Pengganti Nasi

Makanan Alternatif Pengganti Nasi Untuk Hidup Lebih Sehat

HEALTH

Beritamillenial – Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Namun begitu ada beberapa kontroversi mengenai nasi putih yang dianggap kurang sehat. Bahkan banyak penelitian juga menyimpulkan bahwa nasi putih ternyata tidak begitu sehat dikonsumsi karena memiliki kalori yang tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan. Bagi yang sedang diet akan menghindari konsumsi nasi. Untuk mendapatkan kepuasan yang sepadan, Anda bisa memilih beberapa makanan alternatif pengganti nasi ini. Sebagai pengganti nasi, pilihlah makanan berjenis karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan membantu tubuh mengontrol gula darah. Sehingga nafsu makan jadi lebih terkontrol. Berikut beberapa jenis Makanan Alternatif Pengganti Nasi seperti dilansir dari Health Line.

Jenis Makanan Alternatif Pengganti Nasi

Quinoa

Makanan Alternatif Pengganti Nasi

Quinoa adalah salah satu makanan pengganti nasi yang belakangan ini sedang naik daun di dunia. Quinoa berasal dari tanaman yang mengandung sembilan asam amino esensial. Sebagai pengganti nasi, Quinoa mengandung protein bebas gluten serta tinggi serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E yang dan memiliki protein yang lebih tinggi daripada beras.

Satu porsi 1/2 cangkir (92 gram) quinoa yang dimasak memberi asupan 4 gram protein, dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi nasi putih yang sama. Quinoa juga merupakan sumber mineral vital magnesium dan tembaga yang baik. Mineral ini memiliki peran penting dalam metabolisme energi dan kesehatan tulang.

Cara memasaknya mudah, campurkan quinoa kering dengan air kemudian di rebus. Tutup dan kurangi suhu panasnya, biarkan mendidih sampai semua air terserap. Kemudian angkat quinoa yang sudah matang dan diamkan selama 5 menit, lalu aduk dengan garpu.

Bunga Kol

Kembang kol yang di rebus adalah alternatif pengganti nasi yang rendah karbohidrat dan rendah kalori. Sehingga sangat baik sebagai pengganti nasi. Kembang kol memiliki rasa yang ringan, serta tekstur dan penampilan yang mirip dengan nasi, dan hanya memiliki sedikit kalori dan karbohidrat.

Satu porsi 1/2 cangkir (57 gram) kembang kol yang direbus hanya memiliki 13 kalori, berbanding dengan 100 kalori untuk porsi nasi putih dalam jumlah sama.

Untuk membuat kembang kol, potong kepala kembang kol menjadi beberapa bagian dan parut menggunakan parutan kotak, atau cincang halus. Kemudian rebus kembang kol dengan api sedang dan sedikit minyak sampai lunak dan berwarna kecokelatan.

Brokoli

Hasil gambar untuk broccoli 600x400

Sama seperti kembang kol, brokoli rebus yang dibuat mirip nasi adalah alternatif nasi bagi mereka yang diet rendah karbohidrat atau rendah kalori. Kandungan nutrisinya sama dengan kembang kol yang direbus, 1/2 gelas (57 gram) brokoli mengandung sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Brokoli rebus juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dan dapat bertindak sebagai antioksidan kuat. Manfaatnya dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Seperti kembang kol yang direbus, brokoli rebus dapat disiapkan dengan cara memarut brokoli dengan parutan atau mencacahnya, kemudian memasaknya di atas api sedang dengan sedikit minyak.

Beberapa Makanan Alternatif Pengganti Nasi Lainnya

Shirataki Merupakan Makanan Alternatif Pengganti Nasi

Makanan Alternatif Pengganti Nasi

Pada dasarnya, nasi shirataki terbuat dari akar konjac yang merupakan tanaman asli Asia yang kaya akan serat unik bernama glukomanan. Menurut kemasan produk, satu porsi beras shirataki 3 ons (85 gram) tidak mengandung kalori.

Glukomanan, serat utama dalam akar konjak, memiliki banyak manfaat termasuk kemampuannya untuk membentuk pelindung di sepanjang lapisan usus Anda.

Untuk menyiapkan nasi shirataki, bilas dengan air, rebus selama 1 menit, lalu panaskan nasi dalam wajan di atas api sedang sampai kering. Anda bisa bilas nasi shirataki sebelum dimasak agar mengurangi aroma uniknya.

Barley

Hasil gambar untuk Barley 600x400

Barley adalah biji-bijian yang terkait erat dengan gandum. Barley terlihat mirip dengan gandum dan memiliki tekstur kenyal dan rasa sederhana.

Dengan 100 kalori, 1/2 cangkir (81 gram) barley yang dimasak, dapat memberikan jumlah kalori yang sama dengan sajian nasi putih yang setara. Berbeda dengan nasi, barley mengandung sedikit lebih banyak protein dan serat.

Untuk memasak barley, didihkan barley dengan air hingga mendidih, lalu kecilkan menjadi api sedang dan masak sampai lunak, sekitar 25–30 menit.

Couscous

Makanan Alternatif Pengganti Nasi

Couscous adalah jenis pasta yang banyak digunakan dalam masakan Mediterania dan Timur Tengah. Couscous terbuat dari mutiara tepung yang sangat kecil. Couscous gandum murni adalah pilihan yang lebih sehat daripada yang lainnya karena kaya serat dan protein.

Untuk membuat couscous, campurkan couscous dengan air, kemudian didihkan. Biarkan couscous tertutup selama 5 menit. Ratakan dengan garpu sebelum disajikan.

Kubis

Hasil gambar untuk cabbage 600x400

Kubis merupakan alternatif lain yang sangat baik untuk nasi. Kubis rendah kalori dan karbohidrat. Kubis juga merupakan sumber vitamin C dan K yang sangat baik dengan porsi 1/2 cangkir (75 gram) masing-masing memberikan 31% dan 68% kebutuhan asupan vitamin harian.

Vitamin K dapat membantu mengatur pembekuan darah dan sirkulasi. Vitamin juga dapat memainkan peran penting dalam kesehatan tulang.

Untuk memasak kubis di cincang, cincang kubis kemudian masak dengan sedikit minyak di atas api sedang sampai teksturnya lembut.

Tinggalkan Balasan