Mencicipi Berbagai Macam Olahan Mie dari Berbagai Negara Asia

Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Bertitamillennial.com –┬áMie merupakan salah satu jenis makanan yang bisa diterima oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Mie awalnya berasal dari negara China, dan banyaknya masyarakat China yang melakukan migrasi keberbagai tempat diseluruh penjuru dunia, maka olahan makanan brebahan dasar mie turut terbawa oleh mereka.

Ada banyak sekali regam olahan mie dari berbagai penjuru dunia, khususnya negara-negara Asia memiliki aneka olahan makanan dengan bahan mie yang akhirnya menjadi makanan khas dari negara itu, berikut ini diantaranya.

1. Pho (Vietnam)

Image result for Pho 600 x 400
Pho merupakan olahan mie yang berasal dari negara Vietnam yang sudah begitu populer diberbagai negara lainnya. Bentuk mie nya sendiri pipih dan tipis disajikan dengan kuah kaldu bening dan segar.

Walaupun memiliki kuah bening, namun rasa dari mie ini tidaklah hambar, karena pada proses memasaknya menggunakan beraneka macam rempah seperti jahe, ketumbar, adas, saus ikan dan saus hoisin.

Sebegai pelengkapnya, mie ini disajikan dengan tambahan berupa daun kemangi, daun bawang, daun mint, cabai, tauge dan perasan jeruk nipis juga ada irisan daging sapi yang membuat Sahabat Millennial akan ketagihan ketika mencicipinya.

2. Saimin (Hawaii)

Image result for Saimin  600 x 400
Saimin merupakan olahan mie dari Hawaii yang memiliki tampilan serupa dengan remen yang berasal dari Jepang. Berbahan dasar mie telur, kuah kaldu khas Jepang, daun bawang dan berbagai macam isian seperti daging dan lainnya yang dapat dipilih sesuai selera.

Makanan satu ini sudah sangat terkenal akan kelezatannya, sehingga banyak orang menykainya mulai dari penduduk lokal juga turis yang sedang berlibur disana. Bahkan salah satu gerai restoran cepat saji ternama memasukan Saimin kedalam daftar menunya.

3. Mie Wonton (Hongkong)

Image result for Mie Wonton 600 x 400
Olahan mie berikutnya berasal dari Hongkong, dan jika Sahabat Millennial berkujung ke Hongkong jangan terlewat untuk mencoba sajian khas satu ini. Terbuat dari mie kuning dengan bentuk tipis yang disajikan dengan pangsit rebus, sayuran dan irisan daging.

Ada dua varian dari olahan mie ini, yaitu menggunakan daging babi dan daging sapi atau ayam, yang semakin membuatnya disukai banyak orang adalah dalam satu porsi mie wanton disajikan dengan pangsit berisi daging cincang yang khas dan banyak.

4. Mie Shan (Myanmar)

Image result for Mie Shan 600 x 400
Mie Shan merupakan olahan mie yang sangat terkenal di Myanmar, mie ini berasal dari kota Shan dan sudah terkenal ke mancanegara terutama Thailand, China, Laos dan lainnya. Sedikit unik, mie ini memiliki tekstur yang lengket karena berbahan dasar tepung beras ketan.

Uniknya lagi, tepung tersebut terbuat dari beras ketan yang hanya ditanam khusus di Kota Shan. Hidangan satu ini secara umum disajikan dengan menggunakan topping sayuran dan daging babi atau ayam, jika Sahabat Millennial berkesempatan untuk mengunjungi Myanmar, tidak ada salahnya untuk mencicipi sajian khas ini.

5. Pad Thai (Thailand)

Image result for Pad Thai 600 x 400
Jika Sahabat Millennialmengunjungi Thailand, maka tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya olahan mie khas Thailand yang mirip dengan sajian kwetiau goreng di Indonesia. Olahan mie ini dilengkapi dengan kucai, tauge, cabai, kacang cincang, jeruk nipis, ketumbar, acar, tahu, telur, kepiting udang dan daging ayam.

Walaupun secara pandangan mata, mirip dengan kwetiau, namun memiliki citarasa yang berbeda dengan dominan rasa manis dan asam. Pad Thai biasa dinikmati dalam keadaan masih hangat dan bisa dijumpai mulai dari pedagang kaki lima sampai di hotel berbintang lima.

6. Khua Mee (Laos)

Image result for Khua Mee 600 x 400
Laos juga memiliki olahan mie yang khas dari negaranya, dimana olahan mie ini bernama Khua Mee yang uniknya mie tersebut terbuat dengan bahan dasar beras berisikan potongan daging ayam, sapi atau babi juga dilengkapi dengan berbagai macam potongan sayuran dan juga bawang putih yang membuat rasa dan aromanya semakin memikat.

7. Mie Ayam (Indonesia)

Image result for Mie Ayam 600 x 400
Olahan mie satu ini sudah sangat populer bagi masyarakat Indonesia dan Sahabat Millennial tentunya sudah pernah mencoba sajian satu ini. Ternyata olahan mie ayam ini tidak hanya disukai oleh orang Indonesia saja, tetapi orang luar negeri pun suka dengan hidangan satu ini.

Berbahan dasar mie kuning yang terbuat dari campuran tepung terigu dan juga telur, lalu direbus hingga mempunyai tekstur yang kenyal kemudian ditambahkan sayur sawi dan potongan ayam yang sudah dimasak dengan kecap dan berbagai macam rempah.

Agar lebih nikmat, mie ayam disajikan dengan kuah kaldu juga dilengkapi pangsit, bakso dan juga telur. Tidak ketinggalan saus dan sambal bagi Sahabat Millennial penyuka rasa pedas.

8. Mie Aceh (Indonesia)

Image result for Mie Aceh 600 x 400
Selain mie Ayam yang sudah terkenal sampai pelosok daerah di Indonesia, ada satu lagi olahan mie yang terkenal memiliki rasa yang tidak kalah enaknya, dan mie berasal dari Aceh.

Yang unik dari Mie Aceh ini adalah komposisi dalam satu porsinya yang sangat kaya, seperti kepiting ataupun jenis seafood lainnya yang dimasak dalam kuah pekat berempah dan rasa pedasnya akan membuat siapapun menyukai olahan mie ini.

9. Kuy Teav (Kamboja)

Image result for Kuy Teav 600 x 400
Olaham mie berikutnya bernama Kuy Teav yang berasal dari Kamboja, yang berupa mie pipih yang terbuat dari beras dan dihidangkan dengan kuah berkaldu yang gurih.

Hal ini karena dalam kuahnya ditambhakan beragam rempah-rempah seperti bawang merah, ketumbar, merica dan disajikan dengan daun kemangi, jeruk nipis, selada, tauge dan minyak bawang putih yang membuat rasanya semakin lezat ketika disantap.

10. Laksa (Malaysia & Singapura)

Image result for Laksa 600 x 400
Laksa merupakan olahan mie yang berasal dari Malaysia yang juga disajikan dengan kuah pekat dan menggunakan rempah-rempah khas dan kuahnya nampak seperti kuah kari dengan warna kuning pekat dengan rasa yang gurih.

Mie yang digunakan berbahan dasar beras sehingga memiliki tekstur yang kenyal dan disajikan dengan isian seperti tauge, telur, udang, tahu dan sayuran hijau akan menambah citarasa kelezatan dari makanan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *