Mengenal Cemilan Khas Kamboja

Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Beritamillennial.com – Letak negara Kamboja yang berdekatan dengan negara Thailand dan Laos sehingga memiliki sajian kuliner khususnya kue tradisional yang mirip.

Kamboja memang tidak sepopuler Thailand atau Singapura di kawasan Asia Tenggara, namun untuk urusan kebudayaan dan kuliner, Kmaboja merupakan salah satu negara yang menarik untuk dibahas.

Selain jajanan kali limanya, aneka kue tradisional disini juga tidak kalah enak dan mempunyai rasa yang unik karena banyak jenis kue yang menggunakan buah sebagai bahannya, berikut daftarnya :

1. Num Ansom Chek

Jika Sahabnat Millennial berkesempatan berlibur ke negara Khmer ini maka disetiap sudut jalan akan menemukan banyal penjual Num Ansom Chek.

Kue ini terbuat dari beras ketan yang diisi dengan potongan pisang kemudian dibungkus dengan daun pisang sehingga kue ini dikenal juga dengan nama ‘kue pisang gulung.’

Kue ini bertekstur lembut karena pada proses pembuatannya dikukus dan masyarakat Kamboja makan kue ini pada perayaan Pchum Ben atau Tahun Baru Khmer.

Banyak juga masyarakat Kamboja yang menggunakan Num Ansom Chek sebagai kue persembahan ketika sembahyang di Kuil.

2. Nom Plae Ai

Kue ini biasa disajikan dengan parutan kelapa muda diatasnya dan menggunakan daun pisang dalam penyajiannya.

Nom Plae Ai bertekstur kenyal dan berbentuk bulat terbuat dari tepung beras dengan isian gula, sepintas mirip kue Klepon di Indonesia.

Kue ini merupakan salah satu jajanan yang digemari masyarakat Kamboja karena ketika digigit akan lumer dimulut rasa manis dan gurihnya kelapa menambah kesan eksotis dari cemilan satu ini.

3. Kralan

Jika di Indonesia ada Lemang, maka di Kamboja ada Karlan yang berbahan beras ketan dicampur kacang hitam, parutan kelapa dan santan kemudian dibakar dalam bambu.

Penggunaan bambu disini agar memberi aroma khas yang berpadu dengan rasa manis dan gurih dari Karlan merupakan kombinasi yang sangat mengugah selera.

4. Num Chak Kachan

Hampir semua negara di kawasan Asia Tenggara memiliki sajian kue yang mirip dengan ‘kue lapis’ yang di Kamboja sendiri disebut dengan Num Chak Kachan.

Kue ini cukup terkenal dan digemari masyarakat Kamboja karena rasa yang enak dengan tekstur yang lembut selain itu memiliki warna yang cantik dan mengugah selera.

Hampir sama dengan kue lapis pada umumnya, Num Chak Kachan dibuat dengan menggunakan tepung beras, gula dan santan. Kue ini sangat cocok dijadikan pendamping saat minum teh.

5. Treap Bay

Kue ini juga populer di Kamboja, dengan bahan dasar beras ketan yang ditaburi biji wijen dan memiiki tekstur yang legit dengan rasa yang manis.

Dengan bahan dasar yang sederhana namun memiliki rasa yang enak, maka kue satu ini dapat mempresentasikan kuliner khas Kamboja.

6. Num Kom

Satu lagi sajian khas Kamboja yang mirip dengan salah satu kue tradisional di Indonesia, Num Kom yang sangat mirip dengan kue Nagasari di Indonesia.

Berbahan dasar tepung beras dengan isian buah seperti pisang, nangka atau kacdang merah, biasanya kue ini disajikan ketika musim panen, untuk merayakan panen dan menikmati kue ini secara bersama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *