Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Mengenal Lezatnya Kuliner Khas Portugal

FOOD AND TRAVEL

Beritamillennial.com – Pada jaman dahulu, Portugal dikenal sebagai negara yang mengirim banyak pelaut untuk menjelajah dunia ini, baik untuk menguasai sebuah daerah baru, ataupun hanya sekedar singgah.

Barawal dari peristiwa tersebut, sedikit-banyak para pelaut dan penjelajah tersebut meninggalkan jejak berupa resep masakan di berbagai penjuru dunia yang pernah disinggahi.

Resep masakan Portugal termasuk dalam jenis masakan Mediterania yang didominasi dengan penggunaan minyak zaitun, bawang putih dan ikan. Berikut diantaranya.

1. Peixinhos Da Horta

Hasil gambar untuk Peixinhos Da Horta 600 x 400

Peixinhos Da Horta adalah makanan yang berasal dari Portugal berupa buncis yang digoreng dengan tepung dan menjadi cikal-bakal makanan yang terkenal di Jepang yakni tempura.

Dari makanan yang berbahan dasar buncis, oleh masyarakat Jepang kemudian dikembangkan dengan berbagai jenis makanan seperti udang, cumi dan berbagai macam sayuran lainnya.

2. Carne De Vinha D’alhos

Hasil gambar untuk Carne De Vinha D'alhos 600 x 400

Salah satu jenis makanan khas Portugal bernama┬áCarne De Vinha D’alhos adalah cikal-bakal makanan khas dari India yang bernama Vindaloo.

Makanan ini berupa irisan daging sapi yang dimarinasi dengan bawang dan cuka anggur, yang oleh masyarakat India di modifikasi menjadi makanan khas negara mereka.

Bahan dasar cuka anggur yang sulit didapat di India, lantas digantikan dengan anggur kurma lalu ditambah dengan aneka rempah tradisional seperti lada hitam, kapulaga, kayu manis, dan lain sebagainya.

3. Pastel De Nata (Portugal Egg Tart)

Hasil gambar untuk Pastel De Nata 600 x 400

Egg tart merupakan salah satu jenis kue basah yang berbahan dasar telur, sedangkan untuk kulitnya menggunakan puff pastry yang kemudian diisi fla sebagai bahan isiannya kemudian dipanggang dalam oven.

Untuk bahan dasar dari fla yang digunakan sebagai isiannya dapat menggunakan whipping cream, gula pasir, susu cair, tepung maizena dan tidak lupa kuning telur dan perasan lemon.

4. Piri-Piri Grilled Chicken

Hasil gambar untuk Piri-Piri Grilled Chicken 600 x 400

Piri-Piri Grilled Chicken adalah ayam panggang ala Portugis yang memiliki banyak versi dimana setiap dareah di Portugal memiliki versinya masing-masing.

Sebeum dipanggang, terlebih dahulu ayam akan dibumbui dengan garam dan lada hitam, kemudian dimarinasi dengan minyak zaitun dan bawang putih cincang.

Sebagai pelengkapnya, biasanya ayam panggang ini disajikan berasama dengan irisan kentang goreng atau kentang tumbuk dan sedikit perasan jeruk lemon.

5. Bacalhau

Hasil gambar untuk Bacalhau 600 x 400

Bacalhau adalah salah satu jenis makanan tradisional dari Portugal dengan bahan dasar ikan cod yang sebelumnya telah diasinkan, dan menjadi salah satu makanan favorit di Portugal.

Ada banyak resep dalam memasak Bacalhau, karena setiap orang bisa saja mengkreasikan sajian makanan ini sesuai dengan seleranya masing-masing.

6. Sardines

Hasil gambar untuk Sardines 600 x 400

Sama seperti dengan Bacalhau, makanan kahs Portugal ini juga berbahan dasar ikan yang diasinkan, yang membedakannya adalah jenis dari ikannya.

Makanan ini menggunakan bahan dasar ikan sardines, dan hampir semua rumah tangga di Portugal memiliki kreasinya masing-masing dalam membuat makanan ini.

7. Bolo Rei

Hasil gambar untuk Bolo Rei 600 x 400

Bolo Rei adalah salah satu jenis roti khas Portugal yang bertekstur lembut dan dihiasi aneka topping seperti kismis, buah-buahan keringh dan juga beberapa jenis kacang-kacangan.

Setelah semua topping tersusun rapi diatasnya sehinggan membentuk seperti mahkota raja, adonan kemudian di panggang dalam oven hingga matang.

Setelah matang, maka kue tart ini akan benar-benar terlihat seperti mahkota raja, oleh karena itu, di Inggris kue tart ini disebut dengan kue raja atau King Cake.

8. Caldo Verde (Portugal’s Soup)

Hasil gambar untuk Caldo Verde 600 x 400

Caldo Verde juga merupakan salah atu hidangan tradisional Portugal berupa sup yang terbuat dari kentang dan sayuran serta irisan chourico (sosis pedas ala Portugal).

9. Chourico (Hot Portugal’s Sausage)

Hasil gambar untuk Chourico 600 x 400

Chourico adalah sosis pedas khas Portugal yang terbuat dari daging sapi cincang yang berbumbu pedas yang diolah menjadi sosis.

10. Bolinhos (Salt Cod Croquettes)

Hasil gambar untuk Bolinhos 600 x 400

Bolinhos adalah kroket khas Purtugal yang biasa dijadikan sebagai camilan dan terbuat dari bahan dasar kentang dengan isian ikan cod yang sudah diasinkan ditambah wortel yang sudah dicincang.

 

Tinggalkan Balasan