Mengenal Ragam Kuliner Khas Mesir

Beritamillennial.com – Mesir merupakan salah satu negara di Benua Afrika yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak orang karena memiliki banyak tempat wisata sejarah yang menarik.

Selain itu Mesir juga memiliki ragam kuliner khas yang juga menajdi daya tarik bagi wisatawan untuk mencicipinya sehingga tidak lengkap rasanya berwisata ke suatu negara tanpa mencicipi kuliner khasnya.

Berikut ini ragam kuliner khas negeri Firaun yang memiliki ciri khas bercita rasa asin dan benyak menggunakan rempah dalam masakannya.

1. Vine Mahshi

Hasil gambar untuk Vine Mahshi 600 x 400

Vine Manshi merupakan jenis makanan yang sering digunakan untuk berbuka puasa di negara-negara Timur Tengah dengan bahan sayuran yang kaya akan rempah-rempah.

Makanan satu ini berasal dari Kerajaan Otoman yang saat itu menguasai banyak daerah di Eropa sehingga juga populer di negara-negara Balkan seperti Armenia, Swedia dan juga Polandia.

Makanan ini berbahan dasar aneka sayuran seperti terong, paprika, tomat, zucchini dan daun anggur atau kol dengan isian nasi campur.

Sayuaran terlebih dahulu direbus dengan air kaldu selama 40-60 menit lalu didalamnya diisi nasi yang telah diolah dengan dicampur berbagai macam rempah-rempah.

2. Grilled Kofta

Hasil gambar untuk Grilled Kofta 600 x 400

Jika di Indonesia populer sajian sateb kambing, maka di Mesir memiliki sajian yang serupa bernama Grilled Kofta yang merupakan ‘sate’ dari daging domba.

Grilled Kofta merupakan daging domba yang dicincang kemudian dicampur dengan rempah-rempah serta daun mint dan peterseli kemudian dibentuk seperti sosis lalu dibakar diatas bara api seperti kebab.

3. Halawa

Hasil gambar untuk Halawa 600 x 400

Halawa merupakan salah satu jenis makanan yang ada di hampir semua negara-negara Mediterania dan terbuat dari wijen kental dengan aneka bentuk.

Makanan ini bisa dicampurkan bersama hidangan lainnya dan cocok dihidangkan pada menu sarapan atau makan siang serta selalu ada di setiap musim.

4. Roti Isyh

Hasil gambar untuk egypt is bread 600 x 400

Roti Isyh merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Mesir dan memiliki rasa seperti roti tawar namun teksturnya lebih padat dan lebih berserat.

Roti ini memiliki diameter rata-rata 15 cm dan berharga murah, sering digunakan juga sebagai makanan pendamping dan sangat disukai oleh masyarakat Mesir.

5. Kunafa

Hasil gambar untuk Kunafa 600 x 400

Konafah merupakan salah satu sajian yang sering disajikan bersama dengan roti iysh, memiliki bentuk seperti mie dengan rasa yang manis.

Makanan satu ini berbahan dasar mie tebal dan panjang dan dihidangkan diatas piring datar dengan tekstur kenyal dan kering serta diolesi mentega cair dan dibubuhi krim dan kacang tabur kemudian dipanggang.

Menu satu ini merupakan hidangan tradisional Mesir yang telah berusia ratusan tahun dan tercatat uga dikonsumsi di negara Jzirah Arab, Turki, Syam dan Mesir namun asal-usul dari makanan ini belum diketahui.

6. Roti Fatir

Hasil gambar untuk fatir bread 600 x 400

Roti Fatir sering digunakan sebagai menu sarapan dengan kombinasi rasa manis dan gurih yang seimbang serta teksturnya renyah dibagian luar namun lembut pada bagian dalamnya.

Proses pembuatan dari roti ini tergolong unik karena masih menggunakan tungku tradisional dari batu dengan ukuran yang besar.

Roti ini sangat cocok dinikmati selagi hangat apalagi jika disajikan dengan tambahan selai kacang asin, madu dan madu hitam khas Mesir.

7. Dukkah

Hasil gambar untuk Dukkah 600 x 400

Dukkah biasa dinikmati bersama dengan roti isyh yang merupakan roti tawar khas Mesir dengan tambahan berupa sayuran seperti tomat dan timun.

Makanan satu initerbuat dari rempah-rempah seperti garam, wijen, daun mint. jinten dan ketumbar serta marupakan menu yang sering dibuat di setiap rumah orang Mesir.

8. Mulukhiya

Hasil gambar untuk Mulukhiya 600 x 400

Makanan satu ini merupakan jenis sayur yang berasal dari tanaman rami dan crochorus kemudian dimasak bersama potongan daun bawang, bawang putih dan ketumbar dengan tambahan daging sapi dan ayam.

Mulukhiya juga disajikan sebagai makanan pendamping yang dinikmati bersama nasi Mesir atau bisa juga dinikmati bersama dengan roti khas Mesir.

9. Kushari

Hasil gambar untuk Kushari 600 x 400

Nasi Kushari merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat Mesir serta memiliki banyak ragam dengan bahan nasi, kacang lentil, makaroni, saus tomat, chickpea serta taburan bawang goreng.

Makanan ini merupakan sumber karbohidrat dan menjadi sajian favorit ketika makan siang, Kushari juga merupakan hidangan nasional dari Mesir.

10. Ful Medames

Hasil gambar untuk Ful Medames 600 x 400

Ful Medames juga merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Mesir yeng terbuat dari kacang fava, bawang putih, jus lemon dan juga cabai.

Makanan ini secara harafiah berarti ‘dikuburkan’ mengacu pada cara memasaknya yang unik dan sudah ada sejak jaman Firaun dan banyak ditemukan ketika Dinasti ke-12.

Dalam proses pengolahannya bahan baku dari Medames dimasukan kedalam panci tertutup, lalu dikubur dalam tumbukan batu bara atau pasir panas.

Makanan satu ini juga dihidangkan bersama dengan mentega, tahini, saus tomat, pastrami dan telur goreng atau telur rebus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *