Museum Yang Wajib Dukunjungi Penggila Sains dan Sejarah di Jepang

Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Beritamillennial.com – Bagi para pecinta ilmu pengetahuan dan sejarah tidak boleh untuk melewatkan kunjungan ke museum yang berada di Fukuoka, Jepang.

Semua koleksi yang dipamerkan pada museum ini bisa membuat Sahabat Millennial merasa antusias dan terus penasaran dari awal hingga akhir kunjungan.

1. Fukuoka City Science Museum

Fukuoka City Science Museum mulai dibuka pada tahun 2017 yang lalu dengan mengusung konsep ‘Science & Creative Fukuoka’, museum ini sering mengadakan eksibisi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Disini juga terdapat Dome Theatre (Planetarium) terbesar kebanggaan warga Kyushu yang juga menjadi salah satu fasilitas yang tersedia disini, anak-anak dan orang dewasa dapat mempelajari sains dengan menyenangkan.

Didalam Dome Thetre, Sahabat Millennial dapat menikmati teknologi terbaru dari proyektor optik serta proyektor digital beresolusi tinggi yang mempu menciptakan pemandangan langit berbintang secara nyata.

Terdapat 220 kursi dan pengharum ruangan pada dinding-dinding disetiap ruangannya, Sahabat Millennial dapat merasa lebih nyaman ketika berkunjung kesini.

Pada lantai lima museum ini, Sahabat Millennial dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang berhubungan dengan luar angkasa, lingkungan, kegiatan sehari-hari, kehidupan dan masa depan.

Dengan berpartisipasi secara langsung, Sahabat Millennial dapat merasakan sendiri temuan-temuan baru sambil bertanya bagaimana? dan mengapa?, sehingga diharapkan dari kegiatan ini akan melahirkan ilmuwan dan astronot baru dari Fukuoka.

2. Kyushu National Museum

Hasil gambar untuk Kyushu National Museum 600 x 400

Kyushu National Museum adalah museum sejarah nasional keempat di Jepang yang dibuka pada tahun 2005 setelah museum di Tokyo, Nara dan Kyoto.

Museum ini bersebelahan dengan Dazaifu Tenmangu, museum ini memeiliki desain luar yang berlekuk lembut sehingga menyatu dengan jejeran yang berada disekitarnya.

Berdasarkan konsep ‘memahami pembentukan budaya Jepang dari sudut pandang sejarah Asia’, museum ini mengadakan berbagai macam pameran, penyimpanan barang bersejarah yang berharga, penelitian dan lain sebagainya.

Pada pameran khusus yang diadakan tiga sampai empat hari dalam satu tahun, ada berbagai tema yang diusung dengan menampilkan harta karun pilihan yang terkenal baik dari dalam maupun luar negeri.

Setiap kali mengadakannya, pameran khusus ini selalu menjadi bahan pembicaraan dan populer, dengan segala persiapan dan eksekusi dilakukan sedemikian rupa sehingga menunjukan betapa spesialnya pameran-pameran tersebut.

Sahabat Millennial dapat mencoba mengunjungi Ajippa yang terletak di lantai satu, dimana dapat bermain dan melihat langsung kebudayaan dari negara-negara Asia dan Eropa.

Selain itu, dilantai yang sama juga terdapat open cafe, museum shop, dan jika Sahabat Millennial datang pada hari minggu dapat mengikuti Backyard Tour yang populer dan tidak dipungut biaya sama sekali.

3. Kitakyushu Museum of Natural History and Human History

Hasil gambar untuk Kitakyushu Museum of Natural History and Human History 600 x 400

Kitakyushu Museum of Natural History and Human History adalah museum sejarah alam dan msnusia yang terbesar di wilayah bagian barat Jepang.

Pada museum ini dapat mempelajari tentang perjalanan evolusi kehidupan dan sejarah manusia dengan kerangka nan spektakuler sebagai sorotannya.

Pada zona sejarah alam, museum menampilkan model-model kerangka dinosaurus seperti Tyrannosaurus dan Triceratops dan fosil-fosil lainnya serta robot dinosaurus yang dapat bergerak seperti hidup.

Di zona sejarah, dipamerkan 1.500 barang-barang peninggalan kehidupan orang-orang diwilayah Kitakyushu (Kyushu Utara) yang berpindah-pindah.

Banyaknya jenis benda yang dipamerkan dengan tingkat hiburan yang tinggi akan membuat antusias anak-anak dan orang dewasa yang serasa kembali ke masa kanak-kanak yang polos.

Hal lain yang menjadi daya tarik museum ini adalah zona History of the Earth and Life yang memamerkan perjalanan evolusi kehidupan sesuai dengan sumbu waktu dan eranya yaitu Paleolitikum, Mesolitikum dan Neolitikum.

Koleksi yang menjadi sorotan adalah pada zona Paleolitikum, mulai dari Tyranosaurus, Triceratops sampai Stegosaurus yang populer.

Sahabat Millennial juda dapat melihat model tengkorak berukuran besar dari dinosaurus terbesar didunia seperti jenis reptil Quetzalcoatlus dan Seismosaurus sepanjang 35 meter, dan lain sebagainya.

4. Fukuoka City Museum

Hasil gambar untuk Fukuoka City Museum 600 x 400

Fukuoka City Museum merupakan salah satu simbol dari kota Fukuoka yang terletak dipinggiran laut, museum ini dibuka pada tahun 1990.

Fukuoka City Museum merupakan museum sejarah yang menampilkan dan meneliti kehidupan orang-orang yang tinggal pada masa lalu dan sejarah Fukuoka yang berkembang akibat adanya interaksi dengan Asia.

Museum ini memamerkan barang-barang peninggalan yang merupakan harta nasional seperti segel emas dari Dinasti Han, barang peninggalan keluarga Kurida yang menjadi pemimpin feodal diwilayah Fukuoka.

Selain itu dipamerkan juga mobil tertua buatan Jepang, dimana keseluruhan dari koleksi-koleksinya merupakan aset budaya yang berharga bagi Fukuoka.

Pada ruang pameran khusus diadakan sekitar 5-6 kali dalam satu tahun yang berisi pameran sejarah dan budaya dari setiap daerah di Jepang dan dunia.

Sahabat Millennial juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas menarik seperti ruang Touch and Experience Room yang memiliki tema bermain, mengenakan, menampilkan, memainkan instrumen dan mengetahui.

Sahabat Millennial dapat mencoba berbagai mainan, mengenakan pakaian khas daerah, memainkan alat musik serta bersentuhan dengan peralatan kehidupan sehari-hari dari negara-negara Asia dan Kyushu.

Dengan melihat, menyentuh, mendengar dan meniup dapat membangkitkan rasa keingintahuan dari barang-barang yang ada ditempat ini.

5. Fukuoka Science Museum

Hasil gambar untuk Fukuoka Science Museum 600 x 400

Fukuoka Science Museum akan menunjukan sisi menarik dari ilmu pengetahuan dengan menghadirkan dan mewujudkan kembali 10 juta bintang dan 170 benda yang berkaitan dengan sains.

sahabat Millennial dapat berintreaksi secara langsung, seperti eksperimen pelepasan listrik yang hanya ada diempat lokasi diseluruh Jepang.

Di museum ini secara berkala diselenggarakan event khusus dimana Sahabat Millennial dapat bersentuhan langsung denghan sains dengan membuat sebuah karya ilmiah, mempelajari bintang dan lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *