Ragam Kuliner Khas Polandia yang Creamy

Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Beritamillennial.com – Polandia merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa Tengah dan memiliki iklim sedang, dengan suhu udara tahunan rata-rata 7° Celcius.

Suhu udara yang lumayan dingin ini menyebabkan ragam makanan favorit yang dikonsumsi oleh masyarakat Polandia adalah berbagai jenis soup yang menghangatkan tubuh.

Ciri khas dari makanan khas Polandia adalah, makanan hangat yang banyak menggunakan krim dan telur, berikut daftar makanan khas Polandia yang sayang untuk dilewatkan jika mengunjungi negara ini.

1. Barszcz

Hasil gambar untuk Barszcz 600 x 400

Makanan khas Polandia ini berbahan dasar buah bit yang dimasak dengan bawang putih, bawang bombay, pasta tomat, sayuran, daging, daun seledri dan peterseli.

Barszcz memiliki kuah sup yang berwarna merah yang berasal dari buah bit yang sebelumnya dipotong-potong lalu difermentasi selama 5 hari untuk mendapatkan rasa Barszcz yang khas dan nikmat.

Biasanya makanan ini dihidangkan oleh masyarakat Polandia bersama dengan uszka atau semacam pangsit berukuran kecil khas Polandia.

2. Uszka

Hasil gambar untuk Uszka 600 x 400

Uszka dalam bahasa Polandia berarti telinga kecil, hal ini sesuai dengan bentuk dari Uszka yang menyerupai telinga dan berukuran kecil.

Makanan ini merupakan pangsit kecil khas Polandia yang diisi dengan jamur hutan atau daging cincang, Uszka lebih nikmat bila disajikan bersama dengan Barszcz.

Rasa asam dan segar dari sup Barszcz akan menyatu dengan nikmatnya Uszka, selain itu Uszka juga dapat dinikmati dengan mentega dan taburan daun bawang.

3. Golabki

Hasil gambar untuk Golabki 600 x 400

Jika di Indonesia memiliki sajian berbahan ikan tengiri yang dinamakan siomai, maka di Polandia memiliki hidangan yang sejenis bernama Golabki.

Golabki terbuat dari daging sapi yang dicampur nasi lalu dibungkus menggunakan kol, kemudian disantap dengan menambahkan saus tomat atau saus jamur diatasnya.

Apabila Sahabat Millennial menikmati sajian ini ternyata cukup mengenyangkan karena disajikan dalam ukuran yang besar sehingga cocok dijadikan hidangan utama maupun snack.

4. Rosó

Hasil gambar untuk Rosó soup 600 x 400

Tidak lengkap rasanya jika Sahabat Millennial berkunjung ke Polandia tanpa mencicipi makanan satu ini, yang berupa kaldu ayam atau kaldu sapi.

Biasanya Rosó dijadikan sebagai makanan pembuka dan biasa disajikan sebagai masakan sehari-hari masyarakat Polandia karena proses pembuatannya yang mudah.

Rosó dilengkapi dengan mie yang telah dipotong-potong sebelum dimasukan kedalam sup, walaupun rasa dari makanan ini sederhana, tidak ada salahnya Sahabat Millennial mencoba rasa kaldu khas Polandia.

5. Zrazy Zawijane

Hasil gambar untuk Zrazy Zawijane 600 x 400

Banyak hidangan khas Polandia yang menggunakan bahan baku daging sebagai bahan utamanya, karena Polandia terkenal akan banyaknya komoditas daging dipasaran.

Zrazy Zawijane salah satu jenis makanan yang terbuat dari daging sapi gulung dan cacon yang berisi sayuran yang dimasak dengan kuah krim.

Zrazy Zawijane biasa disajikan bersama dengan acar dan kentang sebagai pelengkapnya, makanan ini mudah dijumpai di tempat-tempat makan di Polandia dan mmiliki citarasa daging yang khas.

6. Placki Ziemniaczane

Hasil gambar untuk Placki Ziemniaczane 600 x 400

Satu lagi sajian khas Polandia yang mirip dengan makanan Indonesia adalah Placki Ziemniaczane, yang mirip dengan perkedel di Indonesia dari segi bahan dan cara memasaknya.

Placki Ziemniaczane terbuat dari kentang yang ditumbuk kemudian dicampur dengan tepung terigu, telur dan bawang putih, makanan ini cocok dinikmati dalam berbagai suasana di Polandia.

Placki Ziemniaczane berbentuk seperti pancake pada umumnya yang berbentuk bulat dan pipih dan umum dikonsumsi oleh masyarakat Polandia.

Makanan ini mudah ditemui di Polandia, karena kentang merupakan bahan makanan yang mudah dijumpai di Polandia dengan berbagai jenis dan kegunaan yang berbeda.

7. Flaki

Hasil gambar untuk Flaki 600 x 400

Makanan khas Polandia berikutnya juga memiliki sedikit kesamaan dengan makanan khas Indonesia ‘soto babat’ karena menggunakan babat sapi dan wortel sebagai pelengkapnya.

Babat sapi pada Flaki dipotong kecil-kecil seperti dalam sajian soto babat, dan dalam makanan ini juga menggunakan banyak rempah seperti lada, jahe, pala, paprika, garam serta marjoram.

Marjoram sendiri merupakan rempah manis berupa daun yang dikeringkan dari tanaman Origanium yang merupakan rempah khas untuk membuat Flaki.

Flaki juga sangat cocok untuk menghangatkan badan pada suhu udara yang dingin dan biasanya dijadikan sebagai makanan pembuka.

8. Bigos

Hasil gambar untuk Bigos 600 x 400

Bigos merupakan salah satu makanan khas Polandia yang cukup unik karena memakan waktu sampai berhari-hari dalam proses pembuatannya.

Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional di Polandia dan pada jaman dahulu disajikan untuk keluarga kerajaan setelah mereka selesai berburu.

Bigos diolah dengan bahan baku kol, asinan kubis, daging sapi, campuran sosis, ham dan jmaur yang dimasak dengan air dan rempah-rempah pilihan, dan biasanya dinikmati berasama dengan roti.

Proses memasak makanan ini tidaklah mudah, karena bahan-bahan tersebut didihkan perlahan selama 3 hari dan setelah matang masih harus dipanaskan beberapa kali agar rasa dan aromanya semakin nikmat.

9. Chlodnik

Hasil gambar untuk Chlodnik 600 x 400

Makanan khas Polandia selanjutnya bernama Chlodnik yang memiliki ciri khas menarik berupa warna merah muda yang cantik.

Chlodnik merupakan sajian sup dengan irisan timun dan krim asam serta telur rebus, sedangkan warna merah muda pada makanan ini berasal dari buah bit yang diparut atau dipotong kecil-kecil.

10. Zurek

Hasil gambar untuk Zurek food 600 x 400

Zurek merupakan sajian sup gandum hitam yang difermentasi dan ditambah potongan kentang, sosis, telur rebus dan hiasan berupa peterseli ini menjadi hidangan favorit kala cuaca dingin.

Zurek disajikan menarik dengan wadah berupa roti yang berbentuk bulat yang diiris pada bagian atasnya dan bagian dalamnya dikeluarkan sebagai wadah sup.

Penggunaan roti sebagai wadahnya karena Zurek dinikmati bersama dengan roti dengan citarasa sedikit asam namun menyegarkan.

Agar lebih nikmat lagi, Zurek biasa disajikan bersama dengan potongan bacon, ham dan iga babi. Zurek mudah sekali dijumpai dibeberapa tempat makan di Polandia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *