Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Ragam Kuliner Unik Dari Ethiopia

FOOD AND TRAVEL

Beritamillennial.com – Salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan ketika mengunjungi sebuah negara adalah mencicipi kuliner khasnya, terlebih jika negara yang dikunjungi berbeda benua.

Ragam kuliner tentunya akan berbeda dan mempunyai keunikan tersendiri seperti yang bisa ditemukan di Benua Afirika, tidak hanya Mesir namun negara-negara lain juga memiliki kuliner khasnya tersendiri.

Salah satunya adalah negara Ethiopia, negara yang terletak di tanduk Afrika ini juga memiliki keunikan dalam kuliner khasnya, berikut diantaranya.

1. Tibs

Tibs adalah irisan daging sapi atau domba yang digoreng dengan mentega, bawang putih, dan bawang merah merupakan salah satu menu yang paling populer di Ethiopia.

Tibs disajikan dalam berbagai variasi jenis, ukuran dan bentuk potongan daging, sampai penggunaan sayuran dalam penyajiannya.

Salah satu variasi yang disarankan adalah Shekla, yang disajikan diatas tanah liat dengan menggunakan bara api panas dibawahnya.

Potongan daging yang disajikan masih dalam proses pemanggangan ketika dihidangkan di meja makan, selain rasanya lezat, cara menyantap makanan ini pun tergolong unik.

2. Beyainatu

Beyainatu secara harafiah diartikan sebagai ‘sedikit dari setiap jenis,’ hidangan satu inisangat cocok dinikmati bagi para vegetarian.

Cara penyajian dari makanan ini dengan cara meletakan berbagai jenis makanan seperti satur aneka warna, kentang, kari dan semur rebus diatas sebuah injera (sejenis roti datar).

Dalam satu porsi Beyainatu menawarkan citarasa yang berbeda-beda dan dari berbagai jenis makanan yang disajikanmembuat hidangan ini terkesan beraneka warna.

Hidangan ini mudah di jumpai dan dijual dari restoran mewah sampai warung makan dipinggir jalan, dan menu ini menjadi yang paling aman dan sederhana jika dihadapkan dengan daftar menu berbahasa Amharik.

3. Tere Siga

Sajian unik khas Ethiopia selanjutnya khusus untuk mereka yang gemar dengan sajian makanan ekstrem, karena berbahan dasar daging merah yang dipotong persegi.

Masyarakat Ethiopia biasa menyantap makanan ini dengan roti untuk mengapit daging kemudian dicelupkan kedalam mitmita (semacam bubuk campuran bumbu) yang banyak.

Sajian ini populer karena tidak lepas dari sejarah taktik militer para pejuang Ethiopia selama abad ke-16, dengan memakan daginng mentah tidak akan terdeteksi musuh karena tidak menyalakan api untuk memasak.

4. Enkulal Firfir

Hidangan satu ini pada dasarnya adalah telur orak-arik dan tidak boleh dilewatkan sebagai menu sarapan dan bisa dibilang Enkulal Firfir merupakan level selanjutnya dari telur orak-arik.

Makanan ini dimasak dengan nittre kibe (semacam mentega berbumbu khas Ethiopia) dan ditambah dengan kombinasi paprika hijau dan merah, cabai, tomat serta bawang.

Hidangan yang disajikan bersama dengan roti gulung yang hangat dan lezat ini memiliki cirikhas warna kuning yang cerah dan rasanya lebih lezat, hidangan ini mempunyai versi omlete yang bernama Enkulal Tibs.

5. Shiro

Walaupun penampilannya terlihat sederhana, namun rasa dari makanan ini sangat enak dan masyarakat Ethiopia suka menyantap shiro saat hari puasa.

Shiro sering disajikandengan tambahan bawang cincang, bawang putih dan bahan tambahan lainnya tergantung selera seperti jahe, tomat dan cabai.

Salah satu variasi makanan ini yeng terkenal adalah Tegabino Shiro, yang dibuat dari aneka jenis bahan, seperti buncis, kacang polong, tepung, minyak serta air mendidih dengan banyak bumbu.

Tegabino Shiro kemudian disajikan didalam pot tanah liat mini, dan masih mendidih ketika disajikan diatas meja makan.

Tinggalkan Balasan