Ragam Teh Termahal di Dunia

Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Beritamillennial.com – Walaupun sudah dijadikan sebagai minuman sehari-hari dan banyak dijajakan mulai dari warung makan pinggir jalan, restoran sampai kemasan botol, ternyata teh memiliki klasifikasi beragam.

Klasifikasi ini berdasarkan harga dari teh itu sendiri, seperti dilansir dari berbagai sumber inilah daftar teh yang mempunyai harga paling mahal didunia.

10. Tienchi Flower

Teh bunga Tienchi secara ilmiah dikenal dengan nama Panax Notoginseng yang berarti ‘obat untuk semua.’ Sesuai namanya teh ini dianggap memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Di China teh ini digunakan sebagai pengobatan untuk menyembuhkan penyakit kulit dan insomnia, dan menurut penelitain dengan minum teh jenis ini secara teratur dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Teh yang berasal dari China ini dihargai US$ 170 atau Rp 2.4 juta untuk satu kilogramnya.

9. Silver Imperial Tea

Hasil gambar untuk Silver Imperial Tea 600 x 400

Teh dari jenis ini merupakan olahan teh semi fermentasi dan merupakan jenis teh oolong yang ditemukan di India yang memiliki rasa, aroma dan warna yang khas.

Daun teh ini hanya dipetik pada malam bulan purnama sehingga ketersediaannya dipasaran menjadi sangat terbatas sehingga harganya relatif tinggi.

Teh ini dihargai US$ 400 atau sekitar Rp 5.5 juta per kilogramnya.

8. Gyokuro

Hasil gambar untuk Gyokuro Tea 600 x 400

Dalam pelafalan China, Gyokuro berarti perhiasan. Teh ini diujicoba dan dipanen di Jepang sebelum mulai diekspor ke berbagai negara didunia.

Keistimewaan dari teh ini adalah pada proses pengeringannya yang alami dengan cara dijemur dibawah sinar matahari langsung dan daun tehnya sendiri tidak diremukan.

Pada proses pengeringan ini memakan waktu hingga 2 minggu, dan dengan cara ini dapat meningkatkan kadar asam amino yang membuat rasa teh menjadi lebih manis dan harum.

Untuk harga dari teh ini dipasaran mencapai US$ 650 atau sekitar Rp 8.9 juta-an perkilogram.

7. Poo Poo Pu-erh

Nama unik pada jenis teh ini menggambarkan asal usul dari jenis teh yang bukan berasal dari daun teh, melainkan dari kotoran serangga yang hidup disekitar daun teh, dan ini bukanlah sebuah lelucon!

Para petani di Taiwan mengumpulkan kotoran serangga dari sekitar kebun teh dengan menggunakan bantuan pinset dan kaca pembesar karena ukuran dari kotoran ini yang sangat kecil.

Kemudian diolah menjadi teh di Yunnan, China dan dijual dengan harga US$ 1.000 atau Rp 13.9 juta perkantung.

6. Yellow Gold Buds

Hasil gambar untuk Yellow Gold Buds tea 600 x 400

Jenis teh ini hanya dapat tumbuh dan dibudidayakan di Singapura dan menjadi salah satu alasan mengapa harganya bisa sangat tinggi.

Daun teh yang hanya dapat dipanen setahun sekali ini berwarna kuning keemasan dan dipercaya mempunyai manfaat untuk kesehatan yang sangat bagus.

Untuk harga perkilogram dari teh ini mencapai US$ 3.000 atau sekitar Rp 42 juta-an.

5. Tie Guanyin

Hasil gambar untuk Tie Guanyin 600 x 400

Nama teh ini diambil dari nama seorang Dewi welas asih pada ajaran Budha dan Konghucu dan teh ini terbilang spesial karena dapat diseduh sampai tujuh kali!

Uniknya walaupun sudah tujuh kali diseduh namun rasa dan aromanya tetap sama dan tidak berubah, teh ini merupakan paduan dari black tea dan green tea.

Harga dari teh spesial ini mencapai US$ 3.000 atau sekitar Rp 42 juta per kilogramnya.

4. Vintage Narcissus Tea

Teh ini merupakan jenis teh yang berusia puluhan tahun dan dikategorikan sebagai teh klasik China yang dimiliki kolektor teh dari Hong Kong dan pada jaman dahulu dilelang kebanyak orang.

Namun pada tahun 2013 yang lalu dibeli oleh seorang kolektor teh Malaysia-China seharga US$ 6.500 atau sekitar Rp 90 juta-an.

3. Panda Dung Tea

Adanya nama panda dalam jenis teh satu ini dikarenakan tanaman teh jenis ini diberi pupuk yang mengandung ‘kotoran panda’ dan butuh perawatan khusus dalam merawat tanaman teh ini.

Harga untuk satu kilogram teh ini dibanderol dengan harga US$ 7.000 atau sekitar Rp 98 juta-an.

2. PG Tips Diamond

Jenis teh ini bukanlah dari jenis teh yang langka, namun dari bahan baku pembuatan kantung tehnya yang membuat harganya selangit.

Awalnya teh dengan kantung yang dihiasi berlian ini dibuat dengan tujuan amal, namun akhirnya perusahaan teh ini menganggap produknya menarik untuk dipasarkan secara komersial.

Teh dengan 280 butir berlian berkualitas tinggi ini dihargai US$ 13.000 atau sekitar Rp 180 juta.

1. Da-Hong Pao

Hasil gambar untuk Da-Hong Pao tea 600 x 400

Jenis teh ini berasal dari pohon yang langka dan dipercaya memiliki khasiat kesehatan yang luar biasa, bahkan beberapa orang menganggap teh ini dapat menyelamatkan nyawa seseorang yang sakit keras.

Da-Hong Pau dianggap sebagai raja teh dari China sekaligus menjadi teh paling mahal didunia dan paling disukai pada masa Dinasti Ming.

Untuk harganya, teh ini dibanderol US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar untuk satu kilogramnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *