Sajian Kuliner Khas

Sajian Kuliner Khas Berebahan Dasar Nasi Dari Berbagai Penjuru Dunia

FOOD AND TRAVEL

Sajian Kuliner Khas

Mengenal Olahan Sajian Kuliner Khas Berbahan Dasar Nasi dari Berbagai Penjuru Dunia yang Memiliki Cita Rasa Lezat

Beritamillenial.com –┬áBagi banyak negara terutama dari kawasan Asia, nasi sudah menjadi makanan pokok mesyarakatnya dan dikonsumsi sehari-hari. Banyak varian Sajian Kuliner Khas Berbahan Dasar Nasi dengan rasa yang lezat dari berbagai negara hingga menjadi identitas dari negara tersebut. Seperti di Indonesia sendiri yang mayorotas masyarakatnya mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Memiliki beberapa variasi dari nasi goreng yang sudah mendunia karena terkenal akan kelezatannya dan disukai banyak orang. Selain nasi goreng yang sudah mendunia, ternyata masih banyak lagi makanan berbahan dasar nasi, yang memiliki rasa tidak kalah enak. Tentu saja makanan-makanan ini memiliki rasa dan proses memasak yang tidak sama dengan nasi goreng versi Indonesia.

Berikut Daftar Olahan Sajian Kuliner Khas Dari Berbagai Penjuru Dunia Dengan Bahan Dasar Nasi

1. Risalamande – Denmark

Hasil gambar untuk Risalamande 600 x 400

Olahan makanan berbahan dasar nasi yang pertama datang dari benua Eropa tepatnya negara Denmark. Risalamande adalah kuliner yang dibuat dengan menggunakan puding nasi sebagai bahan dasarnya dan diolah dengan tambahan krim kocok, potongan almond dan vanilla. Ada beberapa varian yang ditambahkan dengan topping yang terbuat dari saus ceri yang disesuaikan dengan selera.

2. Wild Rice – Kanada

Hasil gambar untuk Wild Rice 600 x 400

Tidak terpikirkan sbelumnya jika negara Kanada ternyata juga memiliki sajian kuliner berbahan dasar nasi yang rasanya tidak kalah menggoda. Dalam proses memasaknya, nasi akan dimasak hingga memiliki warna kehitaman yang berasal dari tanaman Zizinia. Tanaman ini banyak ditemukan pada aliran sungai yang tidak terlalu deras.

3. Rijsttaart – Belgia

Hasil gambar untuk Rijsttaart 600 x 400

Negara Eropa selanjutnya yang memiliki sajian kuliner berbahan dasar nasi adalah Belgia. Rijstaart atau biasa disebut juga dengan Belgian Rice Pie biasa disajikan sebagai kudapan. Sajian kuliner ini diolah dengan cara dipanggang seperti membuat pie pada umumnya dan memiliki isian berupa puding nasi creamy.

4. Hainan Jifan – Tiongkok

Hasil gambar untuk Hainan Jifan 600 x 400

Bagi penggemar sejati masakan China pasti tidak terlalu asing dengan makanan satu ini, dan sudah populer di negara Singapura. Makanan satu ini berbahan dasar nasi yang dimasak bersama kaldu ayam dan disajikan dengan tampbahan potongan daging ayam. Makanan inidipercaya dapatmenambah stamina terutama bagi mereka yang merasa kurang enak badan.

5. Bringhe – Filipina

Hasil gambar untuk Bringhe 600 x 400

Negara yang berada dikawasan Asia Tenggara memiliki sajian kuliner khas berbahan dasar nasi yang begitu menggugah selera. Jika Indonesia memiliki sajian nasi kuning, maka Filipina memiliki sajian yang bernama Bringhe. Sedikit perbedaannya adalah dalam cara penyajiannya dimana lauk pauk dalam sajian bringhe dicampur menjadi satu dengan nasi. Bahan dasar makanan ini sama dengan nasi kunin yang dimasak dengan mencampurkan bubuk kunyit dan santan yang dikukus sampai masak.

6. Com Tam – Vietnam

Hasil gambar untuk Com Tam 600 x 400

Sajian asal Vietnam ini memiliki nama lain Broken Rice, dimana bahan dasar dari makanan ini adalah dari beras yang tidak utuh bulirnya. Walapun demikian, sajian kuliner ini memiliki rasa yang sangat enak dan menggoda siapapun untuk mencobanya. Sebagai pelengkap, Com Tam disajikan bersama dengan telur mata sapi, acar, bihun dan daging panggang.

7. Khao Phat – Thailand

Hasil gambar untuk Khao Phat 600 x 400

Hampir semua negara yang berada dikawasan Asia Tenggara memiliki sajian khas berbahan dasar nasi. Berikutnya adalah negara Thailand yang memiliki sajian khas bernama Khao Phat yang serupa dengan sajian nasi goreng di Indoneia. BErbahan dasar nasi yang dimasak dengan cara ditumis dengan campuran bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kecap, garam, tomat dan minyak ikan.

8. Kebuli – Timur Tengah

Hasil gambar untuk Kebuli 600 x 400

Negara kawasan Timur Tengah juga memiliki sajian kuliner khas berbahan dasar nasi yang terkenal, yaitu nasi kebuli. Sajian kuliner khas ini dimasak dengan menggunakan bumbu aneka macam rempah, susu, kaldu dari daging kambing dan minyak samin. Sebagai pelengkapnya taburan kismis dan daging kambing goreng akan membuat siapaun tergoda untuk mencobanya.

9. Biryani – India

Sajian Kuliner Khas

Sajian kulinerkhas berbahan dasar nasi berikutnya berasal dari negara India, yaitu berupa nasi briyani. Sajian khas ii cukup unik karena menggunakan bahan dasar beras dengan ukuran yang lebih panjang, besar dan berwarna putih. Cara memasaknay pun cukup unik, yaitu dengan cara mengukusnya setengah matang dan kemudian dicampur dengan aneka rempah khas India. Sebagai pelengkap, sajian ini dihidangkan bersama dengan daging ayam, ikan ataupun kambing yang dimasak bersama nasi.

9. Ogokbap – Korea Selatan

Sajian Kuliner Khas

Korea Selatan juga memiliki sajian khas berbahan dasar nasi yang rasanya tidak kalah lezat. Ogokbap adalah sajian kuliner khas dengan bahan campuran beras, milet putih, milet merh, kacang hitam, beras ketan dan kacang merah. Makanan ini sering disajikan pada saat perayaan festival bulan purnama dan beberapa perayaan yang memiliki makna mendalam bagi masyarakat Korea Selatan.

10. Onigiri – Jepang

Sajian Kuliner Khas

Nasi kepal, atau yang lebih dikenal dengan nama Onigiri merupakansajian kuliner khas asal Jepang dengan bahan dasar nasi. Makanan ini terbuat dari nasi panas yang dicampur dengan garam, kemudian dikepalkan dengan menggunakan tangan lalu dibungkus dengan menggunakan nori. Nori merupakan lrumput laut kering yang berbentuk lembaran dan pada masa kekaisaran Jepang makanan satu ini lebih dikenal dengan sebutan Omusubi.

Tinggalkan Balasan