Sepuluh Candi Terbesar

Sepuluh Candi Terbesar Peninggalan Sejarah

FOOD AND TRAVEL

Belajar Sejarah Sekaligus Berwisata Dengan Mengunjungi Sepuluh Candi Terbesar Peninggalan Sejarah Berikut

BeritaMillenial – Merujuk dalam bahasa Indonesia, Candi merupakan sebutan untuk bangunan keagamaan tempat beribadah peninggalan purbakala yang berasal dari zaman peradaban Hindu-Budha. Bangunan candi biasanya digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi dalam agama Hindu ataupun memuliakan Sang Buddha pada saat itu. Kawasan Asia merupakan pusat dari perkembangan Hindu-Budha sehingga tidak mengherankan jika banyakterdapat peninggalan berupa candi yang tersebar dibeberapa negara Asia, khususnya Asia Tenggara. Berikut ini Sepuluh Candi Terbesar Peninggalan Sejarah masa lampau, dan pada saat ini dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik unutk di kunjungi.

1. Akshardham

Hasil gambar untuk Akshardham 600x400
Akshardham

India merupakan pust dari perkembangan agama Hindu, dan mayoritas penduduknya beragama Hindu. Tidak mengherankan apabila di negara ini banyak terdapat peninggalan beberapa candi atau di India biasa disebut dengan kuil pemujaan. Kuil Akshardham manjadi salah satu dari banyak kuil-kuil di India yang merupakan peninggalan sejarah berkembangnya agama Hindu. Sekarang, kuil Akshardham dijadikan sebagai destinasi eisata menarik dan sering juga digunakan sebagai lokasi shooting film-film Bollywood.

Keunikan dari kuil ini adalah letaknya yang berada di tengah-tengah air dan bentuk bangunannya yang cantik penuh dengan hiasan dan ukiran. Ukiran-ukiran tersebut bermotif penari, flora, fauna dan juga Dewa-Dewa Hindu. Kuil Akshardham merupakan tempat suci yang penuh kedamaian yang ditujukan kepada Sang Pencipta. Jika Sahabat Millennial ingin mengunjungi kuil ini terletak di kota New Delhi dan juga sering disebut sebagai Swaminarayan.

2. Karnak

Hasil gambar untuk Karnak 600x400
Karnak

Berbeda dengan kebanyakan kuil yang berada di kawasan Asia, kuil ini ini terletak di benua Afrika tepatnya di negara Mesir. Karnak merupakan kompleks candi kuno dan terbesar didunia. Karnak sebetulnya adalak sebuah kompleks yang terdiri dari gabungan beberapa kuil yang dibangun pada masa yang berbeda, dan salah satu yang terkenal adalah Hypostyle Hall.

3. Jetavanaramaya

Hasil gambar untuk Jetavanaramaya 600x400
Jetavanaramaya

Nama Jetavanaramaya memang cukup asing didengar, namun bagi umat Buddha Jetavanaramaya merupakan monumen religiyang terletak di kawasan Anuradhapura, Sri Lanka. Jika dihitung berdasarkan ukuran volume, maka Jetavanaramaya merupakan namgunan dengan ukuran Stupa terbesar didunia. Dalam pembangunannya dibutuhkan sekitar 93.3 juta buah batu bata.

Jetavanaramaya memiliki ketinggian sekitar 400 kaki atau sekitar 122 meter dan merupakan salah satu candi terbesar didunia yang didirikan oleh Raja Mahasena pada abad ke-3 dan memakan waktu sampai 15 tahun untuk menyelesaikannya.

4. Wat Rong Khun

Hasil gambar untuk Wat Rong Khun 600x400
Wat Rong Khun

Wat Rong Khun adalah candi yang berada di kawasan Chiang Rai, Thailand. Secara harafiah kuil ini memiliki arti Kuil Putih yang merujuk kepada warna kuil ini. Kuil ini memiliki gaya arsitektur khas Buddha Thailand dan dimiliki serta dikelola oleh Chalermchai Kositpipat dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1997. Meskipun bukan milik pemerintah, namun kuil ini juga sedah menjadi salah satu tempat wisata ikonik yang berada di Thailand, serta sering dijadikan sebagai tempat untuk pameran kesenian.

5. Paro Taktsang (Tiger’s Nest Monastery)

Hasil gambar untuk Paro Taktsang 600x400
Paro Taktsang

Paro Taktsang merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang berada di negara Bhutan, tempat ini juga sering disebut dengan Tiger’s Nest Monastery. Tempat ini dapat dijangkau dengan cara berjalan kaki menyusuri tebing yang tinggi sehingga diperlukan kehati-hatian, namun semua perjuangan menuju tempat ini akan terbayar lunas ketika sampai di atas.

Tiger’s Nest Monastery menyajikan pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian. Tempat ini termasuk kedalam Situs Buddha Himalaya dan dibangun untuk unat Buddha yang ingin berdoa dan mencapai sebuah ketenangan dalam hidup. Tempat ini sangat cocok untuk seseorang yang ingin berada jauh dari keramaian dan bersahabat dengan alam serta bagi mereka yang jenuh dengan kepenatan.

6. Candi Ranganathaswamy

Hasil gambar untuk Ranganathaswamy 600x400
Ranganathaswamy

Candi Ranganathaswamy merupakan candi Hindu terbesar di India dengan desain arsitektur yang unik dengan warna-warni yang beragam. Candi Ranganathaswamy dipersembahkan untuk Dewa Ranganatha dan mulai dibangun pada abad ke-17 Masehi. Jika dilihat dari kejauhan akan tampak bangunan berwarna-warni yang mencolok.

7. Candi Prambanan

Hasil gambar untuk Candi Prambanan 600x400
Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia, berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa event bertaraf internasional seringkali di selenggarakan disini. Prambanan Jazz, Opera van Java, Festival Yoga International, “25th Anniversary” Yanni Orchestra, Sendratari Ramayana adalah beberapa diantaranya.

Candi Prambanan didirikan pada abad ke-9 Masehi dan erat kaitannya dengan cerita rakyat Roro Jongrang. Ada tiga Dewa utama yang melambangkan candi ini, yaitu Wisnu, Siwa dan Brahmana. Ketiga Dewa tersebut memiliki sebutan Tri Murti dan karena keunikan serta latar belakanganya, candi Prambanan masuk kedalam Situs Warisan Budaya UNESCO.

8. The Temple of Heaven

Hasil gambar untuk The Temple of Heaven 600x400
The Temple of Heaven

Sesuai dengan namanya, Candi ini disebut sebagai ‘Candi Surga’ yang terletak di negara Tiongkok tepatnya di sebelah tenggara kota Beijing dan menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Candi ini didirikan pada masa pemerintahan Kaisar Yongle di zaman Dinasti Ming yang juga membangun bangunan ikonik lainnya, yaitu Forbidden City yang juga berada di kota Beijing.

Kuil ini mulai dibangun pada tahun 1406 dan selesai pada tahun 1420, atau memerlukan waktu selama 14 tahun dalam pembangunannya. Komplek kuil ini diperluas dan diberikan julukan Temple of Heaven selama pemerintahan Kaisar Jiajing pada abad ke-16.

Kaisar Jiajing juga membangun tiga kuil lainnya di kota Beijing yaiut Temple of the Sun di sebelah timur, Temple of the Earth di sebelah Utara dan Temple of the Moon di sebelah Barat kota Beijing.

9. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur menjadi candi Buddha terbesar di kawaasan Asia Tenggara dan menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik dan Internasional. Candi Borobudur masuk kedalam Situs Warisan Budaya UNESCO dan dilindungi kelestariannya. candi Borobudur memiliki 504 Stupa Buddha dan sekitar 2.672 panel Relief.

10. Angkor Wat

Hasil gambar untuk Angkor Wat 600x400
Angkor Wat

Nama Angkor Wat berasal dari Bahasa Khmer yang memiliki arti “Candi Kota” dan dibangun pada masa pemerintahan Raja Suryawarman II pada abad ke-12 Masehi. Angkor Wat menjadi lambang negara Kamboja dan ditampilkan dalam bendera negara tersebut. Candi ini dipersembahkan unutk Dewa Wisnu, dan menjadi pusat keagamaan terpenting dan sangat terawat di kawasan Percandian Angkor. Menurut sejarah, nama asli dari candi ini candi ini adalah “Preah Pisnu-lok” yang berasal dari padanan Bahasa Sansekerta “Wara Wisnuloka” yang berarti Tempat Suci Wisnu.

Tentu sangat menyenangkan apabila Sahabat Millenial dapat berkunjung ke Sepuluh Candi Terbesar Peninggalan Sejarah yang pada saat ini dijadikan sebagai destinasi wisata menarik, dan bahkan sebagian sudah menjadi Situs Warisan Budaya UNESCO yang kelestariannya dilindungi oleh undang-undang yang berlaku.

Tinggalkan Balasan