Berita Indonesia, Berita Internasional, Berita Viral, Unik Dunia, Food and Travel, Sports, Entertainment, Online Game, Iptek

Sisa Peradaban Masa Lampau Yang Kini Jadi Tempat Wisata

FOOD AND TRAVEL

Beritamillennial.com – Kehidupan peradaban masa lampau sebetulnya tidaklah seperti yang dibayangkan bahwa masyarakatnya hidup dalam keterbatasan.

Banyak peninggalan peradaban masa lalu yang memiliki cerita dan sejarah menarik yang tidak bisa dipisahkan dari peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

Tidak sedikit juga peninggalan-peninggalan tersebut memiliki misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini, bahkan juga dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Beberapa kota berikut ini adalah peninggalan peradaban masa lalu dan benar-benar ada di dunia ini, namun ditinggalkan secara misterius oleh para penduduknya dan saat ini menjadi destinasi wisata yang menarik unutk dikunjungi.

1. Machu Picchu – Peru

Hasil gambar untuk Machu Picchu 600 x 400

Kota kuno didunia yang hilang, dalam urutan pertama ada Machu Pichu yang ada di negara Peru, kota ini merupakan kota peradaban masa lalu yang berada di ketinggian 2430 mdpl.

Ketika Sahabat Millennial berkunjung ketempat ini maka akan menemukan banyak peninggalan yang menggambarkan kehidupan peradaban Suku Inca.

Kota Kuno Machu Pichu berada di Lembah Urubamba dan kabarnya telah dibangun sejak tahun 1450 dan sempat ditinggali selama kurang lebih 100 tahun.

Kota ini hilang dan dihancurkan oleh bangsa Spanyol secara misterius dan baru berabad-abad kemudian ditemukan sisa peradaban yang tertutup oleh  lebatnya hutan.

2. Memphis – Mesir

Hasil gambar untuk Memphis egypt 600 x 400

Menurut sejarah, Memphis merupakan ibukota Mesir pada masa lampau dan menjadi ibukota pertama dari peradaban Mesir di masa lalu.

Kota ini sudah ada sejak 2.200 tahun sebelum Masehi, dan awalnya kota ini dihuni oleh kurang lebih 30 ribu penduduk dan mengalami masa kejayaan pada saat dinasti ke-6.

Pada saat ini sisa-sisa peradaban kota Memphis pada masa lampau, menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika Sahabat Millennial berkunjung ke negaranga Mohammed Salah ini.

3. Petra – Yordania

Hasil gambar untuk Petra 600 x 400

Jazirah Arab memang sudah dikenal memiliki peradaban yang maju pada masa lampau dengan banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih menyimpan misteri sampai saat ini.

Salah satu yang menyimpan misteri adalah Petra yang berarti batu, kota ini berada dilereng gunung Hor, yang banyak ditemukan banyaknya pahatan dan ukutan pada dinding-dinding batu.

Situs ini baru terungkap pada tahun 1812, dan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1985 yang lalu, hal ini dikarenakan sejarah panjang yang terkandung didalamnya.

4. Angkor – Kamboja

Hasil gambar untuk Angkor 600 x 400

Angkor adalah sebuah kota yang memiliki peradaban kuno dan diyakini hilang secara misterius, kota ini berada di wilayah yang sekarang menjadi bagian dari negara Kamboja.

Kota Angkor pada masa lampau mengalami kejayaan mulai dari abad ke-9 sampai abad ke-15, dan setelah itu menjadi kota kuno yang ditinggalkan oleh para penduduknya.

Sisa reruntuhan dari kejayaan kota Angkor dapat ditemukan di tengah hutan dan area yang sekarang sudah menjadi area pertanian yang berada di sebelah Utara Tonle Sap dan sebelah Selatan Kulen Hills.

Salah satu peninggalan yang masih bisa dilihat dan menjadi favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Kamboja adalah Angkor Wat yang sudah ditetapkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO.

5. Pompeii – Italia

Hasil gambar untuk Pompeii 600 x 400

Mendengar kata Pompeii tentu merujuk pada nama salah satu band top dunia, namun kota Pompeii sendiri benar-benar pernah ada, namun sudah hancur hingga tinggal menyisakan sejarah.

Peradaban kota Pompeii di masa lampau berada dekat dengan kota Naples, dan menurut sejarah kota ini hancur akibat efek meletusnya gunung Vesuvius.

Para ilmuwan pernah mengadakan penggalian untuk menemukan jejak kota Pompeii yang hisalng sejak masa pemerintahan Romawi kuno.

Saat ini sisa-sisa peradaban masa lampau dari kota Pompeii menjadi salah satu destinasi wisata menarik ketika Sahabat Millennial berlibur di Italia.

6. Palmyra – Suriah

Hasil gambar untuk Palmyra 600 x 400

Menurut sejarah, Palmyra menjadi salah satu kota yang cukup penting di Suriah dan memiliki sebutan sebagai kota Tadmur yang menjadi tempat perhentian Khalifah ketika melintasi gurun yang ada di Suriah.

Menurut cerita, penduduk Tadmur pada saat itu membangun monumen berukuran besar di kota itu, namun saat ini yang tersisa dari peradaban tersebut hanyalah sisa-sisa reruntuhannya saja.

7. Vijayanagar – India

Hasil gambar untuk Vijayanagar 600 x 400

India sudah dikenal memiliki banyak bangunan peninggalan peradaban masa lampau termasuk salah satunya kota yang menurut sejarah dikabarkan hilang bernama Vijayanagar.

Kota ini sendiri didirikan pada masa dinasti Sangama yang merupakan pembesar Harihada dan Bukka sekitar tahun 1336 dan mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Krishnadevaraya pada tahun 1509-1529.

Menurut kabar, penduduk kota ini mencapai 500 ribu jiwa dan kota ini memiliki kekayaan berupa rempah-rempah hingga industri kapas.

8. Palenque – Meksiko

Hasil gambar untuk Palenque 600 x 400

Palenque merupakan sebuah kota peninggalan peradaban Suku Maya yang terletak tidak jauh dari Sungai Usumacinta yang saat ini menjadi bagian dari Meksiko.

Ditempat ini Sahabat Millennial dapat menemukan sisa-sisa peradaban masa lalu Suku Maya berupa bangunan dengan arsitektur yang khas hingga patung dan ukiran yang dibuat oleh Suku Maya.

Kota ini dipercaya sudah ada sejak 100 tahun sebelum masehi dan diduga hancur akibat perang dengan Suku Torina yang merupakan musuh dari Suku Maya pada tahun 703 Masehi.

Reruntuhan kota ini baru ditemukan pada abad ke-18 dan menjadi salah satu keajaiban dan cagar budaya yang dimiliki dan dilindungi di Meksiko, namun bisa dikunjungi sebagai destinasi wisaya yang menarik tentunya.

9. Sanchi – India

Hasil gambar untuk Sanchi 600 x 400

India memang dikenal memiliki peradaban masa lalu yang cukup maju, selain kota tua Vijayanagar ada juga kota kuno lainnya yang juga populer bernama Sanchi.

Kota ini terletak di India tengah dan tidak jauh dari Sungai Betwa dan terletak diatas perbukitan pasir setinggi 90 meter diatas pedesaan, namun sekarang kota ini sudah tidak lagi ditinggali penduduk.

Ditempat ini Sahabat Millennial dapat menemukan monumen Budha, dan kota ini juga dikelilingi oleh pagar batu besar dengan ukiran yang cukup rumit.

10. Ephesus – Turki

Hasil gambar untuk Ephesus 600 x 400

Kota Ephesus merupakan peninggalan dari masa peradaban Yunani kuno dan didirikan oleh kolonis Athena kurang lebih abad ke-10 sebelum Masehi.

Kota ini berada di Lonia dan tidak jauh dari Sungai Cayster, sempat menjadi kota yang penting pada zaman ke-Kristenan awal karena memiliki hubungan dengan keberadaan Paulus, salah satu dari 12 Murid Yesus.

 

 

Tinggalkan Balasan