Tidur Siang Disekolah Buat Anak Bahagia dan Cerdas

NEWS

Manfaat tidur siang disekolah

Beritamillennial -Tidur siang merupakan hal yang paling jarang dilakukan,terutama bagi seorang pelajar di sekolah.Saat ini jarang sekali ditemukan pelajar yang tidur siang.Itu dikarenakan jam sekolah yang terlalu padat,siswa bvanyak kegiatan di sekolah sehingga 98 dari 100 pelajar tidak merasakan manfaat tidur siang.disekolah, yang dianjurkan selama 30-45 menit..
Tidur Siang Disekolah Membuat Kondisi Gelombang Otak Lebih Baik 

Hasil gambar untuk gelombang otak?
Gelombang otak adalah perubahan arus listrik yang terjadi secara cepat antar neuron (sel saraf) yang dapat dideteksi dengan EEG (ElectroEnchephaloGraphy). Frekuensi gelombang otak manusia umumnya bervariasi dari 1-30 Hz, dan dikelompokkan menjadi gelombang Alpha (8-13Hz), Betha (14– 30Hz), Theta (4-8Hz), dan Delta (0,5-4Hz), walaupun masih ada gelombang otak yang lain.

Gelombang Alpha(8-13 Hz) terjadi saat tubuh mengalami relaksasi pada saat tidur disekolah atau istirahat. Seseorang dapat menghasilkan gelombang alpha saat tidur.Ketika menutup mata,otak otomatis menghasilkan gelombang alpha.

 Saat bangun tidur otak akan dalam keadaan rileks,kondisi rileks tersebut mendorong aliran energy kreativitas dan perasaan segar.Kondisi alpaha ini sangat baik setelah tidur siang disekolah untuk seorang pelajar,karna gelombang alpha sangat bagus untuk digunakan berfikir dan fokus untuk menerima pelajaran di kelas.

Baca Juga : Mengetahui Lebih Jauh Sejarah Permainan Omaha Poker Online

Tidur Siang Membuat Anak Aktif Dalam Berbagai Kegiatan

Beta (14 – 30Hz) Di frekuensi ini biasanya seseorang sedang dalam kondisi sadar penuh pada saat tidur disekolah, waspada, aktif dan didominasi oleh logika.Di kondisi beta, otak seseorang bereaksi pada berbagai rangsangan sekaligus, kegiatan acak. Seseorang mungkin memikirkan banyak hal saat bersamaan atau melompat dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya.

Ibaratnya, perbincangan sekaligus – itu cara kerja gelombang betamu. Saat seseorangg berada disaat tidur  gelombang ini, otak (kiri) sedang aktif digunakan untuk berpikir, konsentrasi dan sebagainya, sehingga gelombangnya meninggi.

Tidur dengan konsentrasi penuh akan membuat kita terjaga disekolah pada saat kita berpikir, Gelombang yang tinggi ini dapat merangsang otak untuk mengeluarkan hormone kortisol dan norefibefrin yang menyebabkan cemas, khawatir, marah dan stress akibat buruknya, beberapa gangguan penyakit mudah datang kalau kita terlalu aktif di gelombang ini.

Hasil gambar untuk manfaat tidur siang disekolah
Tidur disekolah Membuat Pikiran Sangat Hening 

Theta (4 – 8 Hz) di frekuensi ini seseorang tidur saat disekolah dalam kondisi mimpi. Gelombang otak melambat, hanya beberapa detik sebelum tidur nyenyak. Disinilah seseorang bermimpi dan memproses informasi.
Dalam kondisi ini pikiran menjadi sangat kreatif dan inspiratif. Biasanya seseorang yang tidur disekolah berada dalam gelombang ini berada dalam kondisi khusyuk, rileks yang dalam, ikhlas, pikiran sangat hening, indra keenam atau intuisi muncul.

Ini semua terjadi karena otak mengeluarkan hormone melatonin, catecholamine dan AVP (arginin-vasopressin).Para peneliti otak menemukan bahwa kita memproses pikiran dan memfokuskan diri pada pikiran terakhir kita sebelum tertidur.

Jika para siswa melihat sejenak materi pelajaran sekolahnya sebelum tidur, hal ini akan sangat memberi perbedaan besar pada ingatan dan pemahaman tentang apa yang sudah mereka pelajari.

Delta (0,5-4 Hz)pada frekuensi terendah ini, seseorang dalam kondisi tertidur pulas tanpa mimpi, tidak sadar, tidak bisa merasakan badan, tidak berpikir. Gelombang otak yang paling lambat.

Di gelombang ini otak mengeluarkan HGH (Human Growth Hormone/ hormon pertumbuhan) yang bisa membuat orang awet muda.

Tinggalkan Balasan