11 Cara agar searching di Google makin mudah, cepat, dan akurat

BERITA MILLENIAL Cara agar searching di Google makin mudah Google merupakan perusahaan mesin pencari paling populer di abad ini. Google memiliki segudang kecanggihan yang membantu manusia untuk beraktivitas di dunia digital setiap harinya. Salah satu produk dari Google paling sering digunakan adalah search engine atau mesin perambah.

Google Search adalah layanan pencarian yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi di internet. Kamu dapat menggunakan Google Search dengan mengetikkan pertanyaan atau kata kunci yang ingin dicari ke dalam kotak pencarian yang tersedia, lalu menekan tombol “Cari” untuk melanjutkan proses pencarian informasi.

Google Search akan mencari informasi yang relevan dengan pertanyaan atau kata kunci yang telah dimasukkan dan menampilkan hasil pencarian dalam bentuk daftar situs web yang sesuai.

Berkat adanya Google Search, semua informasi bisa didapatkan oleh seorang secara cepat dan mudah. Namun sayangnya, Google pencarian masih sering memberikan hasil yang tidak sesuai. Oleh karena itu, techno.id pada Selasa (3/12), memberikan 11 cara agar searching di Google makin mudah dan akurat sesuai kebutuhan.
11 Cara agar searching di Google makin mudah, cepat, dan akurat

1. Gunakan tanda bintang (*) untuk frasa yang terlupa.

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu sedang mencari tagline dari laman Techno.id. Kamu bisa mengetikan “Tech for * ” tanpa tanda petik. Maka secara otomatis Google akan memberikan frasa selanjutnya.

2. Gunakan tanda minus (-) untuk mengecualikan kata yang dicari.

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu sedang mencari artikel dengan ketentuan tidak mengambil dari wordpress. Maka kamu bisa mengetikan “artikel -wordpress” tanpa tanda petik.

3. Gunakan tanda kutip (” “) untuk mencari kalimat sama persis tanpa susunan kalimat berubah-ubah.

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu sedang mencari sebuah kata atau kalimat yang sama, tanpa adanya perubahan susunan kata per kata. Maka kamu bisa mencari dengan menambahkan tanda petik dua di antara kata atau kalimat.

4. Gunakan tanda tilde (~) untuk menemukan sinonim kata atau hal yang berkaitan dengan kata tersebut.

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu ingin mencari persamaan kata Mouse, maka bisa mengetik ~Mouse di kolom pencarian.

5. Gunakan tanda (..) untuk mencari rentang waktu.
11 Cara agar searching di Google makin mudah, cepat, dan akurat

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu ingin mencari laptop gaming edisi tahun 2021 hingga 2022. Maka kamu bisa mengetikan “Laptop gaming 2021..2022”.

6. Gunakan kata Filetype untuk mencari file sesuai dengan kebutuhan.

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu ingin mencari sebuah artikel atau katalog dengan format file PDF. Maka kamu bisa mengetikan “Filetype: pdf artikel tambang”.

7. Gunakan kata OR untuk menemukan informasi lebih spesifik.

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu ragu dengan apa yang ingin dicari, maka silakan masukan kata OR diantara opsi keraguan. Misalnya kamu mencari “Techno.id OR Tekchno.id”.

8. Gunakan kata VS untuk menemukan perbandingan nutrisi makanan.

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu ingin membandingkan berapa kandungan gizi antara apel dan mangga. Kamu bisa mengetikan “Apel VS Mangga”.

9. Gunakan Around(+) untuk mendapatkan keyword yang hilang.

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu sedang mencari sebuah kalimat, namu terdapat beberapa kata yang terlupa. Maka kamu bisa mengertikan “Bila kau Around(3) ku”.

10. Gunakan kata “related” untuk mengumpulkan situs web sejenis sebagai informasi tambahan.
11 Cara agar searching di Google makin mudah, cepat, dan akurat

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu ingin mencari web apa saja yang mirip atau serupa, maka bisa mengetikan “related: Techno.id”

11. Gunakan “Site” untuk mendapatkan informasi pembahasan secara spesifik.

Cara agar searching di Google makin mudah Sebagai contoh kamu bisa menggunakan kalimat “Site: Techno.id Spesifikasi Xiaomi” untuk mempercepat penelusuran spesifikasi ponsel Xiaomi di laman techno.id.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan informasi di Google pencarian secara cepat, mudah, dan akurat. Bagaimana sobat techno, cukup mudah bukan? Selamat mencoba!

By Admin