buah naga merah

12 Faedah Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Dibalik rasanya yang manis serta sedap, terdapat banyak kegunaan buah naga merah untuk kesehatan, tergolong menahan penyakit kanker. Karena kandungan anti-oksidan, serat, vitamin, dan mineral didalamnya, buah yang kulitnya serupa sisik ini punya banyak kegunaan lainnya. Buah naga merah banyak diminati sebab mempunyai rasa manis, kandungan air yang lebih tinggi, dan struktur yang halus. Karakter berikut yang membuat buah naga merah kerapkali dibuat jadi beraneka makanan penutup, seperti smoothies, juice, atau es buah. Kecuali memberikan hati lidah, terdapat banyak fungsi buah naga merah untuk kesehatan. Buah ini bagus buat menyelesaikan sembelit, juga dikenali dapat menghambat penyakit jantung serta kanker.

Kandungan Gizi Buah Naga Merah

Dalam 1 biji naga merah secara berat kira-kira 300 g, terdapat 213 kalori serta banyak gizi berikut:

10 gr serat

5 gr protein

39 miligram kalsium

42 miligram fosfor

1,2 miligram zat besi

384 miligram kalium

3 miligram vitamin C

Buah naga merah mempunyai kandungan mineral serta vitamin penting, dan senyawa alami yang lain yang bertindak sebagai anti-oksidan, seperti likopen, betalain, karoten, dan polifenol.

Fungsi Buah Naga Merah

Karena kandungan gizinya yang berlimpah, terdapat banyak fungsi buah naga merah buat kesehatan badan. Berikut merupakan sejumlah fungsi yang dapat Anda capai dengan memakai buah naga merah:

1. Menghalang serta menanggulangi sembelit

Buah naga tinggi akan serat dan prebiotik yang bagus buat kesehatan aliran pencernaan. Gizi-nutrisi ini dijumpai bisa menjadi lancar bab, maka dari itu menahan serta menanggulangi sembelit.

2. Menghambat anemia

Konsumsi buah naga merah dengan teratur didapati dapat jadi salah satunya metode menghambat anemia. Kegunaan buah naga merah ini dicapai dari kandungan pada vitamin C pada buah naga merah yang bisa memaksimalkan peresapan zat besi. Zat besi sendiri adalah macam mineral yang terpenting saat proses produksi sel darah merah. Tetapi, buat memaksimalkan usaha penangkalan anemia, Anda pun dianjurkan buat penuhi kepentingan zat besi harian dengan mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi. Contoh-contoh makanan kaya zat besi yakni daging merah, kacang merah, atau kacang almond.

3. Menghalang penuaan awal

Tingginya kandungan anti-oksidan serta vitamin C dalam buah naga merah bisa kurangi flek hitam serta garis lembut yang kerap dihubungkan penuaan awal. Anti-oksidan dan vitamin C bakal membenahi sel badan yang rusak, terhitung sel-sel kulit, hingga membikin Anda terlihat tahan lama muda.

4. Melindungi bobot badan baik

Tidak cuma kaya serat yang membuat Anda berasa kenyang makin lama, buah naga merah pula termasuk buah yang lebih rendah kalori. Perihal ini membuat buah naga merah pas buat jadi makanan ringan sehat untuk menolong jaga berat tubuh baik.

5. Mengatur gula darah

Fungsi buah naga merah dalam mengendalikan takaran gula darah ini dapat dicapai dari kandungan serat dan anti-oksidan didalamnya. Buah naga merah sampai diyakini bisa membenahi beberapa sel pankreas yang rusak, hingga terjadi penambahan persentase hormon insulin. Tapi, untuk menegaskan ukuran dan ada kemungkinan resiko konsumsi buah naga merah buat mengendalikan gula darah, masih dibutuhkan analisis selanjutnya. Terkecuali itu, Anda diminta untuk memakai buah naga merah sesuai kebutuhan karena buah ini punya index glikemik yang lumayan tinggi.

6. Turunkan cholesterol

Kandungan anti-oksidan dalam daging  dan kandungan omega-3 serta omega-9 dalam biji-biji kecil berguna untuk turunkan persentase cholesterol. Tidak hanya itu, yang tak punya kandungan cholesterol dan kaya serat ini berfaedah buat jaga kandungan cholesterol masih normal. Meskipun begitu, Anda semestinya masih memakai dalam batasan alamiah. Ini karena pengamatan selanjutnya manfaat menegaskan jumlah dan keamana buat turunkan cholesterol masih diperlukan.

7. Turunkan resiko penyakit jantung

Selainnya turunkan cholesterol, kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam biji  bisa kurangi efek berlangsungnya penyakit jantung. Kandungan kalium, likopen, serta karoten dalam buah naga bertindak dalam turunkan dampak berlangsungnya penyakit stroke serta jantung. Masalah ini dibantu sebuah kajian yang membuktikan jika memakai berfaedah buat turunkan kemungkinan timbunan karies di pembuluh darah. Pembuluh darah yang terhambat bisa tingkatkan resiko berlangsungnya penyakit serangan jantung, stroke, dan kematian. Tetapi lagi, seharusnya Anda masih tetap mengkonsumsi sepantasnya serta disertai mengaplikasikan lifestyle sehat buat menghindari berlangsungnya penyakit jantung.

8. Menghindari katarak

Faedah buah naga merah lalu turunkan efek berlangsungnya katarak. Kegunaan ini diraih dari kandungan pada vitamin C yang lebih tinggi. Vitamin C ditemui bisa menolong hentikan oksidasi lensa mata, yakni salah satunya pemicu mata katarak.

9. Menahan stres

Kecuali kaya anti-oksidan serta serat, buah naga merah pula kaya magnesium. Mineral ini berperanan dalam mengendalikan situasi hati. Kandungan magnesium yang lebih rendah sering ditautkan resiko berlangsungnya stres. Buat menghindari stres, Anda bisa menuai kegunaan buat naga merah yang kaya magnesium. Selainnya menahan stres, konsumsi cukup magnesium bisa turunkan tanda-tanda kekhawatiran.

10. Menghambat preeklamsia

Preeklamsia yaitu kompleksitas kehamilan yang disinyalir tekanan darah tinggi atau kandungan protein tinggi dalam urine. Untuk turunkan resiko berlangsungnya preeklamsia, ibu hamil direkomendasikan untuk cukupi konsumsi vitamin B2. Salah satunya buah yang ada kandungan vitamin B2 atau riboflavin.

11. Menahan penyakit kanker

mempunyai kandungan vitamin C serta likopen yang dapat dibuktikan sanggup kurangi jumlah sel kanker pada badan. Diluar itu, senyawa anti-oksidan lain, seperti flavonoid, asam fenolik, serta betalain, dalam buah ini bisa menghambat penyakit kanker melalui langkah buat perlindungan sel dari kerusakan karena radikal bebas.

12. Mengontrol ketahanan badan

kaya vitamin C serta senyawa anti-oksidan yang bisa perkuat struktur ketahanan badan dan menantang kuman yang memicu infeksi. Kegunaan ini bisa menjauhi Anda dari flu, pilek, atau penyakit infeksi yang lain.

benar-benar memiliki faedah untuk kesehatan. Supaya kemanfaatannya lebih intensif, konsumsi baiknya dibarengi lifestyle sehat, seperti memakai makanan yang bergizi yang lain, melakukan olahraga dengan cara teratur, istirahat yang memadai, dan mengurus depresi secara baik.

Faedah dapat Anda temukan dengan memakannya dengan cara langsung atau diproses menjadi beberapa santapan yang nikmat, seperti salad buah, juice, smoothies, dan es cream.

Penting diketahui, konsumsi merah bisa sebabkan urine atau tinja beralih warna jadi merah. Tapi, gak boleh waswas sebab hal itu normal terjadi dan tidak mengancam kesehatan.

Walaupun termasuk jarang-jarang, konsumsi  merah bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Tanda-tanda reaksi alergi  merah dapat berbentuk lidah lebam, gatal-gatal, atau muntah.

Bila Anda ingin masukkan  selaku makanan diet, semestinya diskusikan ke dokter terlebih dahulu. Nanti, dokter bakal memberinya usul yang cocok biar Anda masih tetap bisa ambil kegunaan buah naga merah ini.

 

BACA JUGA :  7 Panduan Tepat buat Jadi Pebisnis Sukses

By Admin