FILE - In this April 24, 1984 file photo, Steve Jobs, left, chairman of Apple Computers, John Sculley, center, president and CEO, and Steve Wozniak, co-founder of Apple, unveil the new Apple IIc computer in San Francisco. Steve Jobs, released Friday, Oct. 9, 2015, is the latest movie to examine a charismatic visionary who mesmerized the masses with his trendsetting gadgets while alienating his subordinates and friends with an almost-inhumane cruel streak. The story is told through Jobs interactions with six central figures in his life: his former marketing chief, Joanna Hoffman; his former girlfriend Chrisann Brennan; Apple co-founder and friend Wozniak; former Apple engineer Andy Hertzfeld; former Apple CEO Sculley; and Lisa, the daughter that Jobs refused to acknowledge for many years. (AP Photo/Sal Veder, File)

Beritamillenial – Kisah yang berkaitan dengan mendiang Steve Jobs masih menarik untuk dibahas. Sebab, bisa dibilang Steve Jobs adalah tokoh teknologi paling berpengaruh dalam sejarah komputer modern.

Pada tahun 1976, setelah putus kuliah, Jobs mendirikan Apple bersama teman SMA-nya, Steve Wozniak, saat mereka masih berusia 20-an.

Dia membantu mengubah Apple dari pabrikan komputer darurat yang bertempat di garasi orang tuanya menjadi raksasa teknologi global yang sekarang bernilai lebih dari US$ 2 triliun.

Jobs sendiri merupakan ayah dari empat anak. Anak yang tertua adalah Lisa Brennan-Jobs, buah cinta dengan pacar SMA-nya, Chrisann Brennan. Lalu ada Reed Jobs, Erin Jobs, dan Eve Jobs, anak-anaknya bersama istrinya, Laurene Powell Jobs.

Jobs didiagnosis menderita kanker pankreas pada tahun 2003, dan meninggal delapan tahun kemudian pada usia 56 tahun. Menurut laporan ABC News, Jobs menyerahkan sebagian besar kekayaannya kepada sang istri.

Dia tidak berencana untuk membagi warisannya dengan anak-anaknya. “Saya tidak tertarik menumpuk warisan,” katanya dalam sebuah wawancara dengan The New York Times.

Anak-anak Jobs sebagian besar mengejar karir di luar teknologi. Anaknya kini ada yang berprofesi sebagai model hingga penulis.

Laurene Powell Jobs mewarisi sebagian besar kekayaan Jobs yang meninggal pada tahun 2011, termasuk sahamnya di Apple dan Disney. Saat ini, kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$12,8 miliar, menurut Indeks Miliarder Bloomberg.

Berikut adalah empat anak Steve Jobs yang dikutip Business Insider:

1. Lisa Brennan-Jobs

steve jobFoto: Lisa Brennan-Jobs (Tangkapan Layar Instagram)

Meskipun Lisa Brennan-Jobs menerima jutaan dolar dari dari ayahnya, kehadiran Lisa sempat tak diakui. Lisa, yang kini berusia 44 tahun, adalah putri pertama Steve Jobs. Ibunya, Chrisann Brennan, seorang pelukis dan penulis memoar, adalah kekasih masa SMA Jobs.

Selama bertahun-tahun, Jobs menyangkal dia adalah ayah Lisa dan hanya memberi sedikit dukungan finansial atau emosional pada dia dan ibunya ketika bisnis Apple melesat. Lisa sempat dekat dengan Jobs saat remaja, namun  mereka tidak menghabiskan banyak waktu bersama.

Setelah sekolah menengah, Lisa kuliah di Harvard, kemudian pindah ke London dan Italia untuk bekerja. Ia kemudian menjadi penulis.

Terobosan besar Lisa sebagai penulis datang pada 2018 saat menerbitkan “Small Fry”, memoar yang menyelami hubungannya yang penuh gejolak dengan ayahnya. Buku itu laris manis di pasaran.

Lisa sekarang menikah dengan Bill Morein, seorang karyawan Microsoft yang menjadi pendiri startup teknologi.

2. Reed Jobs

Reed Jobs adalah putra Steve Jobs dan Laurene Powell Jobs. Dia lahir hanya beberapa bulan setelah keduanya menikah. Dari keempat anaknya, Steve Jobs paling dekat dengan pria berusia 31 tahun itu, menurut biografi Isaacson.

Reed juga mengetahui bisnis ayahnya sejak dini. Ketika SMA, ayahnya membawanya ke Hawaii sehingga dia bisa berada bersama orang-orang terbaik yang berkumpul di sana merundingkan keputusan sulit, seperti eksekutif Apple dan maestro teknologi lain.

“Aku ingin kamu ikut karena di sini kamu bisa lebih banyak belajar dalam dua hari itu daripada belajar dua tahun di sekolah bisnis,” kata Steve Jobs menurut Isaacson.

Pada tahun 2014, Reed mendapatkan gelar sarjana dalam sejarah dan keamanan internasional dari Universitas Stanford. Setelah menerima gelar masternya pada tahun 2015, Reed bekerja di Emerson Collective – organisasi filantropi dan investasi yang didirikan ibunya sebagai direktur pelaksana. Di sana, Reed memimpin tim yang menginvestasikan uang untuk penelitian kanker.

Pada bulan Agustus, Reed mengumumkan dia meninggalkan Emerson untuk memulai perusahaan modal ventura bernama Yosemite.

3. Erin Siena Jobs

Erin Siena Jobs adalah anak Steve Jobs yang paling tertutup. Wanita berusia 27 tahun itu tampaknya tidak memiliki akun di media sosial.

Dalam biografi Isaacson tentang Steve Jobs, penulis menggambarkan Erin sebagai sosok yang pendiam dan mawas diri.

Erin memberi tahu Isaacson bahwa dia terkadang berharap bisa mendapatkan lebih banyak perhatian ayahnya, tapi menurut Erin, Steve Jobs sudah melakukan yang terbaik sebagai ayah dan CEO Apple.

4. Eve Jobs

Eve Jobs attends the Louis Vuitton Ready To Wear Fall/Winter 2022-2023 fashion collection, unveiled during the Fashion Week in Paris, Monday, March 7, 2022. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)Foto: Vianney Le Caer/Invision/AP/Vianney Le Caer
Eve Jobs attends the Louis Vuitton Ready To Wear Fall/Winter 2022-2023 fashion collection, unveiled during the Fashion Week in Paris, Monday, March 7, 2022. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)

Eve Jobs yang berusia 24 tahun adalah anak bungsu dari anak Steve Jobs. Dia berprofesi sebagai seorang model dan penunggang kuda yang ulung.

Berbeda dengan kakak perempuannya, Erin, Eve terbiasa mendapat sorotan.

Pada tahun 2020, ia memulai karir modelingnya dengan kampanye iklan Glossier bersama Sydney Sweeney. Tahun lalu, dia menandatangani kontrak dengan DNA Model Management dan menghadiri Paris Fashion Week.

Sebelum berkarir di bidang modeling, Eve kuliah di Universitas Stanford dan lulus pada tahun 2021. Menurut Harper’s Bazaar, Eve mengambil jurusan teknologi sains dan masyarakat.

 

Selama masa kuliahnya, dia menduduki peringkat No. 5 dalam daftar 1.000 atlet berkuda terbaik di bawah 25 tahun di seluruh dunia oleh Horse Sport pada 2019. Namun tampaknya dia lebih mengutamakan karirnya di dunia model daripada berkuda.

By Admin