6 Cara Cepat dan Tepat Melunasi Utang Menumpuk

Jangan tutup lubang, gali lubang!

6 Cara Cepat dan Tepat Melunasi Utang Menumpuk
BERITAMILENIAL– Utang adalah uang hasil pinjaman ke orang lain atau lembaga keuangan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sang peminjam.
Terkadang karena tidak dicatat, utang tersebut akhirnya menumpuk. Bahkan bila kamu memiliki utang besar dan menumpuk, maka akan membuat peminjam bingung mencari cara cepat melunasi utang.
Belum lagi jika masalahnya adalah peminjam ingin melunasi utang tapi tidak punya uang. Tentunya kondisi ini menambah beban tersendiri pada kehidupan, bukan?
Nah, apabila kamu berada di situasi seperti itu, jangan panik. Dikutip dari laman OCBC NISP, berikut beberapa cara melunasi utang dengan mudah dan tepat.

1. Membuat daftar utang yang kamu miliki

6 Cara Cepat dan Tepat Melunasi Utang Menumpuk
Agar kamu bisa mengumpulkan uang untuk membayar utang dan melanjutkan kehidupan, maka kamu perlu mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan tetap terlebih dulu.
Dengan memiliki pekerjaan berpendapatan tetap, kamu akan lebih mudah mengukur serta membagi biaya untuk kehidupan pribadi dan membayar utang.

2. Memprioritaskan pembayaran utang terlebih dahulu

6 Cara Cepat dan Tepat Melunasi Utang Menumpuk
Cara cepat melunasi utang berikutnya setelah membuat daftar utang adalah menetapkan skala prioritas pembayaran utang. Buat skala prioritas berdasarkan yang paling genting untuk dibayar.
Jika cara tersebut kurang sesuai, kamu bisa membayar utang yang paling kecil terlebih dulu, baru kemudian mengangsur utang yang paling besar.

3. Jangan menyelesaikan utang dengan utang ke tempat lain

6 Cara Cepat dan Tepat Melunasi Utang Menumpuk
Cara cepat melunasi utang besar yang ketiga adalah tidak melunasi utang dengan membuat utang lain.
Menutup lubang dengan menggali lubang baru bukanlah cara yang tepat. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat kamu semakin terlilit utang dan kesulitan untuk membayarnya.

4. Menghitung dan mencatat aset yang dimiliki

6 Cara Cepat dan Tepat Melunasi Utang Menumpuk
Dengan menghitung aset, kamu bisa memperkirakan seberapa besar utang yang bisa kamu bayar. Misalkan, kamu  memiliki utang yang perlu dibayar di bulan Januari, Februari, dan Maret.
Namun, setelah menghitung aset saat ini, kamu hanya memiliki aset untuk membayar di bulan Januari, maka bayarlah utang tersebut dan dapatkan penghasilan tambahan untuk membayar utang Februari dan Maret.

5. Pikirkan dua kali atau lebih sebelum kembali berutang

6 Cara Cepat dan Tepat Melunasi Utang Menumpuk
Cara melunasi utang dengan cepat yang kelima adalah dengan memikirkan dua kali atau lebih saat kamu ingin kembali membuat utang yang baru.
Kamu sudah memiliki utang yang menumpuk dan perlu segera dilunasi. Jangan sampai untuk membuat utang yang baru. Apalagi untuk hal yang kurang penting.

6. Disiplin untuk membayar angsuran utang tepat waktu

6 Cara Cepat dan Tepat Melunasi Utang Menumpuk
Cara melunasi utang dengan cepat yang terakhir adalah membayar angsuran utang secara disiplin dan tepat waktu.

Jangan sampai menunda pembayaran utang. Sebab, umumnya utang memiliki bunga dan jika tidak dibayar, maka bunga tersebut akan semakin besar dan sulit untuk dilunasi.

BACA JUGA :  5 Masalah Keuangan Ini Umum Dialami Banyak Orang, Kamu Mungkin Pernah
BACA JUGA : 6 Mata Uang Tertua di Indonesia, Ada yang Digunakan pada Zaman Masehi
BACA JUGA : 5 Cara Atur Kebutuhan Rumah Tangga dengan Satu Gaji, Cek Guys! 

By Admin