Kuning Telur

6 Fungsi Kuning Telur dan Tehnik Sehat Memakannya

Kuning telur yaitu sisi mempunyai warna kuning yang ada di dalam pusat telur. Sisi ini bukan cuma memiliki kandungan lemak serta cholesterol, namun juga mineral dan vitamin. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika kuning telur digolongkan selaku “superfood”.

Kandungan nutrisi kuning telur tergantung pada ukuran, macam, dan proses pemrosesannya saat sebelum hingga ke tangan customer. Tehnik mengolah telur yang Anda pakai pula bisa mengubah kandungan lemak serta kolesterolnya.

Karena kandungan gizinya, ada beberapa faedah  untuk kesehatan. Walau demikian,  kerap kali dirasa bisa menambah kandungan cholesterol pada badan . Sehingga, seharusnya tak memakai  dengan terlalu berlebih. Ada bermacam argumen kenapa lumayan banyak orang cinta makan telur, dimulai dari kandungan gizinya yang meluap, harga yang murah, sampai ringan dibuat menjadi beragam santapan nikmat.

Dalam sebutir telur, terdapat 70-75 kalori. Lebih kurang 15 kalori datang dari putih telur, serta bekasnya atau 55 kalori. Terkecuali itu,  mempunyai kandungan lebih kurang 185 miligram cholesterol serta 4,5 miligram lemak. Cholesterol serta lemak berikut yang membuat  ditakutkan oleh beberapa orang.

Fungsi Kuning Telur

Biarpun mempunyai kandungan cholesterol serta kalori yang lumayan tinggi, sesungguhnya mempunyai beraneka kegunaan buat kesehatan badan. Sejumlah faedah kuning telur ini, salah satunya:

1. Tak menambah cholesterol darah keseluruhan

Telur memang kaya cholesterol. Makan satu butir telur bahkan juga udah lumayan buat penuhi keperluan cholesterol harian Anda. Tapi, penting dimengerti jika cholesterol yang asal dari makanan seharian tidak mempertingkat jumlah cholesterol keseluruhan. Tiap hari, hati Anda hasilkan cholesterol buat penuhi kepentingan badan. Apabila Anda konsumsi makanan tinggi cholesterol, organ ini menyeimbanginya dengan kurangi produksi cholesterol. Dengan demikian, cholesterol darah Anda selalu konstan. Kuning telur sebagai satu diantaranya sumber alami vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, dan menolong peresapan kalsium. Kandungan pada vitamin D pada kuning telur bisa menolong memperhatikan kesehatan serta perkuat tulang serta gigi.

2. Membenahi kumpulan sel tubuh yang rusak

Membenahi kumpulan sel tubuh yang rusak

Kuning telur adalah satu diantara sumber protein yang bagus. Dalam sebutir telur, protein yang dikandung oleh kuningnya senilai 2,5 gr. Protein adalah satu diantara type gizi yang diperlukan badan untuk membetulkan sekumpulan sel tubuh yang hancur, perkuat ketahanan badan, dan mendukung perkembangan yang maksimum pada anak.

3. Menghalang penyakit mata

Kuning telur kaya kandungan anti-oksidan lutein dan zeaxanthin. Ke-2 gizi itu mempunyai faedah untuk menahan penyakit mata, seperti katarak dan degradasi makula.

4. Kurangi akibat negatif cacat tabung saraf

Kuning telur mempunyai kandungan kolin dan folat yang lumayan tinggi. Ke-2 gizi ini bertindak penting pada turunkan efek negatif cacat tabung saraf pada janin serta pastikan otak janin bisa berkembang secara baik. Sejumlah study pula katakan jika kolin serta folat bisa kurangi kekambuhan tanda-tanda asma.

5. Kurangi infeksi serta dampak negatif penyakit kritis

Meski lemak telur banyak disimpan pada sisi kuningnya, beberapa lemak itu yaitu lemak sehat omega-3. Karena itu, putuskan telur memiliki label omega-3 yang bagus buat kemampuan otak serta memory. Omega-3 pula bisa kurangi infeksi pada badan dan turunkan efek negatif penyakit spesifik, seperti penyakit jantung, asma, radang persendian, serta kanker.

6. Memperhatikan kesehatan rambut

Kuning telur dapat sebagai masker rambut. Faedah masker rambut ini bervariasi, dimulai dari berikan gizi di rambut, melembapkan rambut yang kering, kuatkan rambut, sampai kurangi kerontokan.

Panduan Aman Konsumsi Telur

Meskipun ada beberapa kegunaan kuning telur yang dapat kita peroleh, banyak pakar nutrisi yang memberi saran untuk tidak sering memakai kuning telur. Soal ini sebab kandungan cholesterol dalam kuning telur yang tinggi.

Biarpun begitu, sejumlah study mengatakan jika konsumsi telur dalam batasan alamiah kelihatan tidak tingkatkan kandungan cholesterol secara mencolok. Tapi biar makin aman, Anda dapat kerjakan sejumlah teknik berikut di bawah ini saat sebelum konsumsi telur:

Apabila badan Anda sehat, makanlah telur pada jumlah yang aman, yakni sampai 3 butir setiap hari
Apabila Anda terserang penyakit jantung dan cholesterol tinggi, awasi konsumsi telur sampai tidak lebih dari pada 3 butir telur perminggu

Makanlah telur yang udah masak semuanya, sebab telur mentah atau 1/2 masak bisa sebabkan keracunan makanan

Masaklah telur melalui cara direbus tanpa garam, serta hindarkan menggoreng telur karena bisa menambah kandungan lemaknya sampai 50%

Menengok pelbagai fungsi kuning telur di atas, tak ada kelirunya untuk selalu masukkan telur ke menu harian Anda. Tapi jika Anda menanggung derita cholesterol tinggi atau penyakit jantung, bataskan konsumsi telur. Buat tentukan jumlah konsumsi telur atau kuning telur yang aman, Anda dapat konsultasi lebih berlanjut ke dokter nutrisi.

 

BACA JUGA :  7 Fungsi Masker Putih Telur untuk Paras, Gampang serta Efisien!

By Admin