Kentang

Tidak Cuma Simpel Diproses, Tengok 7 Fungsi Kentang buat Badan

Kentang yaitu salah satunya sumber karbohidrat yang cukup hanya diminati sebagai alternatif nasi. Macam umbi-umbian ini ringan dibuat jadi menu pembuka, pokok, ataupun penutup yang sudah pasti nikmat. Gak cuma nikmat, Anda dapat mendapati bermacam kegunaan dari makan kentang.

Nilai nutrisi dalam kentang

Type tanaman umbi-umbian ini punya nama Latin Solanum tuberosum. Tanaman kentang mulanya asal dari teritori Amerika Selatan, lalu menebar nyaris ke pelosok dunia. Di Indonesia, kentang biasanya tumbuh di wilayah daratan tinggi dengan cuaca yang sejuk.

Kentang jadi salah satunya sumber karbohidrat yang biasanya jadikan substitusi nasi, disamping dari singkong, ubi jalar, ataupun jagung.

Kecuali dari kandungan karbohidrat tentulah, pula kaya bermacam mineral dan vitamin penting untuk kesehatan badan.

Dikutip dari halaman Data Konstruksi Pangan Indonesia (DKPI), per 100 gr punyai nilai gizi, di antaranya:

Air: 83,4 gr (g).

Kalori: 62 kkal.

Protein: 2,1 g.

Lemak: 0,2 g.

Karbohidrat: 13,5 g.

Serat: 0,5 g.

Kalsium: 63 miligram (mg).

Fosfor: 58 mg.

Zat besi: 0,7 mg.

Natrium: 7,0 mg.

Kalium: 396 mg.

Tembaga: 0,4 mikrogram (mcg).

Seng: 0,3 mcg.

Thiamin (Vit. B1): 0,09 mg.

Riboflavin (Vit. B2): 0,10 mg.

Niacin (Vit. B3): 1,0 mg.

Vitamin C: 21 mg.

Fungsi kentang yang dapat Anda alami

Dari beragam kandungan nutrisi yang dipunyai oleh umbi-umbian yang satu berikut, di bawah ini ialah beberapa fungsi kesehatan dari kentang yang dapat Anda alami.

1. Turunkan kemungkinan penyakit gawat

Kentang begitu kaya senyawa flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Bermacam senyawa ini bertindak sebagai anti-oksidan dalam tubuh yang hendak menghalang radikal bebas yang ada dan dapat menghancurkan sel badan Anda . Radikal bebas ialah satu variabel pembawa pelbagai penyakit akut, seperti penyakit jantung, diabetes, sampai kanker. Pengamatan dalam jurnal Nutrition and Cancer di tahun 2011 memperlihatkan kalau anti-oksidan dalam bisa menekan perkembangan kanker hati dan usus besar.

2. Menolong menguasai persentase gula darah

persentase gula darah

Kegunaan yang lain ialah menolong menguasai takaran gula darah. Sumber karbohidrat yang ini cukuplah aman untuk pengidap diabetes. banyak terkandung pati resisten yang tak dapat diresap seluruhnya oleh badan. Studi menyebutkan kalau pati resisten bisa memaksimalkan kerja insulin, yaitu hormon pengontrol gula darah. Sebuah riset dalam jurnal Medicine di tahun 2015 memperlihatkan kalau sesudah mengkonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah bertambah konstan pada pasien diabetes jenis 2.

3. Mempertahankan kesehatan pencernaan

Kandungan pati resisten dalam rupanya bisa pula menolong membetulkan metode pencernaan . Sehingga waktu masuk ke usus, pati resisten ini akan dikonsumsi oleh bakteri baik. Bakteri baik itu bakal mengganti pati jadi asam lemak rantai pendek. Asam lemak rantai pendek ini yang mempunyai banyak kegunaan, seperti kurangi dampak pembengkakan di usus besar, menguatkan pertahanan usus besar, dan menolong rekondisi pengidap infeksi usus (penyakit Crohn atau divertikulitis).

4. Bebas kandungan gluten

Kandungan zat dalam bebas gluten alias gluten free. Buat orang yang merasakan soal dalam memakai makanan memiliki kandungan gluten, seperti penyakit celiac, Anda dapat buat sebagai preferensi yang pas. Walau sendiri bebas gluten, beberapa suguhan dari olahan dapat punya kandungan gluten, seperti di sauce atau roti . Bila Anda miliki penyakit Celiac atau keadaan sensitivitas gluten, nyatakan membaca daftar konstruksi komplet lebih dulu. Sekarang, beberapa produk udah punya merek gluten free.

5. Turunkan tekanan darah

Kegunaan kentang yang terpenting yang lain ialah menolong memantapkan tekanan darah. Masalah ini dipicu kentang yakni sumber kalium. Mineral ini bekerja dengan menstimulasi pembuluh darah buat membentangkan ukuran. Disamping itu, punya kandungan kalsium serta magnesium yang miliki kegunaan penting pada menguasai tekanan darah normal. Periset dari Institute for Food Research pun mendapatkan kalau memiliki kandungan kukoamines yang resikonya terkait dengan pengurangan tekanan darah.

6. Menaikkan peranan saraf dan otak

Vitamin B6 dalam kentang paling penting buat mempertahankan kesehatan neuron alias beberapa sel pembawa tanda dari dan ke otak. Vitamin B6 berperanan dalam penciptaan bahan kimia otak, ialah serotonin, dopamin, serta noreprinefrin. Oleh karena itu, makan kentang bagus buat kesehatan saraf dan otak. Situasi otak yang sehat menolong kurangi depresi, stres, sampai problem ketakutan. Tidak hanya itu, kalium dalam yang dapat menggerakkan perluasan pembuluh darah pula menolong meyakinkan otak cukup mendapati darah.

7. Memperhatikan kesehatan jantung

Karotenoid dalam kentang menolong mengontrol peranan jantung secara baik. Senyawa ini mempunyai faedah jadi agen antiradang buat menghindari aterosklerosis alias penyumbatan dinding arteri jantung. Kandungan pada vitamin C dan vitamin B6 menolong kurangi radikal bebas pada sel jantung dan beberapa sel badan yang lain. Vitamin B6 miliki andil penting pada proses pengubahan homosistein jadi metionin, semacam protein. Takaran homosistein yang cukup tinggi dapat menghancurkan dinding pembuluh darah.

 

BACA JUGA YAH  :  6 Kegunaan Konsumsi Brokoli buat Anak

By Admin