Labu Siam

7 Kegunaan Labu Siam untuk Cholesterol sampai Anemia

Dibalik berwarna yang hijau, labu siam banyak memiliki fungsi untuk kesehatan badan. Berita baiknya, sayur yang miliki getah ini simpel ditemui di pasar dan gampang diproses menjadi banyak masakan, dibentuk sayur asam, ditumis, dibentuk sayur bening, serta yang lain. Labu siam jadi satu diantara model sayur yang bagus untuk jadi bahan makanan MPASI. Sayur itu memiliki kandungan beberapa gizi yang bagus untuk memaksimalkan perkembangan dan kemajuan Sang Kecil. Nach, supaya kandungan nutrisi dalam sayur ini gak kebuang, pemrosesan yang benar penting dilaksanakan. Diluar itu, nyatakan untuk memfilter labu siam sampai sungguh-sungguh lembut buat menghindar resiko terselak di bayi.

Kandungan nutrisi labu siam

Sechium edule, atau yang semakin lebih dikenali, satu diantara macam sayur yang kerap dikonsumsi penduduk Indonesia.

Sayur ini bisa langsung dicicip teknik direbus bersama kulitnya ataupun diproses menjadi bermacam masakan dengan kupas kulitnya lebih dulu.

Rasanya yang sedap dan manis membikin sayur ini simpel untuk diproses. Diluar itu, sayur ini punya kegunaan kesehatan yang tak kalah banyak dengan model sayur yang lain.

Saat sebelum mengupas lebih jauh perihal kegunaan labu siam, ketahui terlebih dulu kandungan didalamnya.

Berikut zat nutrisi di 100 gr labu siam.

Air: 92,3 gr (g).
Energi: 30 kalori (Kal).
Protein: 0,6 g.
Lemak: 0,1 g.
Karbohidrat (CHO): 6,7 g.
Abu (ASH): 0,3 g.
Kalsium (Ca): 14 miligram (mg).
Serat: 6,2 g.
Fosfor (P): 25 mg.
Besi (Fe): 0,5 mg.
Natrium (Na): 3 mg.
Kalium (K): 167,1 mg.
Tembaga (Cu): 0,16 mg.
Seng (Zn): 1,0 mg.
Beta-Karoten: 48 mikrogram (mcg).
Karoten Keseluruhan (Re): 20 mcg.
Thiamin (Vit. B1): 0,02 mg.
Niasin (Niacin): 0,6 mg.
Vitamin C (Vit. C): 18 mg.

Disamping tinggi kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral,  kaya kandungan folat. Terkecuali itu, sayur ini faktanya punya kandungan sebagian kecil anti-oksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang begitu penting dalam menolong melawan radikal bebas.

Fungsi labu siam untuk kesehatan

Tersebut sejumlah kegunaan labu siam yang penting Anda pahami.

1. Bagus untuk wanita hamil

Bagus untuk wanita hamil

Kandungan folat (vitamin B9) dalam  benar-benar baik buat menolong penuhi kepentingan zat nutrisi ibu waktu kehamilan. Folat menolong penciptaan sel serta DNA pada janin. Kekurangan folat saat kehamilan akan sebabkan perkara kesehatan buat bayi seperti, cacat tabung saraf, permasalahan jantung, abnormalitas bentuk tangan serta kaki, juga keguguran.

2. Menguasai kandungan cholesterol serta berat tubuh

Labu siam yaitu satu diantara model sayur yang lebih rendah kalori karena tak memiliki kandungan cholesterol serta lemak suntuk. Maka dari itu, sayur ini kerap dianjurkan untuk orang yang pengin kurangi berat tubuh Selainnya tanpa cholesterol, kandungan seratnya menolong buang cholesterol lewat feses. Metode kerja ini sesuai buat turunkan cholesterol. Tetapi,  tak bisa dipakai selaku alternatif obat cholesterol. Tidak aneh kalau labu siam sebagai satu diantaranya makanan yang bagus buat mengawasi cholesterol supaya ada di dalam batasan normal.

3. Mengendalikan tekanan darah tinggi

Kegunaan  yang lain merupakan menolong Anda mengatur tekanan darah karena miliki pembawaan diuretik yang mudah. Studi yang termuat dalam jurnal Pharmaceutical Biology (2010) memberikan fungsi  itu di hewan uji-coba. Hasilnya, senyawa di  bisa menolong melebarkan pembuluh darah yang menyempit maka dari itu menaikkan saluran darah dan kurangi tekanan darah.

4. Menolong menyelesaikan anemia

Kekurangan zat besi bisa membikin seorang rawan mengenyam anemia atau kekurangan hemoglobin. Menariknya, rupanya labu siam salah satunya sumber zat besi hingga miliki potensi menolong menyelesaikan anemia.

5. Menolak radikal bebas

Labu siam yakni sumber vitamin C yang bertindak selaku anti-oksidan yang kuat. Anti-oksidan sendiri yakni zat yang bisa menolong menahan kerusakan sel yang disebabkan dari radikal bebas. Jika sel rusak karena radikal bebas, Anda riskan terserang penyakit kritis.

6. Antikanker

Sama seperti yang udah dijelaskan, kegunaan anti-oksidan di labu siam dapat mengikat radikal bebas yang beresiko untuk badan.
Radikal bebas ini dapat memacu perkembangan sel kanker pada tubuh. Analisis yang dikabarkan dalam jurnal Nutrients (2017) mengatakan jika senyawa flavonoid polifenolik miliki potensi menghalangi perkembangan serta perubahan sel kanker pada tubuh.

7. Menjaga kesehatan organ hati

Fungsi labu siam lalu menolong menjaga organ hati Anda. Manfaat labu siam ini udah dipastikan pada beberapa analisis. Kajian yang diluncurkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry (2015) mendapati jika labu siam mempunyai potensi menghalang dan membuat sembuh lemak hati yang memicu penyakit liver, seperti hepatitis, sirosis, sampai kanker liver.

BACA JUGA  :  9 Metode Mengawali Usaha Online dari 0 yang Cepat Kembali Modal

By Admin