Delima

Sang Merah yang Unik, Ketahui 8 Faeda Mengagumkan Buah Delima

Cukup menyulitkan benar-benar kupas kulit buah delima. Walaupun demikian, rasa buah mempunyai warna merah menyalak ini demikian beri kesegaran. Makan buah bisa juga berikan kebaikan untuk kesehatan. Apa kegunaan yang dapat Anda dapatkan dari buah delima?

Kandungan nutrisi buah

Kandungan nutrisi buah

Buah (Punica granatum) asal dari Asia tengah. Buah ini selanjutnya diperbudidayakan di Timur tengah dan sudah tersebarkan sampai Iran, Afghanistan, India Timur, China, sampai Amerika Serikat.

Seperti buah strobery, buah kaya vitamin C, anti-oksidan, serat, serta agen antiradang. D ikutip dari situs Food Data Central U.S. Department of Agriculture, berikut kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gr buah .

Air: 77,93 gr (g).

Kalori: 83000 kkal.

Protein: 1,67 g.

Lemak: 1,17 g.

Karbohidrat: 18,7 g.

Serat: 4 g.

Gula: 13,67 g.

Kalsium: 10 miligram (mg).

Zat besi: 0,3 mg.

Magnesium: 12 mg.

Fosfor: 36 mg.

Kalium: 236 mg.

Natrium: 3 mg.

Zinc: 0,35 mg.

Tembaga: 0,158 mg.

Selenium: 0,5 mikrogram (mcg).

Vitamin C: 10,2 mg.

Thiamin: 0,067 mg.

Riboflavin: 0,053 mg.

Niacin: 0,293 mg.

Vitamin B-6 0,075 mg.

Folat: 38 mcg.

Vitamin E: 0,6 mg.

Vitamin K: 16,4 mcg.

Memandang dalam daftar kandungan gizinya, buah delima punyai banyak gizi buat menolong lengkapi kepentingan nutrisi harian. Kegunaan buah delima buat kesehatan, Beragam riset mendapatkan jika konsumsi buah delima fresh punyai manfaat buat badan. Berikut banyak kegunaan yang wajib Anda pahami.

1. Memudahkan artritis dan ngilu sendi

Buah miliki karakter antiperadangan yang bisa menolong Anda menanggulangi artritis serta ngilu sendi. D ikutip dari The Journal of Nutrition, anti-oksidan flavonoid yang terkandung pada buah bisa menolong membatasi infeksi yang memicu osteoarthritis serta kerusakan tulang riskan. Walau demikian, riset yang menyatakan perihal itu cuma dikerjakan di hewan uji coba. Dengan demikian, diperlukan study kelanjutan untuk menuturkan berapa efisien buah dalam perawatan artritis dan ngilu sendi.

2. Turunkan tekanan darah

Suatu study meta-analisis yang diluncurkan dalam jurnal Pharmacological Research mendapatkan jika teratur minum juice buah bisa turunkan persentase tekanan darah sistolik. Pengurangan tekanan darah itu bisa terjadi tercepat dua minggu atau hasil paling maksimum tampak di dalam 12 minggu. Juice kaya kandungan anti-oksidan polifenol yang bisa menantang aterosklerosis dan pembengkakan pembuluh darah maka menolong turunkan tekanan darah. Lama-kelamaan, faedah buah juga terlihat pada pengurangan cholesterol dan kesehatan jantung keseluruhannya.

3. Menaikkan ketahanan badan

Sebuah delima siapkan lebih kurang 40% keperluan vitamin C harian Anda. Vitamin C yakni anti-oksidan kuat yang bekerja menantang infeksi di seluruhnya badan, menahan depresi oksidatif, dan kerusakan gara-gara radikal bebas. Terkecuali itu, anti-oksidan yang lain terdapat pada buah delima bisa membuat perlindungan badan dari infeksi yang terkait dengan dialisis atau penyakit ginjal. Anti-oksidan pula menghalang kerusakan sel maka dari itu badan terjamin dari kompleksitas penyakit kardiovaskular.

4. Menantang infeksi bakteri dan virus

Fungsi buah yang lain yaitu bisa menghambat penyakit dan menentang infeksi. Ya, buah delima mempunyai pembawaan antibakteri serta anti virus dijumpai dalam test laboratorium. Resiko antibakteri serta antijamur dari buah bisa buat perlindungan pada infeksi serta pembengkakan di mulut. Ini termasuk keadaan seperti gingivitis, periodontitis, dan denture stomatitis. Faedah buah pun sudah ditampakkan pada beberapa macam bakteri, termaksud Candida albicans yang menimbulkan infeksi vagina.

5. Mencegah lapar

Buah tinggi kandungan seratnya. Di dalam 180 gr buah , terdapat 7 gr serat. Serat yaitu satu diantara zat nutrisi terpenting untuk jaga berat tubuh sehat. Makanan yang lebih tinggi serat bisa melindungi Anda untuk kenyang semakin lama maka Anda tidak mau ngemil yang lebih tinggi kalori seusai makan. Ada beraneka metode memikat untuk memakai ke menu makan Anda. Tebarkan biji fresh di atas bubur oatmeal, quinoa, atau yoghurt menjadi topping nikmat yang bergizi.

6. Menahan kanker

Menahan kanker

Jurnal Molecules mengatakan beberapa kandungan buah delima yang mempunyai faedah buat menghindari kanker. Bagian tersendiri dalam buah bisa perlambat perubahan reproduksi sel kanker prostat, dan memacu kematian sel kanker (apoptosis). Tidak hingga di sana, pengamat pula mendapatkan jika juice delima bisa menahan dan membinasakan sel kanker payudara.

7. Turunkan kemungkinan penyakit Alzheimer

Menariknya kembali, buah delima berperanan penting pada menolong penajaman memory verbal dan visual pada lanjut umur, utamanya yang teratur minum 250 mili liter juice tiap hari. Sebuah study pada hewan uji coba memperlihatkan kalau tikus yang dikasih minum juice alami penimbunan karies amiloid yang semakin lebih pelan dibanding tikus yang tidak minum juice delima. Karies amiloid ialah karies yang menimbun antara sel saraf otak yang diwaspadai jadi yang memicu inti penyakit Alzheimer.

8. Menaikkan nafsu sex dan kesuburan

Kandungan anti-oksidan tinggi dalam buah delima dapat menahan depresi oksidatif pada tubuh dan memaksimalkan kesuburan. Depresi oksidatif sudah ditampakkan sebabkan pengurangan kwalitas sperma serta turunkan kesuburan wanita. Fungsi buah delima menolong tingkatkan takaran testosteron pada wanita dan pria sebagai unsur pembawa nafsu sex.

 

BACA JUGA :  9 Kegunaan Daun Kelor untuk Kesehatan

By Admin