Melon

9 Kegunaan Melon Jauhkan Hipertensi sampai Sehatkan Mata

Melon terhitung tipe buah yang kerap disantap sebagai makanan penyeling atau penutup. Banyak orang umumnya mencintai buah ini lantaran rasanya yang manis serta fresh. Akan tetapi, tahukah Anda kalau melon miliki banyak kandungan dan fungsi?

Kandungan nutrisi melon

Melon merupakan buah berwujud bundar yang datang dari model Cucumis melo. Ciri-ciri uniknya nampak di warna kulitnya yang hijau kekuningan dan daging buahnya yang hijau jelas. Disamping macam ini, ada jingga yang diketahui menjadi cantaloupe. Kandungan nutrisi terhitung yang sangat banyak kalau ketimbang buah-buahan semacamnya. Buah berdaging halus ini pula tinggi kandungan air. Sampai, nyaris 90% dari daging buah yaitu air. Dengan konsumsi sepotong seberat 100 g, Anda dapat memperoleh kandungan nutrisi berikut ini.

Energi: 36 kkal
Protein: 0,5 gr
Lemak: 0,15 gr
Karbohidrat: 9 gr
Serat: 9 gr
Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
Riboflavin (vitamin B2): 0,01 miligram
Niasin (vitamin B3): 0,4 miligram
Asam pantotenat (vitamin B5): 0,16 miligram
Vitamin B6: 0,09 miligram
Vitamin C: 18 miligram
Kalsium: 6 miligram
Besi: 0,17 miligram
Fosfor: 11 miligram
Kalium: 228 miligram
Natrium: 18 miligram
Zinc: 0,09 miligram

Faedah melon buat kesehatan

Lantaran kandungan gizinya yang bermacam, buah memiliki potensi memberinya kegunaan buat kesehatan. Tersebut ini daftar manfaat melon yang demikian banyak variasi.

1. Menghindari dehidrasi

Dehidrasi berlangsung kalau badan Anda kekurangan cairan hingga tidak dapat jalankan manfaatnya. Selainnya minum air putih, satu kembali teknik gampang untuk menghambat dehidrasi yakni dengan mengkonsumsi makanan tinggi kandungan air. Dua potong mempunyai kandungan 159 gr air, atau sama dengan 1/2 gelas air. Beberapa mineralnya juga bisa mengembalikan elektrolit pada badan Anda . Sehingga, supaya Anda tidak akan kekurangan cairan, perlu diingat bikin buah ini jadi snack harian.

2. Penuhi kepentingan nutrisi ibu hamil

Waktu kehamilan, ibu membutuhkan konsumsi mineral serta vitamin yang tambah tinggi dari rata-rata. Ibu hamil mungkin saja tidak sedang ada pada keadaan terbaik karena prosedur imun yang condong lebih kurang kuat. Buah berguna untuk ibu hamil. Kalium pada buah ini menolong memperhatikan kesehatan pembuluh darah serta jantung, vitamin C memperkokoh prosedur imun, serta vitamin B6 menyuport perkembangan tulang belakang janin.

3. Faedah melon buat pencernaan

Buah melon bisa jadi pemecahan untuk Anda yang sulit berak. Faedah ini tidak lain asal dari kandungan air dan serat di melon. Konsumsi air dan serat bakal membuat feses lebih berisi, namun cukup lunak untuk dikeluarkan dari badan. Kandungan serat memang tidaklah dengan tinggi buah-buahan lain, tetapi ini malah baik untuk orang yang tidak biasa konsumsi makanan tinggi serat. Dengan menambahkan konsumsi serat dikit demi sedikit, perut mulai akan terlatih keluarkan feses dengan teratur.

4. Turunkan tekanan darah

Skema makan yang kaya akan sayur serta buah bisa menolong turunkan tekanan darah dan penyakit jantung. Ditambah lagi apabila makanan yang Anda konsumsi rendah natrium serta kaya kalium. Natrium pada tubuh bisa mengikat cairan serta meningkatkan volume darah hingga tekanan darah jadi naik. Kalium dalam bisa menolong menyejajarkan ulang volume darah. Dengan demikian, tekanan darah berangsur turun.

5. Perkuat mekanisme imun serta menghindari infeksi

terhitung buah dengan vitamin C yang berguna untuk imun badan. Menurut analisis dalam jurnal Nutrients, vitamin C percepat peralihan beberapa sel imun ke tempat infeksi dan menggairahkan sel khusus buat mengkonsumsi bakteri. Vitamin C pula menguatkan sel imun yang membuat perlindungan kumpulan sel tubuh dari kerusakan waktu menantang kuman. Supaya mekanisme imun Anda semakin kuat dan badan terus-menerus terjaga dari infeksi, konsumsilah paling tidak satu potong sehari-hari.

6. Bikin tidur lebih lelap

Melon mempunyai kandungan vitamin B6 yang menolong menstimulasi pembuatan serotonin. Serotonin adalah zat kimia otak dengan adanya banyak kegunaan, salah satunya bikin suasana hati konstan, memunculkan rasa berbahagia, dan membuat Anda tidur lebih lelap. Vitamin B6 mengakibatkan produksi melatonin, hormon yang membikin Anda mengantuk saat malam hari . Maka, bila Anda punya persoalan tidur, kemungkinan Anda dapat coba konsumsi beberapa potong melon sebelumnya memutuskan meminum obat tidur.

7. Kegunaan melon untuk kulit

Bila Anda mau bikin cerah kulit dengan alamiah, coba memakai melon tiap-tiap hari. memiliki kandungan vitamin C yang terpenting buat pembangunan collagen. Collagen ialah protein yang membuat, memiara, dan membetulkan jaringan kulit Anda. Tidak hanya itu, vitamin C di pun mempunyai manfaat menjadi anti-oksidan yang kuat. Anti-oksidan akan buat perlindungan sel-sel kulit Anda dari kerusakan karena cahaya matahari dan radikal bebas. Hasilnya, kulit juga masih kenyal, sehat, dan ceria.

8. Menolong mengatur gula darah

Biarpun rasanya manis, terhitung buah yang aman disantap pasien diabetes. Ini sebab kandungan air dan serat pada meperlambat peresapan gula pada badan hingga menghambat dan turunkan gula darah secara sekejap. Sebuah laporan study di Tiongkok juga mengatakan, konsumsi buah secara teratur dapat turunkan kemungkinan diabetes sejumlah 12 prosen. Pada pasien diabetes, rutinitas sehat ini bisa turunkan dampak kompleksitas pada jantung, ginjal, serta saraf.

9. Faedah melon untuk mata

Tidak kalah atas wortel, buah rupanya punya potensi bikin sehat mata Anda. Faedah yang ini datang dari lutein dan zeaxanthin. Ke-2 nya termasuk selaku karotenoid, yaitu zat yang disebut bahan baku vitamin A. Lutein dan zeaxanthin pula adalah anti-oksidan yang sanggup buat perlindungan jaringan mata. Pelindungan ini barangkali bisa kurangi kemungkinan kerusakan mata karena cahaya matahari, bertambahnya umur, serta lingkungan. punyai manfaat yang beraneka, dari sehatkan mata, menahan dehidrasi, sampai tingkatkan kwalitas tidur. Anda juga gak pakai repot menggarap buah ini untuk memperoleh faedahnya. Cukup bikin jadi sebagai snack harian Anda.

BACA JUGA : 9 Kegunaan Semangka untuk Pria yang Jarang-jarang Dijumpai

By Admin