FX30

Sony Indonesia Launching Camera FX30, Ini Feature dan Harga!

Beritamillenial – Sebagai salah satunya produsen camera terpenting, Sony tidak stop bereksperimen. Selainnya photografi, Sony sentuh pasar sinematografi professional dengan baris Cinema Line.

President Director PT Sony Indonesia, Koji Sekiguchi, menjelaskan jika Sony selalu dengarkan saran customer untuk mendukung kreasi, khususnya di bagian sinematografi.

Menjawab keperluan konten creator yang ingin meniti jadi pembikin film atau filmmaker, Sony melaunching baris terkini Cinema Line-nya di Indonesia pada Jumat (21/10). Berjalan di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, berikut Sony FX30.

“Menyaksikan ada kenaikan ketertarikan pada videografi sinematik, kami mendatangkan camera Cinema Line terkini, Camera  FX30.”

1. Tehnologi sensor Exmor R dan Bionz XR

Sensor Exmor R

Koji menjelaskan jika FX30 ialah seri Cinema Line entry tingkat untuk beberapa pembikin film pemula, konten creator, dan videografer. Apa feature yang dijajakannya Merepresentasikan FX30, Product Pemasaran Digital Imaging PT Sony Indonesia, Fae Adelia, menguraikan beragam keunggulan Camera  FX30.

FX30 diperlengkapi dengan sensor CMOS (pola Super 35) back-illuminated Exmor R APS-C 20,1MP dengan dual base ISO dan mesin proses Bionz XR. Hasilnya, tangkapan FX30 berkualitas optimal, gradasi warna lebih alami, rona warna lebih realitas, dan sudah pasti, kurang noise.

Memberikan dukungan oversampling sampai 6K, Dea menyebutkan camera ini membuat gambar lebih memikat. Disamping itu, FX30 sanggup hasilkan output 4K 10-bit dengan depth of field (DoF) tipis, dan bokeh.

Berdasar info sah Sony, FX30 memberikan dukungan penangkapan video frame rate tinggi sampai:

  • 4K/120fps
  • FHD/240fps
  • 4K Super 35 (16:9) dengan oversampling 6K sampai 60fps
  • FX30 bisa record video 10 bit 4:2:2 secara intern saat memakai kompresi Long GOP atau All-Intra, memberikan semakin banyak info warna hingga gradasi yang lebih penuh dan alami.

2. Autofocus hebat ciri khas Sony di FX30

Dea menerangkan jika FX30 memberikan dukungan ide One Mount dengan dasar basis E-Mount Sony. Dengan demikian, FX30 dapat dipadankan dengan semua lensa E-Mount hebat Sony sesuai keadaan.

Disamping itu, FX30 tawarkan feature autofocus (AF) Sony yang hebat, misalnya:

  • Real-time Eye AF (manusia sampai hewan)
  • Real-time Treking
  • Penataan Detiled AF
  • AF Assist
  • Camera ini memberikan dukungan feature Fast Hybrid AF 5-axis gambar stabilization dengan Active Model. Dengan feature ini, beberapa inisiator dapat fokus pada formasi gambar dan pengutaraan narasi, khususnya narasi jalur cepat (seperti episode lari sampai baku tembak).

“Padankan FX30 dengan lensa dengan performa tinggi Sony untuk memperoleh AF yang akurat dan feature treking hebat, dan stabilisasi gambar terbaik dengan 5-axis gambar stabilization,” papar Dea.

3. Feature ambil FX30 yang gampang

FX30

Seterusnya, Dea menerangkan jika FX30 tawarkan model tembakan sesuai keperluan produksi.

FX30 mempunyai dua model alat rekaman khusus, yakni Log model dan S-Cinetone. Log model terdiri jadi tiga model:

  • Cine EI (untuk kualitas gambar)
  • Cine EI Quick (geprekelan ISO otomatis)
  • Flexible ISO (elastisitas penerangan)
    Dibarengi kurva gamma S-Log3, Log model membuat gestur sinematik yang diinginkan dengan kekuatan penuh sensor FX30. Colour grading yang lebih bebas dengan gamut warna luas dan latitude 14+ hasilkan sinematik terbaik.

Selanjutnya, FX30 memberikan dukungan S-Cinetone yang hasilkan sinematik terbaik tanpa membutuhkan grading warna pasca-produksi. Disokong Look Up Table (LUT) yang dapat di-import pemakai atau preset ke FX30, pemakai dapat menyaksikan penampilan akhir tangkapan secara tepat langsung dari camera.

Tahan di jalur kerja melawan, FX30 memberikan dukungan output RAW 16-bit. Feature ini ada dengan jaringan HDMI ke alat rekam external (yang telah cocok). Output video RAW ini capai resolusi 4672×2628 (16:9), melebihi resolusi DCI-4K.

4. Aksesbilitas dan feature audio FX30

“Pembaruan berarti dengan akar Cinema Line diterapkan ke kontrol camera dan interface FX30,” kata Dea.

Camera FX30, patokan dan penataan dapat disaksikan dan dijangkau di monitor sentuh LCD FX30. Disamping itu, penataan dan info khusus diperlihatkan dalam frame hitam di monitor FX30 hingga pemakai dapat fokus tanpa terdistraksi. Feature khusus aksesbilitas FX30 yang mempermudah pemakai diantaranya:

Menu khusus dengan penampilan daftar yang dapat diganti untuk akses cepat ke penataan yang kerap dipakai.
Movie screen yang sediakan penampilan subyek tanpa halangan.
Tombol dan cakra angka/dial khusus untuk alat rekaman movie.
Dari sisi audio, Camera  FX30 mempunyai jack mikrofon 3,5mm. Bukan itu saja, FX30 memberikan dukungan hebat handle yang diperlengkapi adaptor XLR. Selainnya ambil video low-angle, handle ini memberikan dukungan dua input audio dan mini jack stereo 3,5mm untuk alat rekaman 4-channel.

FX30 mempunyai connector HDMI Tipe-A yang dapat dipakai untuk alat rekam external dan piranti monitor. Disamping itu, FX30 mempunyai connector USB Tipe-C, Multi/Micro-USB, mikrofon, earphone, dan Multi Interface Shoe dengan antar-muka audio digital.

5. Dibuat tahan periode panjang

Camera FX30
Enteng dan singkat, Dea menjelaskan jika Camera  FX30 dibuat flat hebat dengan 3 lubang berulir yang dapat terpasang monitor external, alat rekam suara, battery, lampu video, extension grip, dan aksesori yang lain dengan aman dan konstan . Maka, ingin handheld, dengan gimbal, atau drone sekali juga, Camera FX30 masih tetap dapat dipakai dengan optimal.

Untuk alat rekaman periode panjang tanpa interupsi, Camera FX30 dibuat dengan body magnesium alloy yang kuat. Supaya camera masih tetap sejuk saat sesion alat rekaman dan menahan battery habis mendadak, Camera FX30 mempunyai mekanisme pendinginan efektif dengan kipas intern dan supply daya konstan (dari battery Z kemampuan tinggi atau lewat USB PD).

FX30 diperlengkapi dengan 2 slots kartu memory yang cocok dengan kartu memory CFexpress Tipe A dan SDXC/SDHC. Disamping itu, Sony umumkan jika camera ini memberikan dukungan kartu memory CFexpress Tipe A memiliki besar yang belakangan ini dipublikasikan.

6. Harga

Dalam ringkasannya, Dea menjelaskan jika dari baris Cinema Line, FX30 mencapai banyak pemakai dengan gestur sinematik memikat, operasionalisasi gampang, keunggulan tinggi, dan jalur kerja efektif.

“FX30 ialah opsi pas untuk konten creator yang ingin masuk ke pembikinan film,” kata Dea.

Periode pre-order (PO) FX30 dibuka mulai 21 Oktober 2022 sampai 6 November 2022, dan pemesanan dapat dilaksanakan di Sony Authorized Dealer lewat cara online dan off-line . Maka, berapakah harga yang dibanderol Sony Indonesia untuk FX30? Camera ini akan datang dalam dua type pada harga:

Camera FX30 (dengan XLR handle): Rp33.999.000 (tidak terhitung lensa)
FX30B (camera saja): Rp27.999.000
Pembelian FX30 dan FX30B selama saat PO berpeluang memperoleh kartu memory CFexpress Tipe A. Disamping itu, konsumen berpeluang memperoleh topi Cinema Line dan backpack Uniqlo (untuk FX30B, cuma topi Cinema Line saja.

Selama saat PO, Sony tawarkan promosi Purchase with Purchase (PWP) lensa hebat Sony dengan cashback sampai Rp1,lima juta. Lensa-lensa yang dijajakan ialah:

  • E PZ 10-20mm F4 G:
  • Lensa saja: Rp38.999.000 Rp37.499.000
  • Lensa + XLR handle: Rp44.999.000 Rp43.499.000
  • E PZ 18-105mm F4 G OOS:
  • Lensa saja: Rp35.299.000 Rp33.799.000
  • Lensa dengan XLR handle: Rp41.299.000 Rp39.799.000
  • Paling akhir, Dea umumkan jika Sony akan melangsungkan Touch and Try untuk warga Indonesia pecinta sinematografi yang ingin mencoba  FX30. Moment ini akan diselenggarakan tidak cuma di Jakarta, tetapi beberapa kota besar Indonesia, seperti Surabaya dan Denpasar.

“Keinginannya, camera FX30 terkini ini bisa dipakai untuk mempertajam kekuatan pemakai dan hasilkan kreasi yang mengagumkan,” kata Koji.

By Admin