6 Tips Pemulihan usai Keracunan Daging Sapi

Jangan langsung panik ketika mengalami keracunan daging sapi

6 Tips Pemulihan usai Keracunan Daging Sapi

BERITAMILENIAL-Daging sapi merupakan salah satu produk ternak dengan sumber protein hewani yang bergizi. Daging sapi juga banyak disukai karena rasanya yang enak serta mudah diolah menjadi berbagai masakan.
Namun, pengolahan yang tidak benar dapat memberikan efek yang serius, salah satunya adalah keracunan daging sapi. Jika sampai mengalaminya, maka perlu dilakukan beberapa tindakan untuk pemulihan usai keracunan daging sapi tersebut.
Lewat artikel ini kita akan mengetahui apa saja gejala keracunan daging atau makanan serta tips pemulihan usai mengalami keracunan daging sapi.

1. Gejala keracunan daging sapi

6 Tips Pemulihan usai Keracunan Daging Sapi

Seseorang yang mengalami keracunan pasti akan mudah diketahui melalui gejala-gejala yang timbul. Dilansir Medic8, gejala keracunan daging sapi umumnya muncul dalam 48 jam setelah makanan yang terkontaminasi dikonsumsi. Gejala tersebut dapat meliputi:
Sakit perut.
Demam.
Muntah.
Diare.
Mual.
Perut kembung
Sakit
dan nyeri.
Jika memiliki sistem kekebalan tubuh kurang baik, maka risiko keracunan makanan akan lebih tinggi. Perlu diingat bahwa jika gejala-gejala di atas memburuk meski sudah dilakukan perawatan serta sampai menyebabkan dehidrasi, segera cari perhatian medis.

2. Tips memulihkan kondisi setelah keracunan daging sapi

6 Tips Pemulihan usai Keracunan Daging Sapi

Dilansir Healthline, kamu disarankan untuk istirahat cukup dan lakukan tips berikut ini:
Mencukupi asupan cairan
Asupan cairan sangat penting untuk membantu tubuh melawan efek keracunan makanan. Muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi, maka dari itu minum air putih yang cukup akan membantu memulihkan tubuh.
Minuman elektrolit adalah salah satu cairan yang direkomendasikan untuk mencegah dehidrasi. Cairan lain yang disarankan juga termasuk soda tanpa kafein, teh tanpa kafein, kaldu ayam, atau sup sayuran.
Makan makanan hambar
Ketika kamu merasa sudah bisa makan, konsumsilah makanan yang lembut. Makanan hambar, rendah lemak, dan rendah serat juga direkomendasikan. Beberapa makanan yang direkomendasikan antara lain: pisang, sereal, putih telur, kentang tanpa bumbu, nasi, madu, atau oatmeal.
Pengobatan rumahan
Selama episode keracunan makanan, penting bagi tubuh untuk mengikuti reaksi alaminya untuk membersihkan dan membersihkan saluran pencernaan untuk menyingkirkan bakteri berbahaya. Itulah sebabnya obat diare yang dijual bebas tidak disarankan untuk mengobati keracunan makanan.
Jika gejala mencapai puncaknya, sebaiknya konsumsi teh jahe karena jahe dikenal dapat membantu menenangkan perut.
Setelah merasa lebih baik, kamu mungkin ingin mengganti flora usus normal dengan yoghurt atau sumber probiotik lainnya selama setidaknya dua minggu. Ini dapat membantu tubuh meregenerasi bakteri sehat yang hilang dalam proses pembersihan keracunan makanan sekaligus memulihkan sistem pencernaan dan sistem kekebalan.
Jangan menyikat gigi setelah muntah
Tunggulah setidaknya satu jam setelah mengalami gejala muntah. Asam lambung yang dikeluarkan saat muntah bisa merusak enamel gigi, dan menyikat gigi segera setelah muntah dapat mengikis enamel lebih lanjut. Sebaiknya berkumurlah dengan campuran air dan baking soda.
Mandi
Mandi bisa membersihkan tubuh dari bakteri jahat. Selain itu, pastikan untuk istirahat cukup karena ini akan membantu pemulihan diri lebih cepat.
Tubuh sedang “berperang” mengusir patogen penyebab keracunan makanan. Jadi, jangan memberi “amunisi” tambahan bagi para penyerang ini.
Hindari makanan yang menyebabkan keracunan makanan, misalnya daging sapi yang terkontaminasi. Selain itu, hindari makanan, minuman, dan zat yang bersifat keras pada lambung, seperti: alkohol, kafein, makanan pedas, makanan tinggi serat, produk susu, makanan berlemak, gorengan, nikotin, makanan berbumbu, jus buah, serta hindari obat diare oral yang dijual bebas.

3. Penyebab kontaminasi daging sapi

6 Tips Pemulihan usai Keracunan Daging Sapi

Mengutip United States Department of Agriculture (USDA), Escherichia coli (E. coli) adalah strain bakteri langka yang dapat ditemukan pada daging sapi. Ini dapat menghasilkan sejumlah besar racun kuat dan menyebabkan kerusakan parah pada lapisan usus.
E. coli dapat berkoloni di usus hewan yang dapat mengontaminasi daging otot pada saat pemotongan. Penyakit yang dihasilkan oleh E. coli disebut kolitis hemoragik dan ditandai dengan diare berdarah. E. coli O157:H7 mudah dihancurkan dengan memasak daging hingga matang.
Salmonella juga dapat ditemukan di saluran usus ternak, unggas, anjing, kucing, dan hewan berdarah panas lainnya. Ada sekitar 2.000 spesies Salmonella. Pembekuan tidak membunuh mikroorganisme ini, tetapi mereka bisa hancur jika daging sapi dimasak matang secara menyeluruh.
Staphylococcus aureus dapat dibawa melalui tangan manusia, saluran hidung, atau tenggorokan. Sebagian besar wabah adalah akibat kontaminasi dari penjamah makanan dan produksi toksin yang tahan panas dalam makanan. Penanganan makanan dengan bersih serta pemasakan dan pendinginan yang tepat seharusnya dapat mencegah penyakit bawaan makanan akibat stafilokokus.
Listeria monocytogenes dihancurkan dengan memasak, tetapi produk yang dimasak dapat terkontaminasi kembali oleh praktik penanganan yang buruk dan sanitasi yang buruk. Bakteri ini bisa ditemui dalam makanan siap makan misalnya sosis atau lunchmeat.
Semua bakteri ini bisa dihancurkan dengan penanganan yang tepat dan pemasakan hingga matang.

4. Pencegahan

6 Tips Pemulihan usai Keracunan Daging Sapi

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melansir, keracunan daging sapi bisa dicegah dengan melakukan langkah-langkah preventif, seperti:
Memisahkan daging: Saat berbelanja, ambil daging terakhir, tepat sebelum membayar. Pisahkan daging dari makanan lain di keranjang belanja dan tas belanjaan. Untuk mencegah kontaminasi silang, masukkan paket daging mentah dan unggas ke dalam kantong plastik tersendiri.
Dinginkan: Simpan daging dalam lemari es hingga siap untuk diolah. Saat membawa daging dalam kondisi mentah, simpan di dalam kotak pendingin dengan suhu 4,4 derajat Celcius atau lebih rendah.
Proses pencairan daging beku dan marinasi: Defrost atau thawing merupakan proses pencairan bahan makanan beku seperti daging dan ikan, sebelum akhirnya diolah jadi makanan. Kuman berbahaya dapat berkembang biak dengan sangat cepat pada suhu ruangan. Lakukan proses pencairan daging beku dengan aman di lemari es, air dingin, atau microwave. Selalu marinasi daging di lemari es, apa pun jenis bumbu yang digunakan. Jangan pernah thawing atau marinasi daging mentah apa pun di atas meja.
Perhatikan kebersihan: Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah memegang daging mentah, unggas, dan seafood. Cuci permukaan tempat mengolah makanan, peralatan, dan panggangan sebelum dan sesudah memasak.
Bersihkan panggangan: Gunakan kain lembap atau tisu kertas untuk membersihkan permukaan panggangan sebelum menggunakannya untuk memasak. Jika menggunakan sikat bulu kawat, periksa permukaan panggangan secara menyeluruh sebelum memasak. Bulu kawat dari sikat pembersih panggangan bisa lepas dan menempel pada makanan di atas panggangan.
Hindari kontaminasi silang: Buang bumbu dan saus yang telah menyentuh jus daging mentah, yang dapat menyebarkan kuman ke makanan yang dimasak. Gunakan peralatan bersih dan piring bersih untuk mengeluarkan daging matang dari panggangan.
Memasak daging dengan benar: Gunakan termometer daging untuk memastikan daging dimasak cukup panas untuk membunuh kuman berbahaya. Saat mengasapkan daging, jaga suhu antara 107 derajat Celcius hingga 148 derajat Celcius untuk menjaga daging tetap dalam suhu aman saat proses pengasapan.
Jika terdapat daging sisa dan ingin menyimpannya, bagi sisa makan menjadi bagian-bagian kecil dan simpan di dalam wadah tertutup dan dangkal. Masukkan ke dalam freezer atau kulkas dalam waktu dua jam setelah dimasak (satu jam jika suhu di luar 32 derajat Celcius).

5. Siapa saja yang berisiko keracunan makanan?

6 Tips Pemulihan usai Keracunan Daging Sapi

Setiap orang bisa mengalami keracunan makanan, termasuk dari daging sapi yang terkontaminasi. Namun, beberapa orang dengan kondisi tertentu mungkin akan lebih mudah mengalami keracunan makanan. Beberapa orang dengan kekebalan tubuh yang kurang baik mungkin berisiko lebih besar dalam mengalami keracunan makanan dan gejala yang dialami cukup berat.
Mengutip Johns Hopkins Medicine, beberapa kelompok yang berisiko lebih besar terhadap keracunan makanan antara lain:
Anak kecil: Karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang. Lansia: Karena biasanya sistem kekebalan tubuh lansia tidak bekerja dengan baik. Perubahan terkait usia, indra perasa, serta penciuman juga akan membuat mereka lebih mudah mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi secara tidak sadar. Ibu hamil: Karena sistem kekebalan tubuh ibu hamil berubah selama kehamilan. Tidak hanya sang ibu, tetapi janin juga bisa berisiko. Orang dengan penyakit kronis: Orang dengan penyakit jangka panjang seperti diabetes atau kanker memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah, sehingga mereka harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

Itulah hal-hal seputar keracunan daging sapi, termasuk gejala, penyebab, serta tips pemulihan diri jika sampai terkena. Pastikan untuk selalu mengolah dan memasak daging dengan benar untuk mencegah keracunan daging sapi atau keracunan dari makanan apa pun, ya!

BACA JUGA : 5 Bocoran Mustajab Hindari Kondisi Pencernaan sehabis Makan Daging KurbanĀ 
BACA JUGA : 8 Akibat Sebelah Obat Jerawat Tretinoin
BACA JUGA : 5 Masalah Seksual nan Dipautkan oleh Rutinitas Merokok

By Admin