8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!

Mampu meredakan rasa gatal dan sensasi perih

8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!

BERITAMILENIALBiang keringat (heat rash) atau miliaria adalah ruam umum pada kulit yang dapat muncul saat kamu kepanasan atau berkeringat banyak.
Ruam ini dapat membuat beberapa bagian kulit terasa perih atau menyengat karena kepanasan. Ruam bisa sangat gatal, tetapi umumnya tidak berbahaya.
Siapa pun bisa terserang biang keringat, tetapi kondisi ini lebih umum terjadi pada bayi dan anak kecil.
Biang keringat terjadi saat pori-pori tersumbat dan tidak dapat mengeluarkan keringat. Ini lebih mungkin terjadi pada bulan-bulan atau iklim yang lebih hangat, atau setelah olahraga berat.
Beberapa penyebab umum biang keringat antara lain:
Mengenakan jenis pakaian tertentu yang memerangkap keringat. Menggunakan losion dan krim yang tebal juga dapat menyebabkannya. Biang keringat dapat terjadi pada suhu yang lebih dingin jika kamu mengenakan pakaian atau tidur di bawah selimut yang menyebabkan kepanasan. Bayi lebih mungkin mengalami biang keringat karena pori-porinya belum berkembang. Bayi sering kali mengalami biang keringat di leher, tetapi juga dapat berkembang di lipatan kulit seperti ketiak, siku, dan paha. Gesekan pada permukaan kulit sering kali menyebabkan biang keringat. Orang dewasa biasanya mengalami biang keringat pada bagian tubuh yang saling bergesekan, seperti di antara paha bagian dalam atau di bawah lengan.
Mengidap masalah kesehatan atau gaya hidup tertentu dapat meningkatkan risiko biang keringat, seperti:
Cenderung banyak berkeringat. Rutin melakukan aktivitas fisik berintensitas tinggi. Mengonsumsi obat yang memicu keringat seperti bethanechol, clonidine, dan neostigmine. Sindrom Morvan, kelainan genetik langka yang menyebabkan keringat berlebih. Pseudohypoaldosteronisme tipe 1, suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya natrium melalui kelenjar keringat yang memiliki beberapa kaitan dengan biang keringat.
Meskipun bukan merupakan penyakit berbahaya dan menular, tetapi  bisa sangat tidak nyaman. Jangan khawatir, ada beberapa obat alami untuk meredakan biang keringat yang bisa kamu coba.

1. Virgin coconut oil

8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!
Kandungan asam lemak rantai sedang medium-chain triglyceride (MCT) yang terkandung dalam virgin coconut oil (VCO) diketahui bersifat anti mikroba karena dapat menghambat pertumbuhan berbagai jasad renik berupa bakteri, ragi, jamur dan virus.
VCO juga mampu mengurangi radikal bebas karena kandungan asam ferulic dan asam pcoumaric yang dapat digunakan sebagai antioksidan.
Minyak kelapa membantu melembapkan kulit dan menjaganya tetap kenyal. Minyak kelapa menenangkan kulit dan mengurangi peradangan yang terjadi pada biang keringat. Jadi, minyak kelapa membantu sampai batas tertentu.

2. Kayu cendana

8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!
Kayu cendana memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang dapat meringankan gejala .
Kamu dapat mengoleskan bubuk kayu cendana yang dicampur air, atau ekstrak minyak kayu cendana, ke area ruam yang terasa gatal dan panas.
Namun, sebelum menggunakannya, kamu perlu menguji sensitivitas dengan mengoleskannya pada tangan dan tunggu hingga 1 jam. Jika tidak ada reaksi, seharusnya ini aman digunakan.

3. Oatmeal koloid

8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!
Oatmeal koloid dapat menenangkan, melembutkan, dan meningkatkan kelembapan kulit. Menurut studi, oatmeal koloid dapat mengatasi berbagai jenis ruam.
Oatmeal koloid memiliki manfaat berikut:
Mengurangi peradangan. Meningkatkan kekeringan kulit. Mengurangi pengelupasan. Mengurangi kekasaran. Mengurangi intensitas gatal.
Pilih produk yang bisa ditambahkan ke dalam bak mandi, atau dalam bentuk losion untuk dioleskan langsung ke kulit.

4. Minyak jarak

8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!

Minyak jarak mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang dapat meredakan rasa gatal dan panas akibat ruam merah di kulit.
Belum ada studi yang membuktikan bahwa minyak jarak efektif untuk menyembuhkan biang keringat. Kemungkinan, minyak ini dapat menyembuhkan biang keringat pada beberapa orang, tetapi belum tentu cocok untuk semua orang.

5. Lidah buaya

8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!

Aloe vera atau lidah buaya adalah gel yang banyak digunakan untuk mengatasi penyakit kulit seperti sunburn. Gel ini juga dapat digunakan untuk mengatasi luka dan ruam kulit lainnya untuk meredakannya.
Penelitian telah menemukan bahwa lidah buaya memiliki khasiat berikut dan dapat meredakan gejala biang keringat:
Antiinflamasi
Perlindungan kulit.
Antibakteri.
Antivirus.
Antiseptik.
Penyembuhan luka.

6. Baking soda

8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!

Mencampurkan baking soda atau soda kue ke dalam campuran air mandi bisa membantu menenangkan kulit yang teriritasi.
Sebuah studi mengamati efek soda kue (natrium bikarbonat) pada 31 orang dengan psoriasis ringan hingga sedang. Mereka yang berendam dalam bak air campuran soda kue melaporkan adanya perbaikan pada gatal dan iritasi kulit.
Namun, sebuah studi tahun 2019 pada 30 orang menemukan bahwa mengoleskan soda kue secara topikal ke area psoriasis tidaklah efektif. Perlu penelitian lebih lanjut tentang manfaat soda kue untuk meredakan iritasi kulit.

7. Kompres es atau air dingin

8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!

Kompres dingin sangat efektif digunakan untuk menenangkan kulit yang iritasi. Cara penggunaannya adalah dengan membungkus es dengan kain atau merendam kain ke dalam air dingin lalu tempelkan pada kulit. Cara ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan iritasi sehingga biang keringat mereda.
Mandi air dingin juga dapat mendinginkan kulit dan membantu meredakan kulit yang gatal. Menggunakan eksfoliator yang lembut pada kulit dapat membantu membuka pori-pori.

8. Pakai pakaian longgar

8 Obat Biang Keringat Alami, Mudah Ditemukan!

Mengenakan pakaian longgar memungkinkan udara bersirkulasi di sekitar tubuh, membuat tubuhmu jadi tetap sejuk. Pakai pakaian yang ringan dan menyerap keringat, seperti katun atau kain alami, daripada sintetis, juga dapat membantu.
Itulah beberapa pilhan obat biang keringat alami. Jika sudah mencobanya tetapi biang keringat tidak membaik, tak kunjung hilang, atau makin parah, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kulit.

BACA JUGA : 6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es yang Jarang Disadari
BACA JUGA : 6 Dampak Kelembapan Tinggi bagi Kesehatan, Awas Pingsan!
BACA JUGA :  6 Alasan Orang Enggan Berobat ke Rumah Sakit

By Admin