5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Kembali Dirimu

Ingat untuk selalu berbaik hati pada dirimu sendiri

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Kembali Dirimu

BERITAMILENIAL– Ada yang mengatakan bahwa menemukan kembali diri sendiri adalah perjalanan hidup yang paling membahagiakan. Menembukan kembali diri sendiri berarti menemukan dirimu setelah kamu sempat merasa kehilangan diri sendiri. Apakah kamu pernah mengalami hal itu? Jika iya, kamu tidak sendirian.
Tidak sedikit orang mengalami kehilangan dirinya. Ada beragam faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah munculnya perubahan besar dalam hidup. Coba terapkan tips-tips ini untuk menemukan kembali dirimu.

1. Luangkan waktu untuk berdialog dengan diri sendiri

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Kembali Dirimu

Di tengah kesibukanmu dalam menjalani aktivitas sehari-hari, luangkanlah waktu untuk berdialog dengan diri sendiri. Pahami kesedihan, kebimbangan, kecemasan, serta emosi-emosi lainnya yang ada dalam dirimu. Resapi dan terimalah emosi-emosi tersebut.
Menerima setiap emosi sama seperti menerima diri seutuhnya. Emosi tersebut merupakan bagian dari dirimu. Jangan mengelak jika kamu merasa gagal, rapuh, maupun salah. Terima kesalahan, kegagalan, kerapuhan, dan ketidaksempurnaan yang ada. Hindari menghakimi dirimu sendiri dalam proses penerimaan itu.

2. Lakukan refleksi diri

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Kembali Dirimu

Selain meluangkan waktu untuk menerima emosi yang kamu rasakan. Luangkanlah waktu untuk melakukan refleksi diri. Di waktu ini, cobalah pikirkan apa yang penting bagi dirimu. Hal itu meliputi sesuatu yang membuat kamu bahagia dan sesuatu yang ingin kamu capai dalam hidup.
Tulislah pemikiran maupun perasaanmu dalam jurnal atau buku catatan. Salah satu cara menemukan jati diri ialah dengan mengetahui bakat, kemampuan, serta kekuatanmu.

3. Menetapkan tujuan bagi diri sendiri

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Kembali Dirimu
Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menemukan kembali diri sendiri ialah menetapkan tujuan hidup. Buka lembaran baru. Tulislah dalam jurnal atau buku catatanmu mengenai tujuan hidupmu. Apa yang sebenarnya ingin kamu capai? Tidak harus tujuan yang besar, kamu dapat memulai menuliskan daftar tujuan kecil terlebih dahulu.
Memiliki tujuan memberikanmu motivasi dan arah dalam menjalani hidup. Ingat pula untuk selalu memberikan penghargaan kepada diri sendiri setelah kamu berhasil meraih tujuan itu. Rayakan setiap pencapaianmu.

4. Perluas zona nyamanmu

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Kembali Dirimu

Dalam proses menemukan kembali diri sendiri, kamu harus terus melakukan hal-hal baik. Melakukan hal baik terus menerus membantu kamu menemukan kebiasaan yang baik pula. Kamu juga perlu mencoba hal-hal baru dan menantang dirimu sendiri. Barangkali ketika mencoba hal baru itu, kamu jadi menemukan minat yang tidak kamu sadari sebelumnya maupun bakat tersembunyi.
Perluas zona nyamanmu. Jelajahi apa yang ingin kamu jelajahi. Mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru membantumu tumbuh sebagai pribadi yang berkembang.

5. Meminta bantuan dari orang terdekat

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Kembali Dirimu
Jika kamu masih sulit menemukan diri sendiri sepenuhnya, cobalah meminta bantuan orang lain. Tanyalah orang terdekatmu tentang dirimu. Minta mereka untuk memberi penilaian terhadapmu. Misalnya, karakteristik apa yang kamu miliki. Apa kelemahan dan kelebihanmu.
Mereka juga bisa menceritakan momen tertentu yang menurut mereka mampu menggambarkan siapa dirimu sebenarnya. Setelah kamu memperoleh jawaban dari mereka, luangkan waktu untuk merenunginya kembali.
Ingat, ya, untuk selalu baik hati pada dirimu sendiri. Tidak apa kalau kamu tidak bisa langsung menemukan dirimu lagi. Sebab, menemukan kembali diri sendiri memang memerlukan waktu dan usaha.

By Admin