5 Cara Cepat Menabung untuk Modal Menikah yang Bisa Kamu Tiru

BERITA MILLENIAL Cara Cepat Menabung untuk Modal Menikah Menikah merupakan salah satu fase hidup yang penting bahkan dianggap sakral. Salah satu alasan mengapa menikah merupakan fase yang dianggap sakral adalah karena menikah yang dianggap baik adalah menikah yang hanya dilaksanakan sekali saja selama seumur hidup.

Dikarenakan hanya dilaksanakan sekali seumur hidup ini terkadang orang-orang jadi menganggap kalau pernikahan merupakan pesta yang harus dirayakan besar-besaran. Bagaimana tidak? Hal ini hanya kamu alami satu kali seumur hidup dan dilaksanakan untuk merayakan kebahagiaan karena akhirnya kamu bersatu dengan orang yang kamu sayangi. Karena hanya dilaksanakan satu kali dalam seumur hidup, oleh karena itu pesta pernikahan harus diadakan sebaik mungkin. Namun seperti yang telah diketahui, biaya pesta pernikahan tidak kecil. Bahkan banyak yang sampai rela berhutang ke sana ke mari hanya untuk menyelenggarakan pesta pernikahan yang mewah. Sebenarnya kamu tetap bisa kok menyelenggarakan pesta pernikahan yang mewah namun tidak perlu berhutang. Bagaimana caranya? Kamu harus menabung untuk sesuai dengan budget pernikahan yang kamu tentukan. Yuk simak cara-cara menabung yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan pernikahanmu di masa mendatang.
5 Cara Cepat Menabung untuk Modal Menikah yang Bisa Kamu Tiru

Cara Menabung Modal Menikah

1. Susun Rincian Pengeluaran yang Dibutuhkan

Cara Cepat Menabung untuk Modal Menikah Mulailah menyusun kebutuhan berserta rincian pengeluaran yang kalian perlukan untuk pernikahan idaman. Usahakan untuk membuat rincian kebutuhan pernikahan dengan sangat detail.

Jangan hanya berfokus pada bujet sewa gedung, gaun dan katering, pastikan pula bujet cetak undangan, ongkos kirim serta satpam tercatat dengan baik. Kalian tidak mau kan pengeluaran kalian tiba-tiba membengkak karena hal-hal kecil tersebut?

Dari total anggaran tersebut, kalian dapat mengetahui berapa target tabungan yang kalian butuhkan. Dari target tersebut, jangan lupa dibagi dua agar pasanganmu juga ikut menabung.

2. Siapkan Rekening Khusus Dana Nikah

Cara Cepat Menabung untuk Modal Menikah Jika target tabungan yang kalian butuhkan sudah diketahui, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuka tabungan khusus untuk dana pernikahan.

Pilihlah rekening yang sesuai dengan kebutuhan pernikahan kalian. Jangan samakan rekening gaji dengan dana pernikahan karena akan tercampur dan membuat kalian memakai uang tersebut tanpa sadar.

Selain mencegah pemakaian uang tanpa sadar, adanya rekening khusus akan selalu mengingatkan kalian pada komitmen dan tujuan awal kalian menabung.

3. Menyisihkan Sebagian Gaji
5 Cara Cepat Menabung untuk Modal Menikah yang Bisa Kamu Tiru

Setelah kalian memiliki rekening khusus untuk pernikahan impian, kalian harus mulai menyisihkan sebagian dari gaji kalian untuk dimasukkan ke dalam tabungan pernikahan. Kalian tidak perlu menyisihkan setengah dari gaji kalian, cukup 20% hingga 30% saja.

Perlu diingat, bahwa menyisihkan berbeda dengan menyisakan. Sesegera mungkin sisihkan sebagian uang sebelum kalian menggunakan gaji yang kalian terima.

Cara Menabung Modal Menikah

4. Bawa Bekal Makan Siang agar Lebih Hemat

Cara Cepat Menabung untuk Modal Menikah Nah, langkah yang dapat kalian ambil untuk mengurangi pengeluaran adalah dengan mengubah gaya hidup. Salah satunya dengan membawa bekal makan siang serta minum.

Tahukah kalian? Dengan membawa bekal makan siang kalian dapat memangkas biaya makan hingga dua kali lipat, lho! Membawa bekal akan menahan kalian untuk jajan dan menghamburkan uang.

5. Catat Pengeluaran dan Pemasukan
5 Cara Cepat Menabung untuk Modal Menikah yang Bisa Kamu Tiru

Cara Cepat Menabung untuk Modal Menikah Meski sudah berhemat dalam berbagai sektor, kalian harus mencatat cashflow yang terjadi setiap bulannya. Catat dengan baik setiap pengeluaran dan pendapatan sekecil dan sebesar apapun nominalnya.

Dengan begitu, kalian dapat memantau apakah terdapat kebocoran dan pengeluaran konsumtif yang dapat ditekan.

Nah itu dia 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan modal pernikahan. Walaupun terlihat cukup sulit namun bukan berarti mustahil. Kamu dan pasangan bisa mencapai target yang kamu inginkan jika kalian berdua konsisten melakukan cara-cara di atas.

By Admin