12 Cara Melunasi Utang dengan Cepat agar Keuangan Pribadi Segera Aman

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Adakah cara yang bisa ditempuh untuk melunasi utang dengan cepat? Tentu ada! Melunasi utang tentu tidak hanya menguras dompet, tetapi juga menguras energi dan emosi. Tak jarang hal ini justru menjadi beban pikiran setiap harinya. Kamu bisa coba praktikkan beberapa strategi di bawah ini supaya bisa terbebas dari utang dengan lebih cepat. Yuk, simak pembahasan yang sudah Glints rangkum berikut ini!
12 Cara Melunasi Utang dengan Cepat agar Keuangan Pribadi Segera Aman

1. Mulai dari utang dengan bunga paling besar

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Menurut Wells Fargo, utang yang paling besar biasanya memiliki bunga yang besar pula. Dengan melunasinya lebih dulu, kamu bisa mengurangi keseluruhan utang yang harus dibayar secara signifikan. Kelebihan yang lainnya adalah, kamu jadi terhindar dari risiko bunga yang semakin membesar ke depannya. Namun, kekurangan dari strategi ini adalah kamu harus memiliki kedisiplinan dan komitmen yang besar untuk menyisihkan sejumlah uang yang tak sedikit tiap bulannya.

2. Mulai dari utang yang paling kecil

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Strategi yang banyak dikenal sebagai debt snowball ini dinilai sebagai salah satu cara melunasi utang dengan cepat. Kebalikan dari strategi pertama, dalam strategi debt snowball, kamu perlu melakukan pembayaran dari utang yang paling sedikit terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, barulah kamu bisa membayar utang dengan nominal yang lebih tinggi. Itulah mengapa cara ini disebut sebagai debt snowball karena besaran utang yang harus kamu bayar seperti bola salju yang semakin lama semakin besar. Kelebihan dari strategi ini adalah dapat meningkatkan motivasi, karena kamu bisa melihat progres pelunasan utangmu lebih cepat.

3. Evaluasi total pengeluaran dan penghasilan

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Dilansir dari Investopedia, ini merupakan salah satu langkah untuk mengurangi beban dan merubah kebiasaan berutangmu. Coba hitung kembali total pengeluaran dan penghasilan dalam satu bulan. Nilailah seberapa besar sisa uang yang kamu punya setelah memastikan bahwa seluruh pengeluaran wajib seperti listrik, uang makan, hingga dana darurat sudah disisihkan. Apabila sisanya masih sangat kurang untuk membayar utang, ubahlah lifestyle-mu secara drastis.

4. Cicil lebih dari minimum pembayaran

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Apabila kamu ingin melunasi utang dengan cepat, cara yang satu ini bisa bekerja dengan efektif. Misalnya, kamu punya utang Rp100.000 yang semula ingin dicicil selama 5 bulan. Artinya, kamu harus membayar Rp20.000 tiap bulannya. Namun, jika kamu melebihkannya menjadi Rp40.000 setiap bulan, utangmu akan terbayar lunas dalam kurun waktu kurang dari 4 bulan.

5. Bayar lebih dari satu kali sebulan
12 Cara Melunasi Utang dengan Cepat agar Keuangan Pribadi Segera Aman

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Jika cara sebelumnya menitikberatkan pada nominal cicilanmu, cara yang satu ini lebih menekankan pada frekuensi pembayaran dalam satu bulan. Setiap ada penghasilan tambahan, sebaiknya langsung kamu sisihkan untuk membayar utangmu meskipun di bulan tersebut sebenarnya kamu sudah membayar cicilannya. Tak apa jika kamu tetap membayarkan cicilan sebesar Rp20.000, namun pastikan untuk melakukannya lebih dari satu kali dalam satu bulan. Dengan begitu, utangmu tetap akan terbayarkan lebih cepat.

6. Lakukan konsolidasi utang

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Konsolidasi utang adalah penggabungan seluruh utangmu menjadi satu utang saja dengan bunga yang lebih rendah. Nantinya, kamu akan melakukan pelunasan utang tersebut bukan melalui bank, melainkan perusahaan multifinance atau peer to peer lending. Metode ini lumrah digunakan bagi kamu para pemegang kartu kredit. Upaya ini bisa dilakukan baik menggunakan jaminan maupun tidak. Membayar berbagai utang ke sejumlah kreditur bisa sangat merepotkan. Jadi, konsolidasi utang ini bisa membantumu menghemat waktu.

7. Negosiasi ulang dengan kreditur

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Cara melunasi utang dengan cepat lainnya adalah dengan negosiasi ulang ketentuan pembayaran yang masih memberatkanmu, seperti besaran bunga. Apabila peminjam merupakan orang yang dekat denganmu, kamu bisa langsung ajak mereka negosiasi dengan cara yang sopan dan komunikatif. Akan tetapi, apabila berurusan dengan lembaga yang lebih besar, kamu mungkin perlu bantuan dari perusahaan debt settlement.

8. Konsultasi dengan credit counselor

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Nah, strategi yang satu ini memang memerlukan biaya tambahan untuk berkonsultasi. Namun, nasihat dan tips yang kamu dapatkan dari credit counselor akan sangat membantu, terutama jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusinya sendiri. Dilansir dari Credit Counselling Society, credit counselor pasti memiliki lebih dari satu jenis program yang paling sesuai untuk rencana pelunasan utangmu. Jika beruntung, kamu bahkan bisa menemukan credit counselor nonprofit yang menyediakan konsultasi gratis.

9. Cari sumber penghasilan tambahan

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Cara melunasi utang dengan cepat yang selanjutnya ialah dengan menghasilkan lebih banyak uang. Hal ini tentu tidak semudah yang dibayangkan, tetapi kamu pasti bisa melakukannya selama memiliki keinginan yang besar dibarengi dengan strategi yang matang. Pasalnya, pintu-pintu peluang penghasilan tambahan kini terbuka dengan lebar. Kamu bisa mencari cuan dengan menjadi freelancer atau memulai side hustle yang sesuai dengan passion-mu. Selain itu, kamu juga dapat memaksimalkan peluang lainnya seperti menjadi affiliator marketing atau mencari kerja part time. Yang terpenting, jangan sampai mengganggu pekerjaan utamamu, ya.

10. Buat rencana pengeluaran

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Salah satu alasan mengapa kamu kesulitan membayar utang dengan cepat mungkin terletak pada rencana atau catatan pengeluaran yang belum tertata rapi. Akibatnya, setiap bulan kamu malah memiliki pengeluaran yang tak terkendali. Dengan membuat rencana pengeluaran, kamu jadi tahu kapan harus menahan diri agar pengeluaranmu tidak melampaui batas maksimum pada bulan itu. Kamu juga jadi memahami kebiasaan belanjamu. Dengan begitu, kamu akhirnya dapat melihat pengeluaran mana yang sebenarnya masih bisa kamu hemat ke depannya.

11. Buat debt management plan
12 Cara Melunasi Utang dengan Cepat agar Keuangan Pribadi Segera Aman

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Cara yang satu ini adalah lanjutan dari tahapan setelah kamu berkonsultasi dengan credit counselor. Dilansir dari Nerd Wallet, debt management plan hanyalah salah satu cara melunasi utang yang mungkin tidak akan cocok untuk semua orang. Kamu bisa memilih cara ini ketika sudah tidak ada progres yang signifikan, apalagi ketika  telah mengalami kredit macet. Agensi akan menghubungi krediturmu dan memberi tahu mengenai debt management plan ini. Kamu mungkin berisiko untuk tidak bisa menggunakan kartu kredit lagi. Credit score-mu akan menurun, namun bisa merangkak naik seiring kondisi finansialmu yang membaik.

12. Berhemat ketika belanja kebutuhan sehari-hari

Cara Melunasi Utang dengan Cepat Ketika grocery shopping atau berbelanja kebutuhan sehari-hari, ada beberapa tips yang bisa membantumu menghemat uang. Misalnya dengan berbelanja ketika puncak diskon atau beralih membeli makanan yang jauh lebih awet, seperti makanan kaleng atau sereal. Kamu juga tetap bisa membeli bahan makanan yang dapat bertahan lama selama disimpan di lemari pendingin, seperti daging dan sayur. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi frekuensi berbelanja. Jika semula kamu harus melakukan grocery shopping sebulan sekali, coba kurangi menjadi dua bulan sekali.

By Admin