10 Cara Menikmati Hidup, Mulai dari Hal yang Sederhana

Cara menikmati hidup dapat dilakukan lewat hal-hal kecil seperti membaca buku, berkebun, membuat kue, menyendiri hingga banyak bersyukur atas apa yang dimiliki. Masih ingat masa kecil dulu, betapa antusiasnya perasaan ketika besok akan mengikuti karya wisata? Bahkan bisa sampai tidak bisa tidur. Terkadang, kesibukan dan peran sebagai orang dewasa membuat lupa bagaimana cara menikmati hidup. Padahal, bisa jadi akarnya ada di hal-hal sekitar kita.

Adanya rutinitas terkadang membuat seseorang merasa jenuh dan menganggap hidup begitu-begitu saja. Cara untuk membuat hari lebih seru dan bisa dinikmati bisa dimulai dengan memberi perhatian pada hal-hal kecil nan sederhana.
10 Cara Menikmati Hidup, Mulai dari Hal yang Sederhana

Cara menikmati hidup

Tak perlu muluk-muluk, sebenarnya ada banyak cara menikmati hidup yang bisa dilakukan, seperti:

1. Bersyukur

Cara Menikmati Hidup Syarat utama untuk membuat hati menjadi lebih tenang adalah dengan mensyukuri kehidupan. Bukan klise, namun inilah yang perlu dilakukan. Bahkan masih terbangun dalam kondisi sehat dan bisa bernapas tanpa harus membayar sudah merupakan anugerah luar biasa.

Untuk itu, coba mulai hari dengan mengingat 3 hal yang patut disyukuri. Jadikan ini kebiasaan sehingga akan terbentuk mental merasa diri cukup beruntung.

2. Tidak membandingkan dengan orang lain

Cara Menikmati Hidup Jangan terjebak dengan seluruh pesona di media sosial yang terkadang belum tentu sesuai dengan kenyataan. Serba dipoles, serba sempurna. Ingat bahwa apa yang dipamerkan di media sosial belum tentu merupakan representasi apa yang terjadi sesungguhnya.

Apabila apa yang dipamerkan orang lain di akun mereka sudah terasa begitu mengganggu, bisa jadi inilah saatnya melakukan digital detox. Coba lupakan dulu distraksi menyilaukan dari media sosial agar bisa lebih memahami apa yang dimiliki, serta mensyukurinya.

3. Kenali hal-hal positif

Cara Menikmati Hidup Ketika melakukan aktivitas, sebisa mungkin jangan fokus pada hal-hal negatif. Ketimbang merutuki tetangga yang membuang sampah sembarangan, pikirkan tentang betapa amannya kompleks perumahan yang Anda tinggali.

Pada awalnya, hal ini mungkin terasa sulit. Hal-hal negatif lebih mudah menyita perhatian dan pikiran ketimbang yang positif. Untuk itu, latihlah dengan mencoba berpikir positif dari waktu ke waktu. Jika sudah terbiasa, Anda akan lebih piawai menikmati hidup.

4. Berjalan kaki

Cara Menikmati Hidup Coba habiskan waktu menyendiri dengan berjalan kaki. Tak harus jogging, tapi bisa juga dengan memarkir kendaraan lebih jauh dan bisa berjalan untuk sampai di kampus atau kantor. Momen berjalan ini dapat meredakan rasa stres serta membangkitkan emosi positif.

Menghirup udara segar serta terkena matahari pagi juga dapat membuat Anda lebih menikmati hidup. Akan jauh lebih baik apabila Anda memiliki akses ke taman atau jalanan yang rindang.

5. Berkebun
10 Cara Menikmati Hidup, Mulai dari Hal yang Sederhana

Cara Menikmati Hidup Bukan sekadar mengikuti tren, rupanya manfaat berkebun untuk kesehatan mental tak bisa diremehkan. Grounding ini membantu seseorang lebih merasa bermanfaat karena membantu makhluk hidup lain. Apabila berhasil tumbuh, akan muncul rasa percaya diri sekaligus bahagia.

Bahkan uniknya, menurut penelitian pada tahun 2007, bakteri sehat berupa Mycobacterium vaccae yang ada di pasir bisa meningkatkan produksi serotonin di otak. Hormon ini dapat mengusir kecemasan sehingga seseorang bisa merasa lebih bahagia.

6. Berbicara dengan orang lain

Cara Menikmati Hidup Jika merasa suntuk, bisa jadi itu saatnya berbicara dengan orang lain di luar hal-hal yang sudah mendominasi hari Anda. Apabila seharian sudah disibukkan dengan pekerjaan, cari orang yang bisa diajak ngobrol tentang hobi.

Siapapun berhak melakukan hal ini. Tak harus bertemu, bisa juga lewat telepon atau pesan teks. Tanpa disadari, hanya berbincang-bincang singkat tak sampai 15 menit saja sudah bisa membuat mood jadi jauh lebih baik.

7. Membuat kue

Cara Menikmati Hidup Bukan hanya hasil akhirnya bisa jadi camilan, ternyata proses membuat kue itu membuat seseorang bisa merasa lebih utuh atau mindful. Bahkan, ada studi yang menemukan bahwa baking dapat meredakan rasa cemas, depresi, stres, atau gejala gangguan kesehatan mental lainnya.

8. Membaca

Cara Menikmati Hidup Tenggelam dalam lembar demi lembar buku juga bisa menjadi cara menikmati hidup. Tanpa disadari, untuk bisa duduk diam membaca ini menjadi kemewahan di tengah cepatnya informasi yang berputar di sekitar. Menurut survei tahun 2013, orang yang rutin membaca akan merasakan kepuasan hidup lebih tinggi.

9. Makan tidak terburu-buru

Cara Menikmati Hidup Berapa kali dalam sehari Anda harus makan terburu-buru karena dikejar tugas atau pekerjaan? Mungkin para ibu juga familiar dengan hal ini ketika mereka harus makan cepat-cepat di saat si kecil terlelap?

Faktanya, makan dengan porsi kecil dengan perasaan utuh atau mindful adalah cara menikmati hidup yang kerap luput. Coba lakukan dengan menggigit makanan lalu meresapi bagaimana rasanya. Apabila dibiasakan, hal ini akan membuat seseorang bisa mindful terhadap berbagai hal dalam hidupnya.

10. Menyendiri
10 Cara Menikmati Hidup, Mulai dari Hal yang Sederhana

Cara Menikmati Hidup Bersosialisasi dengan begitu banyak orang memang bagus. Namun, ada kalanya seseorang perlu waktu menyendiri untuk menikmati hidup. Bahkan, melakukan aktivitas seorang diri seperti naik gunung atau sekadar menyetir bisa menumbuhkan rasa empati hingga mengenal diri sendiri dengan lebih baik.

By Admin