10 Cara Tidur Kembali saat Terbangun di Malam Hari

BERITA MILLENIAL Cara Tidur Kembali saat Terbangun Pernahkah kamu tidur awal agar bisa bangun pagi di keesokan hari, tapi tiba-tiba terbangun setelah tidur beberapa jam? Jika kamu sering mengalaminya, Glints punya cara untuk langsung tidur kembali saat tiba-tiba terbangun.

Terbangun secara tiba-tiba umum disebut sebagai sleep-maintenance insomnia. Menurut studi dari Swapna Bhaskar di tahun 2016, 10 hingga 60 persen orang mengalami hal ini. Apabila kamu mengalami sleep-maintenance insomnia, kemungkinan ada beragam alasan sampai kamu terbangun secara tiba-tiba. Beberapa hal seperti harus ke kamar mandi, terkena sinar cahaya dari luar, atau suara berisik dapat menjadi penyebabnya. Nah, untuk bisa tidur lagi setelah terbangun, yuk cek berbagai tipsnya di artikel Glints berikut ini!
10 Cara Tidur Kembali saat Terbangun di Malam Hari

1. Hilangkan cahaya terang dan suara berisik

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Jika kamu merasa kesulitan untuk tidur kembali setelah terbangun di malam hari, cobalah untuk mencari sumber cahaya di kamar tidur yang mengganggumu. Sinar LED yang dipancarkan dari alat elektronik atau cahaya dari luar kamar tidur dapat membuatmu kesulitan untuk kembali tidur.

Apabila ada suara berisik yang mengganggu dari luar, beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain;

  • menutup jendela kamar tidur yang terbuka
  • menggunakan penutup telinga
  • menyalakan kipas angin
  • mendengarkan white noise

Melakukan hal-hal berikut dapat menenggelamkan suara bising yang membuatmu sulit kembali tidur.

2. Bangun dari tempat tidur dan pindah ke tempat lain

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Johns Hopkins Medicine mengatakan, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk tidur kembali setelah terbangun di malam hari adalah dengan bangun dari tempat tidur dan pindah ke tempat lain. Hal ini bisa kamu lakukan terutama jika dirimu sulit untuk kembali tertidur setelah lebih dari 20 menit. Saat pindah ke tempat lain, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang tenang selama beberapa menit. Hal ini terutama apabila kamu terbangun karena memiliki banyak pikiran seperti seputar pekerjaan. Melakukan aktivitas yang mendistraksi pikiranmu selama beberapa menit di luar kamar tidur dapat membantumu untuk kembali mengantuk.

3. Jangan melihat jam
10 Cara Tidur Kembali saat Terbangun di Malam Hari

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk kembali tidur saat terbangun adalah dengan tidak melihat jam. Jika kamu memperhatikan jam saat terbangun, hal tersebut membuatmu semakin gelisah. Hal ini semakin berbahaya terutama jika kamu memiliki generalized anxiety disorder. Sebuah studi di tahun 2019, dikutip dari Sciencedirect, menyebutkan, terdapat hubungan antara rasa cemas dan gangguan tidur.

Seseorang yang memiliki anxiety sering merasa cemas untuk tidur. Begitu pun individu yang kesulitan untuk tidur seringkali merasa cemas.

4. Jangan mengecek smartphone dan layar lainnya

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Layar dari smartphone dan alat elektronik lainnya dapat memancarkan blue light yang bisa menghambat produksi hormon melatonin tubuhmu. Ada pun melatonin adalah hormon yang mengatur ritme sirkadian dan siklus tidurmu. Sehingga jika kamu terbangun di malam hari, hindari mengecek smartphone-mu karena hal tersebut membuatmu semakin sulit untuk kembali tidur.

5. Bermeditasi atau melakukan teknik pernapasan

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Mengutip Sleep Foundation, melakukan meditasi atau teknik pernapasan juga menjadi cara terbaik supaya bisa kembali tidur setelah terbangun di malam hari. Hal ini karena aktivitas tersebut dapat membantumu menenangkan pikiran. Tidak hanya itu, aktivitas ini juga dapat memberi distraksi bagimu jika merasa cemas untuk tidur. Salah satu teknik pernapasan yang populer digunakan untuk bisa kembali tidur adalah teknik 4-7-8. Di mana, kamu menarik napas dari hidung selama 4 detik, menahannya selama 7 detik, dan mengeluarkannya selama 8 detik.

6. Membuat otot rileks

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Salah satu teknik yang dapat membuatmu rileks sehingga bisa kembali tertidur adalah melakukan body scan.Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah dari Healthline berikut ini.

  • tutup mata dan tarik napas secara perlahan
  • fokus pada wajahmu dan pikirkan bagaimana membuat otot wajah menjadi rileks
  • pindahkan fokus ke leher dan pundak, lalu pikirkan bagaimana membuat keduanya menjadi rileks

lanjutkan untuk membuat otot di berbagai bagian tubuh rileks hingga ke kaki

7. Jangan nyalakan lampu

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk tidur kembali saat terbangun di malam hari adalah dengan tidak menyalakan lampu. Sama seperti layar smartphone, cahaya terang juga dapat mengganggu produksi hormon melatonin tubuh. Hal tersebut membuatmu menjadi terjaga dan sulit untuk kembali tidur.

8. Fokus melakukan hal-hal yang membosankan

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang membosankan untuk kembali tidur setelah terbangun. Melakukan hal membosankan, seperti membaca artikel atau buku yang tidak terlalu kamu suka akan mendistraksi pikiranmu. Hal ini karena bagian otak yang bernama nucleus accumbens memiliki peran dalam memberimu motivasi dan kesenangan. Menurut studi tahun 2017, mengutip Nature, bagian otak ini dapat menjadi alasan mengapa kamu sering merasa ngantuk ketika sedang bosan.

9. Mendengarkan musik yang membuat rileks

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Mendengarkan musik yang membuat rileks dapat menjadi salah satu cara untuk bisa kembali tidur setelah terbangun di malam hari. Tidak hanya itu, musik seperti ini juga dapat membantumu menutup suara yang mengganggu tidurmu. Berdasarkan riset di tahun 2018, preferensi musik memiliki peran besar dalam menentukan tipe musik apa yang dapat membantumu untuk tidur.

Sehingga, kamu bisa mencoba mendengarkan berbagai jenis musik hingga menemukan yang cocok untukmu.

10. Menggunakan aplikasi untuk tidur
10 Cara Tidur Kembali saat Terbangun di Malam Hari

Cara Tidur Kembali saat Terbangun Menggunakan aplikasi tidur juga dapat membantumu untuk tidur lebih cepat setelah terbangun dan membuat diri lebih rileks. Beberapa aplikasi tidur ini memberimu cerita, musik, atau suara yang membuatmu bisa rileks dan membantumu untuk tidur. Itu adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa kembali tidur saat terbangun di malam hari. Jika kamu ingin mendapat lebih banyak informasi, tips, dan trik seputar kesehatan kerja, yuk, baca kumpulan artikel yang sudah Glints siapkan.

By Admin