Table of Contents

Budaya – Permainan tradisional kini sudah tidak sering terlihat lagi dalam keseharian anak-anak kecil seperti dahulu. Permainan-permainan tradisional yang menyenangkan dengan teman-teman sudah banyak ditinggalkan karena kemajuan teknologi nan canggih. Kini anak-anak lebih memlih bermain game online, game di gadget dan lain-lain.

Seperti di Pacitan, Jawa Timur, perbedaan yang signifikan terjadi pada anak-anak zaman sekarang dibanding zaman dahulu. Seperti halnya untuk permainan lompat tali yang dilakukan anak-anak zaman dahulu yang mengharuskan memiliki skill dalam melakukannya, mengatur strategi dan persiapan matang untuk mencapai tali yang dijunjung temannya.

Cara permainan nan unik membuat permainan tradisional lompat tali ini digemari anak-anak zaman dahulu, permainan dengan alat permainan karet gelang ini membutuhkan banyak sekali karet gelang. Karet gelang dibuat rantai menjadi sebuah tali panjang yang lentur tapi kuat.

karet
karet

(Membuat rantai gelang karet. Foto Instagram/renymartiana)

Anak-anak biasa membuat dengan cara mendobel karet gelang untuk satu ikatan. 2 atau 3 karet gelang dilipat jadi 2 bagian lalu bagian lipatan dimasukan dalam jempol kaki untuk mempermudah pembuatan, lalu kali kedua ambil 2 atau 3 karet gelang lagi untuk dikaitkan dengan karet gelang yang dipasang di jempol kaki tadi, begitu juga kali ketiga dan seterusnya hingga karet gelang menjadi sebuah tali panjang sekitar 1,5 meter – 2 meter. (sar)

Tutorial menjahit lengkap

Cara Membuat Gaun Kertas

By Admin