Perang Dunia I

Histori Perang Dunia I, Yang menimbulkan, serta Daftar Negara yang Terikut

Riwayat Perang Dunia I (PD I) terjadi di Eropa awali tahun 1914 dan selesai pada 1918. Perihal yang menimbulkan peperangan sekian banyak negara barat ini antara lainnya didorong oleh perebutan industri dan militer di antara Jerman dengan Inggris. Lalu, beberapa negara mana-mana yang terturut di World War I atau Perang Dunia Pertama? Semenjak tahun 1910 sampai 1914, Jerman meningkatkan biaya pertahanan sejumlah 73 prosen. Soal ini dikerjakan Jerman sebab masa itu ada intimidasi kapabilitas militer dari negara Eropa lain, khususnya Inggris (yang kuasai seperempat area dunia), maka produksi persenjataan militer diutamakan. Disini, industri perabotan militer di daerah Eropa lantas meriah dikhususkan juga oleh sekian banyak negara lain. Maksudnya supaya mereka dapat membela diri dari beberapa serangan sesuatu waktu punya potensi berlangsung. Kecuali yang memicu di atas, ada pun perihal yang lain mengakibatkan ledakan Perang Dunia I. Selanjutnya apa pemicu bentrokan serta negara apa yang terikut saat itu?

Pemicu Perang Dunia I

Pemicu Perang Dunia I

Telah dijelaskan kalau Perang Dunia I berasal dari industri militer yang meriah dinaikkan beberapa negara Eropa. Lantas, mereka yang terasa perlu rekan waktu bertatapan dengan lawan selanjutnya bangun kubu-kubu (persekutuan). Pembuatan koalisi ini pula jadi yang memicu Perang Dunia I. Waktu itu, ada dua team yang sama sama bertemu Triple Alliance atau Sekutu Tiga serta Triple Entente atau Entente Tiga. Dalam The Major International Treaties of the Twentieth Century: A History and Guide with Texts (2013( suntingan John Grenville dan Bernard Wasserstein dikatakan, Triple Alliance yaitu persekutuan di antara Kekaisaran Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia yang sebetulnya udah dibikin semenjak tahun 1882. Dan Triple Entente terbagi dalam Kekaisaran Rusia, Republik Ke-3 Prancis, dan Kerajaan Inggris Raya serta Irlandia yang udah terhubung dari sejak tahun 1894. Di saat dua team itu dibuat kembali pada perjalanan dasawarsa ke-2 era ke-20, Italia rupanya pilih melintas ke team Triple Entente. Posisi Italia di Triple Alliance lantas diganti oleh Kekaisaran Turki Usmani.

Peristiwa Perang Dunia 1 dan Rangkaian

Peristiwa Perang Dunia 1 dan Rangkaian

Perang Dunia I pada akhirnya meletus sewaktu putra mahkota Austria-Hongaria, Franz Ferdinand, terbunuh. Masalah ini mengakibatkan faksi Austria-Hongaria bersama Triple Alliance menjalankan gempuran ke arah barat (Prancis). Dalang dibalik momen pembunuhan itu disangka diawali oleh Serbia. Inggris yang berupaya menengahi lewat diskusi nyatanya kalah nada dari Jerman. Sedang Austria-Hongaria ingin berperang. Jerman bersama Austria-Hongaria memperlancarkan gempuran ke Belgia yang terlilit persetujuan dengan Prancis dan Inggris. Soal ini menyebabkan Prancis serta Inggris pada akhirnya mesti pengin ikut pula dalam perang. Tahun 1915, Italia membelot ke Triple Entente dan tinggalkan Triple Alliance sebab dijanjikannya mendapatkan area Dalmatia yang saat itu ditempati Austria-Hongaria. Seterusnya, Turki Usmani menentukan untuk gabung bersama Triple Alliance karena menganggap punyai lawan yang masih sama, ialah Rusia. Karena itu, Perang Dunia I menyertakan dua team sekutu, yaitu Triple Alliance yang digerakkan oleh Jerman, Austria-Hongaria, dan Turki Usmani pun Bulgaria, menentang Triple Entente yang dimotori Inggris, Perancis, Rusia, ditambahkan Italia, serta beberapa negara/bangsa yang lain.

Perang ini selanjutnya menyebar luas sampai sertakan Amerika Serikat yang berada di dataran lain. Amerika mencela bencana tenggelamnya Kapal Lusitania pada 1915 yang ada penduduk negaranya. Kapal itu rupanya terbenam gara-gara tingkah gempuran Jerman. Jadilah Amerika Serikat turut turun ke gelanggang dengan mendarat ke Triple Entente. Di tengahnya baku senjata yang terjadi, Rusia nyatanya justru keluar, pasnya di 1917. Penarikan diri ini berasal dari kondisi negaranya yang tidak sehat. Tahun 1918, tampak kesepakatan Brest-Litovsk yang didalamnya menjelaskan kalau Rusia terlepas tangan dari Perang Dunia I. Pada 1918, terjadi “Gempuran 100 Hari” yang dikeluarkan tim Triple Entente. Garis pertahanan Jerman di Front Barat mendapat gempuran top. Jerman juga pada akhirnya Jerman berserah. Pengakuan mengaku kekalahan ini selanjutnya di ikuti oleh sekian banyak negara yang lain bergabung di Triple Alliance. Berturutan, Bulgaria, Turki Usmani, dan Austria-Hongaria mengibarkan bendera putih. Perang Dunia I juga sah stop tanggal 11 November 1918.

Beberapa negara yang Terturut Perang Dunia I: Triple Alliance Jerman Austria-Hongaria Turki Usmani Bulgaria Triple Entente Inggris Prancis Serbia Rusia Itali (selesai keluar Triple Alliance) Yunani Portugal Rumania Amerika Serikat.

 

BACA JUGA :  Riwayat Jepang Masuk ke dalam Indonesia: Kapan, Arah, serta Rangkaian 1942

By Admin