Ercis

5 Faedah dan Nilai Nutrisi yang Ada dalam Kacang Ercis

“Kacang Ercis sebagai type sayur yang penuh gizi dan dapat berikan banyak fungsi kesehatan. Dimulai dengan kesehatan mata sampai pencernaan, nilai gizi kacang kapri dapat menolong mempertahankan kesehatan badan keseluruhannya.” Kacang kapri atau disebutkan pun snow peas yakni sayur masih yang semacam dengan kacang polong (ercis).

Tapi, sayur yang memiliki nama latin Pisum sativum var. marcrocarpon ini dapat dikonsumsi sepenuhnya, baik cangkang ataupun kacang yang ada didalamnya, dan rasanya manis. Itu dia kenapa kacang kapri disebutkan kacang polong gula. Miliki struktur gurih, kacang kapri ternama dalam masakan Chinese food dan kerap diolah trik ditumis. Disamping nikmat, tipe kacang-kacangan ini punya nilai gizi yang memesona serta faedah kesehatan yang tak bisa ditinggalkan.

Kacang Ercis buat orang Indonesia memanglah tidak setenar kacang Ercis, kacang kapri, sukro, kacang kedelai atau juga kacang tanah yang digodog. Akan tetapi, buat anda yang pernah sebelumnya ada di luar negeri atau mengunjungi restaurant bertingkat internasional yang berada pada Indonesia, kacang polong atau kacang ercis pastilah gak asing.

Kabarnya, kemunculan kacang Ercis di Indonesia dibawa sama beberapa orang Belanda pada periode penjajahan penjajahan Belanda. Konsumsi kacang polong beberapa orang Belanda lumayan tinggi, lantaran mereka biasa menambahkannya di dalam menu seharian dengan bermacam olahan. Ada yang jadi salad, sup, sayur, dipetieskan, jadikan bahan tepung dan seterusnya. Kacang polong menjadi satu diantara makanan idola di luar negeri lantaran kecuali rasanya sedap, manis dan bisa jadikan penambah makanan berat, kaya nutrisi.

Nilai Nutrisi Kacang Ercis

Menurut info gizi dari The United States Department of Agriculture (USDA), satu jumlah (65 gr) kacang kapri mentah dapat memberi 27 kalori namun juga kandungan gizi berikut ini pada  Ercis:

Lemak: 0,1 gr.

Natrium: 2,5 miligram.

Karbohidrat: 4,8 gr.

Serat: 1,6 gr.

Gula: 2,5 gr

Protein: 1,8 gr.

Vitamin C: 37,8 miligram.

Besi: 1,3 miligram.

Kalium: 126 miligram.

Faedah Kacang Ercis untuk Kesehatan

Atas kandungan gizinya itu, kacang Ercis dapat memberi fungsi berikut buat kesehatan:

1. Perkuat prosedur ketahanan badan

Kacang Ercis sebagai sumber vitamin C yang baik sekali. 1 cangkir makanan sehat itu dapat siapkan 70 % dari jumlahnya harian yang dianjurkan buat vitamin C. Nach, vitamin C sebagai gizi yang bertindak penting untuk skema ketahanan tubuh yang kuat, sebab dapat menolong badan menghasilkan sel darah putih untuk menghindari penyakit. Terkecuali itu, anti-oksidan alami yang terlarut di air ini bisa juga menghambat radikal bebas, yang dapat mengakibatkan infeksi beresiko untuk badan manusia.

2. Sehatkan pencernaan

Disamping kaya vitamin C, kacang kapri pula kaya serat. Lantaran bisa dikonsumsi bersama kulitnya, sayur ini dapat berikan serat yang makin lebih banyak dibanding kacang polong. Atas kandungan gizi itu, fungsi kacang kapri baik sekali buat kesehatan pencernaan. Contoh-contohnya melindungi supaya bab masih tetap teratur dan menahan sembelit.

3. Bagus buat kesehatan jantung

Fungsi kacang Ercis pun bagus untuk mempertahankan kesehatan jantung, lantaran kandungan kalium dan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Kalium dapat turunkan tekanan darah, dan vitamin C sanggup membenahi arteri serta pembuluh darah yang menolong menghindari penyakit jantung koroner. Tidak hanya itu, makanan sehat ini kaya fitosterol. Study memperlihatkan kalau sayur yang kaya sterol, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal dapat menolong turunkan takaran cholesterol.

4. Menguatkan tulang

Kacang kapri pula kaya bermacam mineral yang terpenting untuk kepadatan tulang, seperti zat besi , kalium, mangan, dll. Sampai, konsumsi sayur itu dengan jumlah kecil bisa turunkan efek negatif osteoporosis. Disamping itu, sama dengan sayur punya warna hijau yang lain, kacang kapri pun punya kandungan kalsium yang diperlukan untuk bangun tulang yang kuat serta sehat.

5. Menambah pandangan

Kacang kapri fresh pun memiliki kandungan anti-oksidan flavonoid dengan jumlah yang cukup, seperti karoten, lutein, serta zeaxanthin dan vitamin A (dapat menyiapkan 37 % dari jumlahnya harian yang direferensikan per 100 g). Vitamin A yakni gizi penting untuk pandangan yang bagus. Memakai makanan yang kaya vitamin A, seperti kacang kapri secara teratur dapat menghambat katarak yang berasal dari degradasi makula berkaitan umur.

 

BACA JUGA :  10 Faedah Sawi buat Kesehatan, Kaya Serat dan Anti-oksidan, Tolong Naikkan Daya tahan Badan

By Admin