Pulau Jawa mempunyai banyak destinasi wisata yang begitu menakjubkan. Salah satunya yang terdapat di Jawa

Tengah, Kabupaten Semarang. Yaitu Rawa Pening, danau yang mempunyai keindahan alam, yang bisa membuat para wisatawan terpesona jika melihatnya.

Rawa Pening memiliki luas 2.670 hektar, dan berada di empat wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Danau ini juga dikelilingi oleh Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran.

Danau ini juga terdapat di Desa Ambarawa. Dimana, desa ini mempunyai suasana yang masih asri khas pedesaan, dan warga sekitar yang sangat ramah kepada para pendatang atau wisatawan.

Tak hanya itu, Danau ini juga mempunyai keindahan yang lain. Seperti pemandangan Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu yang begitu gagahnya bertengger di tepi danau. Tentu saja itu bisa dijadikan salah satu spot foto yang instagramable untuk para wisatawan yang datang.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini? Yuk simak beberapa informasi yang harus kalian ketahui sebelum berkunjung ke tempat ini:

Sejarah Asal Usul Rawa Pening

Konon katanya, dahulu Rawa Pening adalah sebuah desa yang bernama Malwapati. Lalu suatu hari desa tersebut dilanda banjir yang sangat besar, sehingga menenggelamkan seluruh desa beserta isinya.

LAGI HITS
Sam Poo Kong

Ternyata banjir tersebut bermula dari seorang anak titisan ular naga yang bernama Baru Klinting. Ia menancapkan lidi ke dalam tanah karena kesal kepada penduduk desa yang mengusirnya selepas pulang dari

tempat pertapaannya

Lalu ia bertemu dengan seorang nenek yang baik hati dan memberinya makanan. Kemudian, Baru Klinthing memberi pesan kepada sang nenek tersebut, jika suatu hari terjadi banjir yang sangat besar bersembunyilah di dalam lumpang.

Baru Klinting pulang ke desa Malwapati, dan mengadakan sayembara. Sayembaranya adalah mencabut lidi yang telah ia tancapkan sebelumnya. Lalu tidak ada seorang pun warga yang bisa mencabut lidi tersebut.

Akhirnya, Baru Klinting sendiri yang mencabut lidi tersebut. Setelah lidi itu lepas, keluar air yang sangat deras dari lubang bekas tancapan lidi itu dan menenggelamkan desa beserta isinya. Namun hanya seorang nenek yang selamat dari kejadian tersebut.

Dan akhirnya Desa Malwapati berubah menjadi sebuah Rawa. Karena air nya yang sangat bening, maka Rawa itu disebut sebagai Rawa Pening.

Lokasi Rawa Pening

Bagi kalian yang berniat mengunjungi Rawa Pening ini kalian bisa langsung datang ke Jl.Lingkar Selatan Kilometer 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Kalian bisa menggunakan kendaraan umum, atau kendaraan pribadi untuk menuju ke Rawa Pening.

Rute Menuju Rawa Pening

Akses menuju Rawa Pening sangatlah mudah, karena jalan menuju danau ini salah satu jalan utama dari Semarang menuju Kota Solo via non tol.

Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi, dari Kota Semarang kalian bisa menuju Kota Solo, lalu belok kanan hingga menemukan pertigaan Ambarawa. Dari pertigaan tersebut kalian memilih jalur Lingkar Selatan.

Disepanjang jalan pun kalian akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, dan pedesaan dengan sawah – sawahnya yang begitu memanjakan mata.

Tiket Masuk Rawa Pening

Untuk menikmati wisata di Rawa Pening ini, kalian harus membayar Rp 3,000,-/ Orang di hari Senin – Jumat dan Rp 3,500,-/ Orang di hari Sabtu – Minggu.

LAGI HITS
Candi Arjuna Dieng

Murah sekali bukan? Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau dan pemandangan yang begitu indah tempat wisata ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati wisata alam dengan budget yang terjangkau.

Baca Review: Pulau Karimun Jawa yang Keren dan Hits

Jam Buka Rawa Pening

Danau ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Biasanya para wisatawan datang saat pagi hari atau sore hari, karena itulah waktu yang tepat untuk menikmati dan mengabadikan momen di danau ini.

Fasilitas Di Rawa Pening

Danau ini mempunyai beberapa fasilitas seperti:

1. Rumah Makan Apung

Rumah Makan Apung

Tak hanya menikmati pemandangan yang indah, di sini ini juga wisatawan bisa menikmati menu – menu special yang di produksi asli dari Danau Rawa Pening oleh nelayan sekitar. Seperti Ikan Nila, Gurame, Lele, dll serta hidangan khas Indonesia lainnya

2. Pondok Terapung Dan Rumah Joglo

Pondok Terapung Dan Rumah Joglo di jawa tengah
https://www.instagram.com/setyototoque/

Tidak hanya rumah makan terapung, terdapat juga beberapa pondok – pondok terapung seperti aula dengan kapasitas 25 – 100 orang. Dan untuk Rumah Joglo sendiri biasanya dipakai untuk acara – acara besar seperti acara pernikahan, ulang tahun, dll.

3. Wisata Keluarga

Wisata Keluarga
https://www.instagram.com/masbeh/

Terdapat beberapa wisata untuk dinikmati keluarga seperti, ATV, Jet Ski, Perahu karet, Perahu Kayu, Perahu Motor, Bebek Air, Becak Air, Becak Mini Bendi. Dan untuk tiket wisata ini pihak pengelola menawarkan beberapa paket. Di hari biasa Rp 90.000,-/paket/orang dan untuk Hari Minggu / Libur Rp 100.000,-/paket/orang.

Baca Rekomendasi: 5 Obyek Wisata Pantai Bandengan

Daya Tarik Di Rawa Pening

Perlu diketahui, bahwa Rawa Pening ini adalah hulu dari Sungai Tuntang loh, dan danau ini sangat dangkal sekali kedalamannya. Nah, sekarang akan kita kupas beberapa daya tarik yang menjadikan Rawa Pening ini mempunyai keunikan tersendiri. Yuk, simak informasinya.

LAGI HITS
Tempat Wisata di Semarang

1. Lokasi Yang Mudah Di Jangkau

Lokasi Yang Mudah Dijangkau di jawa tengah
https://www.instagram.com/alfayuristian/

Keuntungan yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke danau ini adalah, kalian tidak perlu pusing memikirkan akses ke tempat ini. Banyak sekali angkutan umum yang bisa kalian gunakan untuk pergi ke danau ini.

Selain angkutan umum, kalian juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, dan alamatnya pun sesuai dengan yang di cantumkan di atas.

Datanglah saat langit sedang cerah, karena kalian akan mendapatkan pemandangan dari Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran yang begitu gagahnya bertengger di tepi danau.

2. Danau Yang Sangat Luas

explore Danau Yang Sangat Luas

Danau ini mempunyai luas 2.670 hektar, tentunya itu sangat luas sekali bukan? Dan kalian bisa menikmati wahana dan permainan yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Sobat travel juga bisa memancing untuk menenangkan pikiran, sambil bersantai menikmati indahnya danau ini.

Dengan danau yang sangat luas ini dan dengan fasilitas yang telah disediakan, pasti kalian akan sangat puas jika berkunjung ke tempat ini.

3. Spot Foto Yang Instagramable

Spot Foto Yang Instagramable
https://www.instagram.com/sollekah28_/

Bagi kalian yang memiliki hobi fotografi, tempat ini sangat cocok untuk menyalurkan hobi kalian. Banyak sekali spot foto yang sangat unik dan artistik di tempat ini.

Salah satunya pemandangan Gunung Merbabu dan Ungaran. Dengan background kedua gunung ini, niscaya hasil jepretan foto kalian akan lebih terlihat indah. Diwarnai dengan hijaunya pepohonan memberi kesan alam pada hasil foto kalian.

4. Bukit Cinta

Bukit Cinta
https://www.instagram.com/rubiatul_a14/

Objek wisata Bukit cinta ini merupakan pintu masuk utama menuju Rawa Pening. Bukit Cinta ini terdapat di Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.

Nama Bukit Cinta sendiri berasal dari para pengunjung yang datang bersama orang yang di cintainya dan mengabadikan momen di tempat ini. Sehingga oleh masyarakat sekitar tempat ini di beri nama Bukit cinta.

Tempat ini juga mempunyai mitos tersendiri, dimana setiap pasangan yang bukan muhrim dan datang ke tempat ini, maka hubungan mereka akan putus. Namun mitos hanya sekadar mitos, beberapa orang telah membuktikan bahwa mitos itu tidak benar.

LAGI HITS
Umbul Sidomukti

5. Museum Ikan

Museum Ikan

Di Museum Ikan terdapat sebuah akuarium besar, yang berisi beberapa ikan tawar dan ikan hias. Juga beberapa diantaranya merupakan hasil tangkapan dari para nelayan sekitar.

Pengunjung juga dapat membeli dan membawa pulang ikan yang tersedia seperti, ikan lele, ikan patin, ikan nila dan beberapa ikan hias seperti ikan albino, ikan cupang, dll

Tentu saja ikan – ikan itu bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah.

6. Wisata Perahu

Wisata Perahu ambarawa
https://www.instagram.com/setyototoque/

Sobat travel tak hanya sekadar menikmati pemandangan dari tepi danau, tapi bisa juga mengelilingi danau ini dengan menyewa perahu yang disediakan oleh pihak pengelola.

Penyewaan perahu tersebut dibandrol dengan harga Rp.30,000,- dan dapat digunakan selama 30 menit.

Selama mengelilingi sungai penumpang diwajibkan menggunakan pelampung, agar penumpang bisa duduk manis dengan tenang sambil menikmati pemandangan yang ada, dan sang nahkoda yang mengantar menyusuri rawa.

Baca Selengkapnya: Kebun Teh Kemuning, Agrowisata Hits dan Kekinian di Karanganyar

Hotel Dekat Rawa Pening

1. Griya Wijaya

hotel Griya Wijaya
https://www.instagram.com/margarethasulistyorini/

Hotel ini terletak di Jl. Tentara Pelajar No. 90, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Hotel ini juga hanya berjarak 4,8 km dari Rawa Pening, salah satu pilihan hotel yang tepat jika anda ingin berkunjung ke danau ini sembari menginap.

Dengan harga kamar kisaran dari Rp 250,000,- hingga Rp 350,000,-/ Malam. Dan dengan fasilitas yang cukup memadai seperti, Restaurant, AC, Internet gratis, TV, dll. Cukup Worth It bukan?

2. Oemah Djari Kitchen And Hotel Syariah Salatiga

Oemah Djari Kitchen And Hotel Syariah Salatiga yang murah
https://www.instagram.com/nadyanajoan/

Beralamat di Jl. Merdeka Sel. III No 17, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo, Salatiga 50714 Indonesia. Hotel ini berjarak 6,8 km dari Rawa Pening.

Meskipun sedikit jauh dari hotel yang pertama, namun hotel ini tidak kalah bagusnya dari segi fasilitas dan pelayanannya.

LAGI HITS
Waduk Jatibarang

Nah, bagi kalian yang ingin berwisata ke Rawa Pening, hotel diatas semoga menjadi referensi untuk menginap dan beristirahat.

Wisata Dekat Rawa Pening

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa
https://www.instagram.com/achmad_noer_cholis/

Museum ini dulunya merupakan stasiun kuno yang di bangun pada masa penjajahan belanda. Namun seiring berjalannya waktu, banyak faktor yang mempengaruhi penutupan stasiun ini. Dan pada tanggal 8 April 1976 stasiun ini diresmikan menjadi Museum kereta api.

Di Museum ini terdapat banyak sekali koleksi barang – barang antik era lokomotif uap. Juga di museum ini menyediakan wisata angkutan kereta api uap. Dengan rute Ambarawa–Tuntang–Ambarawa dan Ambarawa–Bedono–Ambarawa.

Dengan membayar Rp 50,000,-/Orang, anda bisa menikmati perjalanan menggunakan kereta api uap yang digunakan pada masa penjajahan belanda. Juga bisa sambil menikmati indahnya Rawa Pening dari dalam gerbong kereta.

2. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park wisata menarik
https://www.instagram.com/wisatasemarang/

Saloka Theme Park adalah taman bermain yang mempunyai beragam wahana, sehingga diklaim sebagai taman terbesar di Jawa Tengah.

Berlokasi di antara Semarang dan Salatiga, tempat wisata ini tentunya cukup dekat dengan Rawa Pening.

Banyak sekali pilihan yang bisa dicoba, jika sobat ingin berkunjung ke tempat ini seperti, Galileo, Pakubumi, Bianglala, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Embung Kledung, Danau yang Indah dan Memikat

Itulah 6 Daya Tarik Wisata Rawa Pening yang wajib kalian kunjungi jika datang ke Kota Semarang. Danau yang mempunyai banyak objek wisata dan terdapat legenda di dalamnya!

Rawa Pening adalah danau yang mempunyai banyak keindahan alam yang begitu menakjubkan. Dimana di tahun 2022 ini sudah jarang sekali pedesaan dengan suasananya yang masih asri dan alami. Jadi danau ini adalah pilihan tempat wisata yang tepat dikunjungi bersama pasangan dan keluarga.

So? Apakah sobat sudah tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan ya!

By Admin