7 Penyebab di Tenggorokan seperti Ada yang Mengganjal

Hati-hati jika menyebabkan kesulitan menelan

7 Penyebab di Tenggorokan seperti Ada yang Mengganjal

BERITAMILENIAL-Kamu mungkin pernah merasakan sensasi seperti ada yang mengganjal atau tersangkut di tenggorokan. Ini sebenarnya adalah pengalaman yang cukup umum dan biasanya tidak disebabkan oleh makanan atau benda asing yang tersangkut di esofagus.
Sensasi ini dapat berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa hari. Ini bisa menimbulkan rasa sakit, tetapi lebih sering digambarkan sebagai gangguan yang tidak nyaman. Penting untuk mengetahui apakah sebenarnya ada sesuatu yang tersangkut di atau hanya perasaan kamu.
Berikut ini kemungkinan penyebab di tenggorokan seperti ada yang mengganjal.

1. Globus faringeus

What is Globus pharyngeus? - Dr. Meenesh Juvekar - ENT Specialist

Globus ialah perasaan seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan atau dada, tetapi sebenarnya tidak ada apa-apa. Ini bisa berlangsung cukup lama dan dapat menyebabkan kecemasan akan adanya sesuatu yang tidak beres .
Ini bisa terasa mengganggu dan tidak nyaman. Kamu mungkin akan jadi sering berdeham atau batuk dengan maksud mencoba meringankan ketidaknyamanan. Namun, ini justru dapat menyebabkan iritasi.
Jika kamu mencari pertolongan medis untuk masalah ini, dokter mungkin akan memeriksa dengan prosedur endoskopi. Menurut studi, ini bisa membantu memastikan tidak ada apa-apa di sana, karena sepotong makanan kecil pun bisa menimbulkan perasaan bahwa ada sesuatu yang lebih besar tersangkut.

2. Ketegangan otot

7 Penyebab di Tenggorokan seperti Ada yang Mengganjal

Saat kamu tidak sedang berbicara atau menelan, otot tenggorokan biasanya menjadi rileks. Namun, jika otot tenggorokan tidak rileks dengan benar, kamu mungkin akan merasakan ketegangan lebih dari biasanya. Ini terkadang terasa seperti ada sesuatu di tenggorokan.

3. GERD

Penyakit Asam Lambung - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

Tanda gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah heartburn. Namun, GERD juga dapat menyebabkan tanda-tanda lain. Bahkan, kamu bisa mengalami GERD tanpa heartburn.
GERD juga bisa menyebabkan masalah pada tenggorokan. Ini bisa membuatmu merasa seperti ada yang mengganjal di tenggorokan atau merasakan dorongan untuk berdehem. Hal ini dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit atau kesulitan menelan.

4. Stres

7 Penyebab di Tenggorokan seperti Ada yang Mengganjal

Emosi intens, seperti stres, kesedihan, kecemasan, dan perasaan bersemangat dapat memicu sensasi globus. Ini juga dapat memperburuk perasaan. Kelelahan ekstrem juga bisa menyebabkan perasaan ini.
Globus akibat stres bisa diredakan jika kamu mencoba untuk bersantai. Latihan pernapasan dan relaksasi terkadang bisa membantu. Jika kamu merasa memerlukan bantuan lebih lanjut dalam mengelola stres, dokter atau psikolog dapat memberimu saran.

5. Postnasal drip

Runny Nose / Post-Nasal Drip - Boynton Beach, FL

Lendir berlebih dari hidung dan sinus bisa menumpuk di bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini dikenal sebagai postnasal drip.
Saat meluncur ke tenggorokan, hal itu dapat menimbulkan rasa seperti ada benjolan yang menyebabkan peningkatan sensitivitas.

6. Quinsy

7 Penyebab di Tenggorokan seperti Ada yang Mengganjal

Quinsy atau abses peritonsil adalah kondisi saat kumpulan nanah terbentuk di antara salah satu amandel dan dinding tenggorokan. Menurut NI Direct, quinsy terjadi ketika infeksi bakteri menyebar dari amandel yang terinfeksi ke area sekitarnya.
Quinsy dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling sering menyerang remaja dan dewasa muda. Ada kemungkinan seseorang mengalami quinsy lebih dari satu kali.

7. Makanan tersangkut

7 Cara Mengatasi Makanan Yang Tersangkut Ditenggorokan, Begini Caranya - Semua Halaman - bangka.sonora.id

Bisa jadi, sensasi tersebut memang benar-benar disebabkan ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan. Dalam kasus ini, dokter akan membantu mengeluarkannya dengan bantuan endoskopi.
Langkah pertama untuk menentukan apakah ada sesuatu yang tersangkut dan di mana lokasinya adalah dengan rontgen.
Jika benda atau makanan tersangkut sulit untuk divisualisasikan dengan sinar-X biasa, dokter mungkin melakukan pemindaian CT, ini dapat membantu mengetahui apakah ada masalah, seperti perforasi di esofagus, yang mungkin perlu ditangani.

Sensasi adanya sesuatu yang tersangkut  bisa terus-menerus atau datang dan pergi. Sering kali, perasaan ini bisa diatasi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Namun, jika terus berlanjut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengidentifikasi penyebabnya.

By Admin