7 Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% dan Tahan Lama

Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% Kondisi baterai berpengaruh pada performa iPhone. Apabila kondisinya tidak 100% lagi, iPhone membutuhkan waktu pengisian daya yang lebih lama atau sampai berkali-kali.

Berdasarkan pengalaman pengguna, iPhone kondisi baterai 79% membutuhkan 4-5 kali pengisian daya. Kondisi baterai ini dapat dicek langsung melalui fitur Battery Health.

Supaya performa iPhone tetap gesit dan tahan lama, tips dan cara agar Battery Health tetap 100% ini bisa kamu terapkan. Simak tutorialnya, ya.
7 Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% dan Tahan Lama

Cara mengecek Battery Health iPhone

Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Battery Health iPhone diluncurkan Apple pada iOS 11.3 tahun 2018 lalu. Selain pada iPhone, fitur ini juga terdapat pada perangkat Apple lain, seperti iPad dan Apple Watch.

Dengan fitur Battery Health, pengguna dapat mengetahui dan mengecek kondisi baterai iPhone secara berkala. Kondisinya ditampilkan dalam bentuk persen. Makin tinggi angka persen, maka kondisi baterai makin mumpuni.

Berikut cara mengetahui Battery Health iPhone:

  1. Nyalakan perangkat
  2. Klik ‘Settings’
  3. Pilih ‘Battery’ > klik ‘Maximum Capacity’.

Kamu akan mendapatkan informasi berapa daya yang bisa ditampung iPhone. Faktanya, performa semua baterai iPhone akan menurun, terutama bila masa pemakaian sudah lama. Namun, ada tips dan cara agar Battery Health tetap 100% untuk mencegah penurunan performa secara drastis.

Perlu kamu ingat, cara-cara di bawah ini tidak menjamin efektivitas tinggi. Pasalnya, kesehatan baterai iPhone dipengaruhi banyak faktor. Namun, setidaknya cara ini dapat meningkatkan peluang baterai iPhone tidak cepat turun, Guys.

1. Selalu gunakan charger original iPhone

Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% (pengisi daya) bawaan iPhone telah mendapatkan sertifikasi Apple. Artinya, charger tersebut telah disesuaikan kompatibilitasnya dengan baterai iPhone. Untuk itu, penting sekali menggunakan charger bawaan ponsel yang original.

Selain itu, tips dan cara agar Battery Health tetap 100% adalah dengan menggunakan aksesori ponsel bersertifikasi Apple. Aksesori tersebut telah diatur supaya tidak mencederai kesehatan iPhone.

Contohnya, kabel Lightning untuk mengisi daya iPhone didesain khusus supaya melindungi perangkat dari lonjakan daya dan korsleting. Sehingga, komponen internal iPhone seperti baterai tetap terjaga.

2. Update sistem operasi secara rutin
7 Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% dan Tahan Lama

Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% Siapa nih yang masih malas memperbarui sistem operasi (iOS) iPhone? Padahal, pembaruan ini dapat meningkatkan fitur-fitur yang ada di ponsel, lho. Bahkan, bisa jadi ada fitur yang dapat menjaga kesehatan baterai.

Misalnya, pada sistem operasi versi iOS 13, Apple telah menyediakan fitur penghentian isi daya baterai secara otomatis. Fitur ini akan aktif jika baterai sudah 80% saat sedang digunakan intens.

Dilansir Apple, pengguna diminta untuk selalu menggunakan sistem operasi terbaru iPhone. Selain menjaga baterai, perangkat juga memiliki performa yang lebih bisa diandalkan.

3. Hindari mengisi daya lebih dari 80%
7 Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% dan Tahan Lama

Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% Tips dan cara agar Battery Health tetap 100% berikutnya, menekankan pada waktu ideal mengisi baterai. Ketika mengisi baterai sembari menggunakan iPhone secara intens, hentikan pengisian daya setelah mencapai 80%. Penggunaan intens tersebut seperti bermain game atau merekam momen.

Cara pengisian daya seperti itu dapat membuat suhu iPhone naik dan panas. Jika suhu panasnya ekstrem, maka kesehatan baterai akan menurun drastis. Kemampuan iPhone menampung daya pun gak maksimal.

4. Lepaskan casing iPhone saat mengisi daya

Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% Biasanya, pengguna iPhone memakai casing untuk berbagai alasan. Gak ada yang salah dengan penggunaan casing sebenarnya, tapi sebaiknya lepas casing saat iPhone di-charge, ya.

Tips dan cara agar Battery Health tetap 100% ini dapat mereduksi suhu panas ketika pengisian daya. iPhone yang tertutup oleh casing bisa mengalami penumpukan suhu panas. Ini tentu berdampak buruk pada kesehatan baterai.

5. Isi daya baterai iPhone di suhu ruangan sejuk

Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% Ketika mengisi daya baterai, baik iPhone ataupun Android, peningkatan suhu adalah hal wajar. Meski begitu, jangan biarkan suhu iPhone terus meningkat sampai panas sekali. Ini dapat merusak item internal ponsel.

Tak hanya itu, kapasitas dan kesehatan baterai pun akan terancam. Untuk itu, terapkan tips dan cara agar Battery Health tetap 100% dengan menempatkan ponsel pada ruangan sejuk. Suhu ruangan sebaiknya berkisar 16 sampai 22 derajat Celcius.

6. Hindari pengisian daya penuh bila akan menyimpan iPhone
7 Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% dan Tahan Lama

Tips dan Cara agar Battery Health iPhone Tetap 100% Ingin menyimpan iPhone dalam waktu lama? Isi daya iPhone gak perlu sampai 100%, cukup 50% saja. Kemudian, letakkan iPhone di suhu sejuk yang tidak lebih dari 32 derajat Celcius.

Penyimpanan iPhone yang lama dapat mengurangi kapasitas maksimal baterai, bahkan sampai sebagian. Jadi, kurang tepat bila iPhone diisi penuh padahal kapasitasnya akan berkurang.

7. Aktifkan Mode Daya Rendah (Low Power Mode)

Tips dan cara agar Battery Health tetap 100% ini sangat mudah karena hanya mengaktifkan Low Power Mode. Dengan fitur ini, kamu dapat memperpanjang masa pakai baterai iPhone saat mulai melemah.

Secara otomatis, iPhone akan memberitahu level baterai ponselmu. Jika baterai tinggal 20% atau 10%, aktifkan mode tersebut.

Akibat penerapan mode itu, kecerahan iPhone akan berkurang, kinerja perangkat dioptimalkan, dan animasi sistem akan diminimalisir. Kemudian, ketika iPhone terisi kembali, Low Power Mode akan mati secara otomatis.

Itulah 7 tips dan cara agar Battery Health tetap 100%. Kamu bisa menerapkannya mulai sekarang supaya kesehatan baterai selalu terjaga, ya.

Selamat mencoba!

By Admin