11 Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna

BERITA MILLENIAL Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Karena kesibukan di dunia kerja atau akademik yang begitu menyita, kita sering lupa untuk apa kita hidup di dunia ini. Pikiran kita dipenuhi rutinitas yang seolah tiada akhir. Hari-hari pun berlalu, dan pada suatu titik kita merasakan suatu kehampaan yang demikian akut. Di saat seperti ini, Anda mungkin merenungkan arti hidup yang telah dijalani. Bisa jadi juga Anda memprotes diri sendiri karena menjalani hidup yang sama sekali tak bermakna. Apa yang perlu Anda lakukan untuk keluar dari kondisi tersebut? Jika Anda masih bingung, jangan khawatir. Berikut ini 11 cara menikmati hidup agar hidup Anda bisa lebih bermakna.
11 Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna

1. Tentukan Tujuan Hidup Anda

Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Cara kita menikmati hidup sangat tergantung pada cara kita mengartikan kehidupan ini. Ada yang memandang hidup sebagai sebuah berkah, ujian, hingga petualangan. Silahkan artikan kehidupan ini menurut versi Anda pribadi atau menurut agama yang Anda yakini. Setelah itu tentukanlah apa yang ingin Anda lakukan selagi masih hidup. Dengan adanya pemaknaan pribadi dan sebuah tujuan, Anda tidak akan tersesat di antara berbagai liku perjalanan di dunia. Anda tahu apa tujuan Anda dan akan memperjuangkannya. Anda bukan sekadar robot yang cuma makan, tidur, dan kerja saja.

2. Syukuri Hal-hal Kecil

Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Hal-hal kecil datang silih berganti. Dan dari hal-hal kecil itulah kehidupan kita terangkai dari awal sampai akhir. Sayangnya, hal-hal kecil seperti ini sering dilupakan. Sebagian besar dari kita sibuk mengejar dan memimpikan hal-hal yang besar. Padahal, hidup begitu singkat dan tak semua di antara kita bisa mengalami hal-hal besar dalam hidupnya. Karenanya, cobalah untuk menghargai setiap apa yang terjadi pada diri Anda. Sekadar duduk di hari Sabtu yang cerah pun merupakan sebuah kenikmatan tersendiri lho. Apalagi bila Anda bisa melihat senyum orang-orang yang Anda cintai.

3. Hindari Orang yang Toksik

Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Salah satu cara menikmati hidup penuh makna yang sering dilupakan orang adalah menghindari orang-orang toksik. Ya, hindarilah mereka yang akan membuat Anda tersiksa lahir dan batin. Sebab, apabila Anda membiarkan diri bersama dengan mereka, Anda akan menanggung beban emosi yang berat. Anda akan terus-menerus merasa rendah diri dan kurang bahagia. Orang-orang yang toksik, entah itu narsistik, posesif, hingga egois tak akan memberikan manfaat kecuali hanya membuat Anda bersedih. Jadi, carilah sahabat lain yang tulus dan bisa menjalin relasi yang sehat. Setiap menit dalam hidup ini akan terasa lebih berarti dengan kehadiran sosok sahabat yang baik.

4. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang lain
11 Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna

Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Semua orang punya jalannya masing-masing. Ada yang di usia belasan tahun sudah sukses. Namun, ada juga yang masih jatuh bangun hingga menjelang setengah abad usianya. Tahukah Anda kisah pendiri KFC dari Amerika? Ia baru sukses di penghujung usia senjanya, lho. Jadi jangan cepat menghakimi diri sendiri yang saat ini belum dianggap berhasil. Apalagi sampai membanding-bandingkan dengan orang lain. Lebih baik, jalani hidup dengan fokus pada pengembangan diri. Teruslah mengasah keterampilan dan menambah wawasan. Dengan cara ini, Anda akan dapat menikmati kehidupan yang sehat namun tetap berorientasi ke depan.

5. Selalu Jadi Orang yang Bermanfaat

Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Jadilah orang yang bermanfaat. Kebahagiaan akan mendatangi mereka yang berbagi kepada sesama. Selain itu, Anda akan mendapati bahwa ternyata hidup ini memiliki makna yang lebih luas. Sebab ketika Anda membantu orang lain, Anda akan mendapatkan perspektif baru. Anda akan mendengar cerita dan pandangan yang selama ini mungkin tidak Anda ketahui. Dalam beberapa hal, Anda akan bersyukur atas hidup yang Anda jalani. Sebab ternyata masih banyak orang yang tidak seberuntung Anda. Dengan demikian, Anda akan tumbuh menjadi orang yang lebih bijak dan mudah mensyukuri nikmat yang sudah Tuhan berikan.

6. Jangan Cuma Memikirkan Materi
Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Hidup bukan cuma soal materi. Ada berbagai hal yang bisa kita cari dalam hidup ini, baik itu kasih sayang, spiritual, hingga pengetahuan. Jadi, ketika mengukur kesuksesan dalam hidup pun, jangan cuma memandang perkara materi saja. Untuk mengaplikasikan cara menikmati hidup agar lebih bermakna ini, coba ikuti komunitas yang mendukung. Misalnya saja bergabung dengan kelompok penyayang binatang, kajian keagamaan, hingga organisasi sosial.

7. Sempatkan Waktu dengan Orang-orang Terkasih
Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Disebabkan oleh kesibukan sendiri-sendiri, kita sering melupakan orang-orang terkasih. Kita mengabaikan orangtua, saudara kandung, hingga sahabat lama. Orang-orang itu kita abaikan sebab kita merasa perlu melakukan hal yang lebih penting. Sekali dua kali memang tak mengapa. Namun, jangan sampai silaturahmi putus begitu saja. Pada momen-momen tertentu, habiskanlah waktu untuk mereka. Anda bisa mengajak orang tua makan bersama seminggu sekali, hangout dengan teman lama, dan shopping bersama saudara di akhir pekan. Meski sederhana, namun aktivitas ini akan membuat Anda bisa menikmati setiap detik kehidupan ini.

8. Lakukan Hobi Anda
Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Hampir semua orang punya hobi. Dan, menekuni hobi bukanlah hal yang salah. YOLO kata orang-orang Amerika Serikat. Artinya, You Only Live Once (Anda hanya hidup satu kali). Selama hobi tersebut tidak merugikan orang lain, lakukan saja sesuka Anda. Hal ini penting diingat sebab kebanyakan orang akan mengabaikan hobinya seiring berjalannya waktu. Akibatnya, hidup terasa bagai rutinitas yang tak menyenangkan. Hidup menjadi sangat membosankan ketika kita tak punya sesuatu yang menarik dilakukan. Jadi, jangan pernah melupakan hobi Anda. Sebab mungkin dengan melakukan hobi itulah, Anda bisa berbahagia dalam hidup ini.

9. Nikmati Setiap Proses Menggapai Impian
Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Kenikmatan menjalani kehidupan bukan hanya diperoleh saat Anda sudah meraih apa yang dicita-citakan. cara lain menikmati hidup yang bermakna justru terletak ketika kita sedang berusaha menggapai impian masing-masing. Ya, hargailah proses itu. Anda tidak boleh terlalu tegang ketika sedang mengejar apa yang Anda harapkan. Sebab bila Anda gugup dan tegang, kenikmatan selama berjuang itu tak akan pernah Anda rasakan. Hidup pun menjadi sesuatu yang menyeramkan bila demikian. Tatkala gagal, Anda hanya akan bersedih sebab ketegangan dan keprihatinan Anda sama sekali tidak terbayarkan. Bandingkan bila Anda enjoy dengan proses menggapai impian itu. Berhasil ataupun tidak, Anda bisa lebih bahagia.

10. Jadilah Lebih Berani
11 Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna

Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Banyak sekali orang yang menyesal di kemudian hari karena mereka tidak berani memutuskan. Mereka takut keluar dari zona nyaman sehingga akhirnya hanya memendam kekecewaan mendalam. Oleh sebab itu, jadilah sosok yang lebih berani mengambil keputusan. Selama keputusan itu bukan keputusan yang merugikan, Anda tak perlu ragu. Optimalkan semua peluang yang hadir di depan Anda.

11. Lupakan Masa Lalu
Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Tak semua orang mendapatkan apa yang diimpikannya. Tak semua orang bisa meniti karir pada bidang yang disukainya. Ada yang dipaksa orangtuanya, terpaksa oleh keadaan, hingga merasa salah di tengah jalan. Ketika usia sudah semakin bertambah, kita jelas tak bisa mengubah hal-hal seperti itu dengan mudah. Bayangkan, bila Anda adalah seorang ayah yang merasa tidak suka atas profesinya. Bilapun Anda ingin resign, Anda punya tanggungan berupa anak dan istri. Dalam situasi tersebut, lebih baik belajar ikhlas dan memaafkan. Terkait dengan pekerjaan Anda, pandanglah ia sebagai kewajiban untuk menafkahi keluarga. Jadi, biarpun Anda tak menyukainya, setidaknya ia memiliki arti khusus yang tidak sepele.

Penutup
Cara Menikmati Hidup agar Lebih Bermakna Menikmati hidup yang bermakna merupakan sebuah frasa yang mudah diucapkan namun sering diabaikan. Kebanyakan dari kita lupa untuk apa kita hidup karena lebih memedulikan hal-hal artifisial dan rutinitas harian. Padahal, kehidupan ini demikian singkat. Kita akan sangat menyesal di penghujung usia apabila kita menyia-nyiakan waktu yang ada. Karenanya, cobalah untuk hidup dengan lebih baik. Ikuti 10 cara menikmati hidup di atas supaya tidak menjalani kehidupan yang seperti robot.

By Admin