11 Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Menjadi seorang manajer di perusahaan saat ini mungkin menjadi salah satu impianmu. Namun, sudah tahukah kamu cara menjadi manajer yang baik? Posisi manajer yang krusial tentu tidak bisa diisi oleh sembarangan orang. Diperlukan kompetensi khusus untuk mengisi posisi ini. Nah, supaya kamu bisa menjadi manajer yang baik, berikut Glints berikan beberapa tipsnya untukmu. Yuk, simak!
11 Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja

Cara Menjadi Manajer yang Baik

1. Kembangkan skill komunikasi

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Memiliki skill komunikasi yang baik adalah sebuah keharusan bagi seluruh pekerja. Meski begitu, skill ini semakin penting untuk dimiliki apabila kamu memegang posisi manajer. Dengan skill komunikasi yang baik, sebagai manajer kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut.

  • membangun komunikasi terbuka dengan tim
  • mengetahui kebutuhan setiap anggota
  • bekerja sama untuk mencapai goals
  • mengurangi kesalahpahaman
  • mengetahui harapan yang dimiliki setiap orang kepadamu
  • anggota tim tahu apa yang kamu harapkan ke mereka

Di sisi lain, kamu pun harus turut membantu timmu untuk bisa mengembangkan skill komunikasi mereka.

2. Selalu dukung kolaborasi

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Cara lain untuk menjadi seorang manajer yang baik di tempat kerja adalah dengan mendukung terjadinya kolaborasi dalam tim untuk mencapai tujuan bersama. Melansir Business News Daily, dengan kolaborasi kamu bisa membuat lingkungan kerja yang lebih baik dan menyenangkan untuk anggota timmu. Sehingga, hal tersebut bisa meningkatkan efisiensi dan kualitas dari pekerjaannya. Untuk melakukannya, pastikan setiap anggota tim tahu tanggung jawabnya, dengan siapa dia bekerja, dan apa dampak yang bisa dibuatnya bagi tim dan perusahaan.

3. Berikan kejelasan
11 Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Memberikan kejelasan, terlebih seputar ekspektasi untuk setiap orang tentang pekerjaannya adalah salah satu cara untuk menjadi manajer yang baik.

Apabila setiap orang tahu apa yang harus dilakukan dan juga ekspektasi perusahaan terhadapnya, hal ini memungkinkan dia untuk bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama.

Sebagai seorang manajer, kamu bisa melakukannya dengan membuat workflow atau flowchart yang memberikan outline seputar goals departemen dan menjelaskan tugas setiap individu atau tim.

4. Beri dan terima feedback secara konsisten

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Salah satu cara untuk bisa menjadi seorang manajer yang baik adalah dengan menerima feedback dari anggota timmu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kekuatan dan hal yang bisa ditingkatkan darimu dalam hal manajerial. Sementara itu, feedback ke anggota tim juga membuatmu menjadi seorang manajer yang baik, karena memberikan kesempatan untuk anggota tim berkembang. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan sesi one-on-onemeeting bersama tim, brainstorming, atau survei.

5. Lakukan active listening

Salah satu cara untuk menjadi manajer adalah dengan mendengarkan dan merespons apa yang disampaikan anggota tim. Sehingga, kemampuan active listening sangatlah dibutuhkan oleh seorang manajer. Dengan mendengarkan anggota tim, kamu membuat setiap orang merasa dihargai pendapatnya yang membuat lingkungan kerja semakin nyaman. Kamu bisa memberikan sesi one-on-one hingga melakukan meeting mingguan atau bulanan untuk memberi kesempatan bagi semua anggota tim agar berbagi pendapat.

6. Mengakui orang lain

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Bagian dari tanggung jawab seorang manajer adalah mengetahui peran setiap anggota timnya, tahu skills yang dimiliki, dan tahu seberapa baik mereka melakukan pekerjaannya. Sehingga, seorang manajer yang baik tahu ketika anggota timnya telah memberikan hasil di luar ekspektasi dan mengakui pencapaiannya secara langsung. Dengan melakukan hal tersebut, anggota tim akan merasa didukung di tempat kerja, yang membuatnya ingin terus berkembang dan bertahan di perusahaan dalam jangka waktu lebih lama. Cobalah untuk membangun hubungan yang kuat dengan timmu dan pahami tujuan karier personalnya serta melihat bagaimana progress mereka untuk mencapainya.

7. Memberikan contoh yang baik

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Salah satu cara untuk menjadi manajer yang baik adalah dengan memberi contoh positif bagi anggota timnya. Karena itu, tunjukkan etos kerja yang baik, berkomunikasi secara rutin, memberi feedback, bekerja sama, memberi apresiasi, dan siap memberikan bantuan jika dibutuhkan. Perhatikan juga bagaimana kamu menunjukkan dirimu ke anggota tim dan gaya interaksinya Hal ini karena seorang manajer harus suportif, penuh perhatian terhadap kekhawatiran anggota timnya, dan dapat dipercaya supaya bisa dicap sebagai manajer yang baik.

8. Memberikan goals yang dapat dicapai

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Sebagai seorang manajer, tentu kamu akan diberikan tanggung jawab untuk membuat goals bagi anggota timmu. Maka, salah satu cara untuk menjadi manajer yang baik adalah membuat goals yang bisa dicapai dan sejalan dengan tujuan, visi, dan misi perusahaan. Ketika membuat goals, berikan ukuran yang spesifik sehingga timmu tahu apa yang harus mereka kerjakan dan capai. Selain itu, pastikan untuk melakukan komunikasi terbuka seputar progress timmu terhadap goals dan berikan bantuan jika terdapat halangan untuk mencapainya.

9. Memberikan pelatihan

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Seorang manajer yang memberikan pelatihan bagi anggota timnya menandakan ia adalah manajer yang baik. Hal ini karena dia sadar terhadap performa anggotanya ketika mengerjakan pekerjaan, dan mencoba untuk meningkatkannya. Seorang manajer sendiri bisa mendapatkan kesadaran ini dengan menganalisis seluruh aspek dalam workflow, lalu mencoba untuk membuatnya semakin efektif dan efisien. Sehingga, pastikan kamu membuat lingkungan pelatihan serta materi yang tepat untuk anggota timmu.

10. Mengembangkan leadership skills
11 Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Memiliki kemampuan leadership yang baik adalah salah satu cara untuk menjadi seorang manajer andal. Maka, pastikan kamu selalu mengembangkannya. nFokuslah ke soft skills yang dapat membantumu menjadi seorang leader yang baik. Merangkum Indeed, berikut adalah beberapa leadership skills yang perlu kamu kembangkan untuk menjadi manajer yang baik.

  • kemampuan mengajarkan dan mentorship
  • ketegasan
  • keteguhan
  • integritas
  • problem-solving
  • relationship building

11. Memahami peran sendiri

Cara Menjadi Manajer yang Baik di Tempat Kerja Untuk menjadi seorang manajer yang baik, cara lainnya adalah dengan memahami peranmu sendiri. Selalu lakukan evaluasi diri seputar kekuatan dan hal apa saja yang harus ditingkatkan darimu sebagai seorang manajer. Kamu pun bisa bertanya ke supervisor-mu ketika melakukannya untuk mendapatkan arahan dan bantuan ketika mengevaluasi diri. Tidak hanya itu, pastikan kamu pun terus belajar dan mengasah skill-mu terutama dalam hal manajemen waktu, planning and organizing, manajemen karyawan, dan leadership.

Nah, itu adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang manajer yang baik.

Selain soft skills yang sudah Glints sebutkan di atas, masih ada skill wajib lainnya yang bisa membantumu menjadi seorang manajer yang baik.

By Admin