Bawang Merah

Jarang-jarang Ditemui, Ini 11 Kegunaan Bawang Merah untuk Kesehatan Badan

“Bawang merah memiliki kegunaan dimulai dari kecantikan serta kesehatan. Bawang Merah Buat kecantikan,  dapat buat melenyapkan jerawat dan bikin cerah kulit paras.” dikenali sebagai bumbu masak penguat rasa. Tetapi, dibalik fungsinya buat masakan, umbi-umbian ini juga dapat berfaedah untuk menjaga kesehatan badan. Kandungan anthocyanin di bumbu dapur ini dapat bekerja buat perlindungan badan dari penyakit jantung, beberapa model kanker, serta diabetes. Selainnya anthocyanin, sayur ini punya kandungan beragam vitamin, mineral, dan senyawa yang udah dapat dibuktikan tingkatkan kesehatan pada banyak hal.

Kandungan Gizi Bawang Merah

Bawang merah mempunyai kandungan beragam gizi penting untuk badan. Dalam ukuran 110 gr bawang merah, mempunyai:

Kalori: 44.

Lemak: 0,1 gr.

Natrium: 4,4 mg.

Karbohidrat: 10,3 gr.

Serat: 1,9 gr.

Gula: 4,7 gr.

Protein: 1,2 gr.

Kalium: 161 mg.

Vitamin C: 8.1 mg.

Folat: 20,9 mcg.

Mangan: 0,1 mg.

Vitamin B6: 0,1 mg.

Apa Saja Fungsi Bawang Merah buat Badan?

Bawang mempunyai kandungan banyak fitokimia yang menolong mencegah penyakit dan menambah kesehatan. Di bawah ini fungsinya selanjutnya:

1. Menantang penyakit jantung

Bawang merah punya kandungan senyawa kuat namanya alil sulfida yang menolong menghalang penyakit jantung. Vitamin C yang ada didalamnya pun berperan selaku anti-oksidan yang berfaedah untuk kesehatan jantung. Dan flavonoid quercetin di bumbu masak ini, menolong turunkan tekanan darah dan pembengkakan.

2. Menghambat kanker

Alil sulfida dalam bawang ini memberi pelindungan pada kanker. Bumbu masak ini bertanggungjawab buat mengontrol sejumlah lajur yang berkaitan dengan perubahan kanker. Ini terhitung hentikan perputaran sel, menghalang migrasi sel kanker, serta menginduksi apoptosis. Walau demikian, masih perlu study selanjutnya untuk menunjukkan faedahnya kepada penyakit kanker.

Bukan cuma, bawang putih punya fungsi untuk kesehatan. Yok, baca pembicaraannya di artikel Tulis, Ini 10 Fungsi Bawang Putih Mentah untuk Badan.

3. Kurangi efek kegemukan

adalah sumber serat terlarut. Ini membuat jadi makanan prebiotik yang kuat. Maknanya, sayur berikut nama latin Allium cepa L ini bisa bersihkan usus, maka dari itu kira-kira menolong turunkan berat tubuh serta hilangkan lemak perut.

4. Memberi dukungan kesuburan pria

Konsentrat kulit bisa mempertingkat kesibukan aliran epididimis. Selanjutnya bertindak penting pada guna sperma.

5. Menambah memory

Bawang merah memiliki kandungan inulin. Ini adalah serat prebiotik terlarut yang memberinya makan bakteri sehat di usus. Inulin bisa memberinya kegunaan pada situasi hati serta performa otak.

6. Mempertahankan kesehatan mulut

Bawang merah mempunyai kandungan senyawa belerang yang miliki karakter antibakteri. Ini bermakna makanan ini bisa menolong menantang bakteri yang menimbulkan berbau mulut, kerusakan gigi, gigi berlubang, dan penyakit gusi. Terkecuali itu, dia bisa menolong kurangi kemungkinan terserang kanker mulut.

7. Menyuburkan rambut

Satu diantara kegunaan yang lain merupakan kebolehannya untuk menambah perkembangan rambut. Fokus belerang yang lebih tinggi, menaikkan aliran darah ke kulit kepala, serta menggerakkan perkembangan folikel rambut. Pada akhirannya ini menghindari kerontokan rambut serta situasi kulit kepala seperti ketombe. Untuk mendapati kegunaan ini dapat dengan masukkan  di makanan, atau membikin juice dan memoleskannya ke kulit kepala. Mau tahu seterusnya kayak apakah fungsi bawang merah untuk rambut? Kamu dapat membaca artikel berikut: 6 Fungsi Bawang Merah untuk Kesehatan Rambut.

8. Membenahi warna kulit

Bawang merah bisa menolong kencangkan kulit serta membetulkan warna kulit. Anti-oksidan didalamnya bisa menentang radikal bebas. Radikal bebas dapat menghancurkan beberapa sel kulit, yang mengakibatkan penuaan awal. Terkecuali itu, kandungan sulfurnya pun bisa menolong kurangi jerawat dengan kurangi infeksi dan mematikan bakteri. Buat memperoleh fungsi buat kulit, cukup potong sejumlah belah dan poleskan secara langsung di wajah. Nantikan 10-15 menit sebelumnya dibasuh air hangat.

9. Menghalang osteoporosis

Menambah bahan makanan ini ke skema makan bisa menolong menghambat osteoporosis. Senyawa quercetin menolong mengontrol tulang masih kuat serta sehat. mempunyai kandungan selenium yang bisa dibuktikan punyai resiko antiradang di sendi dan jaringan.

10. Hilangkan alergi angin-anginan

Disamping fungsi yang udah disebut barusan, quercetin bisa menolong memusuhi alergi angin-anginan. Soal ini dibantu oleh hasil pengamatan bertajuk Antiallergic activities of shallot (Allium ascalonicum L.) and its therapeutic efeks in allergic rhinitis, yang dipublikasi di Asian Pacific Journal of Allergy and Immunology. Menurut study di atas, quercetin pada bawang merah bekerja membatasi produksi histamin, senyawa infeksi. Tidak stop disana, senyawa ini pula bisa menolong kurangi tanda-tanda alergi, seperti bersin, mata berair, dan pilek.

11. Obat masuk angin

Bawang merah telah lama dipakai menjadi penyembuhan tradisionil buat menyelesaikan masuk angin. Langkah pemanfaatannya yaitu irislah atau penyet bawang merah, lalu di gabung minyak kayu putih. Lantas, paduan itu disapukan ke tubuh yang masuk angin.

 

BACA JUGA :  8 Fungsi Labu Kuning, Bagus buat Pandangan sampai Pencernaan

By Admin