Labu

8 Fungsi Labu Kuning, Bagus buat Pandangan sampai Pencernaan

Di Indonesia, labu kuning kerapkali dibuat jadi kolak sepanjang bulan puasa. Sementara di luar negeri, labu kuning kerap dibuat dan jadikan hiasan mengerikan saat perayaan Halloween datang. Sementara biji kuning biasa dipanggang buat menambahkan topping makanan. Rupanya, buah bundar memiliki warna oranye ini bukanlah cuman simpel diproses, tapi juga punyai banyak kegunaan buat kesehatan badan, lho! Ingin tahu apa fungsi dan kandungan nutrisi kuning buat kesehatan? Baca terus untuk cari kabar infonya seterusnya.

Nilai nutrisi labu kuning

 kaya nilai nutrisi, mulai dengan karbohidrat, protein, sedikit lemak, beberapa macam vitamin, sampai serta mineral.
Berikut nilai gizi yang ada di 100 g (g) labu kuning:

Air: 93,69 g

Energi: 20 kalori (Kal)

Protein: 0,72 g

Lemak: 0,07 g

Karbohidrat: 4,9 g

Serat: 1,1 g

Kalsium: 15 miligram (mg)

Zat besi: 0,57 mg

Magnesium: 9 mg

Fosfor: 30 mg

Kalium: 230 mg

Natrium: 1 mg

Seng: 0,23 mg

Vitamin C: 4,7 mg

Thiamin (vitamin B1): 0,031 mg

Riboflavin: 0,078 mg

Niacin: 0,413 mg

Folat: 9 mcg

Vitamin A: 1,7 mg

Bila  yang telah diolah saja bisa memberinya kegunaan demikian besar, pastilah fresh bakal berikan bertambah banyak fungsi kembali. kalengan pula masih tetap banyak gizinya, namun mesti diputuskan yang tidak mempunyai kandungan banyak gula, ya.

Faedah labu kuning buat kesehatan

Berikut di bawah ini beberapa fungsi  untuk kesehatan yang penting Anda pahami:

1. Membuat kenyang bertambah lama

Kalau Anda lagi coba turunkan berat tubuh,  dapat jadi alternatif yang benar buat jadi makanan diet. Selainnya rasanya yang sedap,  bisa memberikan faedah berwujud pengurangan bobot tubuh sebab rendah kalori dan karbohidrat. Tidak itu saja, makan  dapat membuat Anda merasakan kenyang bertambah lama. Soal ini disebabkan punyai kandungan serat yang lumayan tinggi hingga berperan buat perlambat proses pencernaan. Rasa kenyang makin lama bisa membikin terlepas dari beberapa snack yang menyebabkan peningkatan bobot badan.

2. Menajamkan pandangan

Kandungan betakaroten yang ada di bikin buah ini kaya kandungan pada vitamin A. Betakaroten, yang hendak diganti jadi vitamin A dalam tubuh, memiliki fungsi untuk menolong retina meresap serta mengerjakan sinar. Masalahnya pengurangan manfaat retina dapat mengakibatkan kebutaan bila tidak diatasi baik. Tidak hanya itu,  pun mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin, dua anti-oksidan yang dapat menolong menahan katarak dan perlambat perubahan kemerosotan makula.

3. Membuat cantik kulit

Fungsi  yang lain ialah menjaga kecantikan kulit.  kaya kandungan bermacam vitamin, mineral, serat serta anti-oksidan yang dibutuhkan badan biar masih sehat serta muda. Juga, lebih dari itu, buah yang ini pula bisa membuat kulit berasa kenyal serta halus. Kandungan betakaroten dalam mendatangkan anti-oksidan yang bagus buat menghambat radikal bebas serta menghalang radiasi dari cahaya UV. Itu penyebab, makan makanan yang kaya kandungan betakaroten, terhitung , punya potensi membikin Anda lebih tahan lama muda.

4. Tingkatkan metode ketahanan badan

Menariknya, makan dapat menjadi salah satunya langkah membenahi skema ketahanan tubuh untuk mencegah beberapa ragam penyakit. Kandungan pada vitamin A yang banyak dalam memberikan kegunaan supaya badan terlepas dari virus dan penyakit menebar. Juga, minyak bisa menolong menantang pelbagai infeksi bakteri dan jamur. Tak itu saja, karena  mempunyai kandungan nyaris 20% dari jumlahnya vitamin C harian yang diminta. Ini pasti menolong Anda sembuh dari pilek bisa lebih cepat. Itu penyebab, memakan sup  pada musim hujan yang dingin dapat Anda kerjakan untuk menahan terkena penyakit, seperti flu, pilek, dan batuk-batuk.

5. Menghalang kanker

Faedah sesudah itu dari buah warna kuning ini yaitu kurangi kemungkinan Anda terserang penyakit kanker. Kandungan betakaroten yang cukup tinggi pada labu disamping baik untuk mata dan kulit bisa pula menolong menahan kanker. Disamping itu, kandungan anti-oksidan dari vitamin A serta C dalam labu kuning bertindak selaku perlindungan beberapa sel badan Anda dalam menantang radikal bebas yang memicu kanker.

6. Memiara kesehatan jantung

Kandungan folat, karotenoid, dan magnesium dalam labu kuning membuat banyak manfaat untuk memperhatikan kesehatan jantung. Magnesium bekerja buat meregangkan pembuluh darah biar bisa turunkan tekanan darah serta menghindari berlangsungnya penyakit stroke ataupun penyakit serangan jantung. Disamping itu, labu kuning dapat menghindari berlangsungnya aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan keadaan di mana dinding pembuluh darah arteri mengeras gara-gara penumpukkan lemak di dinding dalamnya.

7. Turunkan tekanan darah

Labu kuning benar-benar kaya kandungan kalium. Nyatanya, makan makanan yang mempunyai kandungan kalium sama utamanya dengan kurangi konsumsi natrium buat turunkan tekanan darah. Konsumsi kalium ke badan pun kurangi ada kemungkinan Anda buat diserang stroke, pembuatan batu ginjal, dan membela kepadatan tulang. Kecuali labu, makanan lain yang terkandung kalium yang cukup tinggi yaitu nanas, tomat, jeruk, bayam, dan pisang.

8. Menjadi lancar pencernaan

Kerap alami soal pencernaan? Menurut situs UCSF Health, Anda direkomendasikan untuk konsumsi banyak serat biar pencernaan lebih lancar. Nach, faedah ini dapat Anda dapat dari labu kuning lantaran buah ini pula memiliki kandungan serat yang lebih tinggi untuk penuhi keperluan nutrisi Anda. Konsumsi labu kuning yang cukup akan menolong Anda terbebas dari konstipasi alias sembelit sekalian punyai agenda BAB yang makin lebih teratur. Itu beraneka manfaat kesehatan dari buah labu kuning. Anda dapat nikmati buah ini melalui cara dikonsumsi secara langsung, atau digabungkan makanan lain, seperti kue serta sup.

 

BACA JUGA YAH :  6 Kegunaan Madu buat Kesehatan

By Admin