Buah Naga

12 Kegunaan Buah Naga Merah buat Kesehatan

Dibalik rasanya yang manis dan nikmat, ada beberapa kegunaan buah naga merah buat kesehatan, terhitung menahan penyakit kanker. Lantaran kandungan anti-oksidan, serat, vitamin, serta mineral didalamnya, buah yang kulitnya seperti sisik ini pun miliki banyak fungsi lainnya.  banyak diminati lantaran punya rasa manis, kandungan air yang lebih tinggi, dan struktur yang halus. Ciri-ciri ini yang membuat  merah kerapkali dibuat jadi banyak makanan penutup, seperti smoothies, juice, atau es buah.

Selainnya memberikan hati lidah, terdapat banyak fungsi  buat kesehatan. Buah ini bagus untuk menangani sembelit, bahkan juga ditemui dapat menghindari penyakit jantung serta kanker.

Kandungan Gizi Buah Naga Merah

Dalam 1 biji naga merah secara berat kurang lebih 300 g, terdapat 213 kalori serta bervariasi gizi berikut:

10 gr serat
5 gr protein
39 miligram kalsium
42 miligram fosfor
1,2 miligram zat besi
384 miligram kalium
3 miligram vitamin C

Buah naga merah pula punya kandungan mineral dan vitamin penting, dan senyawa alami yang lain yang berperanan jadi anti-oksidan, seperti likopen, betalain, karoten, dan polifenol.

Kegunaan Buah Naga Merah

Atas kandungan gizinya yang tumpah ruah, terdapat banyak fungsi  untuk kesehatan badan. Berikut ialah beberapa faedah yang dapat Anda capai dengan konsumsi buah naga merah:

1. Menahan dan menyelesaikan sembelit

 tinggi bakal serat dan prebiotik yang bagus buat kesehatan aliran pencernaan. Gizi-nutrisi ini dijumpai bisa menjadi lancar berak, maka dari itu menahan dan menangani sembelit.

2. Menghambat anemia

Konsumsi  dengan cara teratur dikenali dapat jadi satu diantara langkah menahan anemia. Faedah  ini diraih dari kandungan pada vitamin C pada  yang bisa memaksimalkan peresapan zat besi. Zat besi sendiri adalah type mineral yang terpenting saat proses produksi sel darah merah.

Akan tetapi, buat memaksimalkan usaha penghambatan anemia, Anda pun diminta untuk penuhi kepentingan zat besi harian dengan mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi. Sebagian contoh makanan kaya zat besi yakni daging merah, kacang merah, atau kacang almond.

3. Menghindari penuaan awal

Tingginya kandungan anti-oksidan dan vitamin C dalam buah naga merah bisa kurangi flek hitam serta garis lembut yang kerap dihubungkan penuaan awal. Anti-oksidan serta vitamin C akan membetulkan sel badan yang rusak, termaksud sel-sel kulit, hingga membikin Anda terlihat tahan lama muda.

4. Mengontrol bobot badan bagus

Tidak cuman kaya serat yang membuat Anda merasakan kenyang semakin lama,  termasuk buah yang lebih rendah kalori. Perihal ini membuat sesuai untuk jadi snack sehat buat menolong jaga bobot badan bagus.

5. Mengendalikan gula darah

Faedah buah naga merah dalam memeriksa takaran gula darah ini dapat diraih dari kandungan serat dan anti-oksidan didalamnya.  juga diakui bisa membenahi beberapa sel pankreas yang rusak, maka berlangsung penambahan persentase hormon insulin.

Tetapi, buat menegaskan ukuran dan ada kemungkinan dampak konsumsi  untuk memeriksa gula darah, masih dibutuhkan analisis selanjutnya.

Diluar itu, Anda dianjurkan untuk konsumsi  seperlunya karena buah ini miliki index glikemik yang tinggi.

6. Turunkan cholesterol

Kandungan anti-oksidan dalam daging  dan kandungan omega-3 serta omega-9 dalam biji-biji kecil buah naga merah berguna untuk turunkan takaran cholesterol.

Terkecuali itu, yang tak punya kandungan cholesterol serta kaya serat ini berguna buat melindungi kandungan cholesterol masih tetap normal.

Meskipun begitu, Anda semestinya masih konsumsi  dalam batasan alamiah. Soal ini karena riset selanjutnya untuk meyakinkan jumlah serta keamanan untuk turunkan cholesterol masih diperlukan.

7. Turunkan resiko penyakit jantung

Selainnya turunkan cholesterol, kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam biji  merah pun bisa kurangi dampak berlangsungnya penyakit jantung. Kandungan kalium, likopen, serta karoten dalam  pun berperanan dalam turunkan dampak berlangsungnya penyakit stroke dan jantung.

Perihal ini disokong sebuah studi yang tunjukkan jika mengkonsumsi  berguna buat turunkan resiko penimbunan karies di pembuluh darah. Pembuluh darah yang mampet bisa tingkatkan kemungkinan berlangsungnya penyakit serangan jantung, stroke, dan kematian.

Tapi satu kali lagi, semestinya Anda masih memakai  sepatutnya dan dibarengi menempatkan lifestyle sehat untuk menahan berlangsungnya penyakit jantung.

8. Menahan katarak

Kegunaan sesudah itu turunkan dampak berlangsungnya katarak. Fungsi ini didapat dari kandungan pada vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C didapati bisa menolong hentikan oksidasi lensa mata, ialah satu diantara yang memicu mata katarak.

9. Menahan stres

Selainnya kaya anti-oksidan serta serat,  pula kaya magnesium. Mineral ini berperanan dalam mengontrol keadaan hati. Takaran magnesium yang lebih rendah sering ditautkan dampak berlangsungnya stres. Untuk menahan stres, Anda bisa menuai kegunaan buat naga merah yang kaya magnesium. Selainnya menahan stres, konsumsi cukup magnesium bisa turunkan tanda-tanda kekuatiran.

10. Menghalang preeklamsia

Preeklamsia merupakan kompleksitas kehamilan yang disinyalir tekanan darah tinggi atau takaran protein tinggi dalam urine. Buat turunkan efek berlangsungnya preeklamsia, ibu hamil diminta untuk cukupi konsumsi vitamin B2. Salah satunya buah yang mempunyai kandungan vitamin B2 atau riboflavin.

11. Menghalang penyakit kanker

Buah naga merah punya kandungan vitamin C serta likopen yang bisa terbuktikan sanggup kurangi jumlah sel kanker pada tubuh. Diluar itu, senyawa anti-oksidan lain, seperti flavonoid, asam fenolik, serta betalain, dalam buah ini pun bisa menahan penyakit kanker dengan secara buat perlindungan sel dari kerusakan karena radikal bebas.

12. Jaga ketahanan badan

Buah naga merah kaya vitamin C serta senyawa anti-oksidan yang bisa menguatkan skema ketahanan badan dan menentang kuman yang menimbulkan infeksi. Faedah ini bisa menjauhi Anda dari flu, pilek, atau penyakit infeksi yang lain.

 benar-benar memiliki kegunaan untuk kesehatan. Biar faedahnya lebih maksimum, konsumsi buah naga merah semestinya diikuti lifestyle sehat, seperti memakai makanan yang bergizi yang lain, mengerjakan olahraga dengan teratur, cukup istirahat, serta mengatur depresi secara baik.

Kegunaan dapat Anda temukan dengan memakannya dengan cara langsung atau dibuat menjadi beragam suguhan yang nikmat, seperti salad buah, juice, smoothies, serta es cream.

Perlu diketahui, konsumsi buah naga merah bisa sebabkan urine atau tinja berbeda warna jadi merah. Akan tetapi, tak boleh cemas sebab perihal itu normal berlangsung serta tidak beresiko untuk kesehatan.

Walau termasuk jarang-jarang, konsumsi buah naga merah bisa memunculkan reaksi alergi pada beberapa orang. Tanda-tanda reaksi alergi buah naga merah dapat berwujud lidah lebam, gatal-gatal, atau muntah.

Bila Anda ingin masukkan buah naga merah jadi makanan diet, seharusnya tanyakan ke dokter terlebih dahulu. Sedianya, dokter bakal memberi pendapat yang cocok supaya Anda masih bisa ambil faedah buah naga merah ini.

 

BACA JUGA YAH :  10 Resep masakan kacang hijau menjadi bermacam kue, legit dan nikmat

By Admin