Jambu Biji

13 Kegunaan Jambu Biji, Menolong Struktur Imun sampai Tangani DBD

Jambu biji mempunyai kandungan anti-oksidan dan vitamin yang berlimpah. Kandungan tersebut membuat faedah jambu biji sama dengan rasanya yang nikmat serta fresh. Yok, baca banyak faedahuntuk kesehatan badan! dikenali menjadi buah tropis yang banyak tumbuh di Meksiko, Amerika tengah, Karibia, serta Amerika Selatan. Buah yang disebutkan guava ini sudah banyak diperbudidayakan serta bisa dicicipi di sejumlah negara beriklim tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. diyakini bisa memercepat pengobatan demam berdarah (DBD). Sebetulnya jambu biji menjajakan banyak faedah lainnya lantaran kaya kandungan serat, vitamin, dan anti-oksidan. Kenali apa manfaat buah unik daerah tropis ini.  bisa dimakan dengan langsung atau jadi beragam olahan, seperti juice buah serta selai. Tidak cuma buahnya, daun kerap kali difungsikan buat bermacam penyembuhan, dimulai dari problem di atas aliran cerna sampai diabetes.

Kandungan nutrisi buah jambu biji

Psidium guajava yakni buah tropis berasal dari Amerika tengah serta Amerika Selatan sisi utara. Buah ini mempunyai warna kulit kuning kehijauan dengan daging buah mempunyai warna merah muda atau putih. Dimaksud lantaran masih banyak biji yang mempunyai ukuran kecil pada sisi tengah daging buahnya. Berikut kandungan nutrisi yang ada dalam setiap 100 gr buah  menurut Data Formasi Pangan Indonesia.

Air: 86 gr (g).
Energi: 49 kkal.
Protein: 0,9 g.
Lemak: 0,3 g.
Karbohidrat: 12,2 g.
Serat: 2,4 g.
Abu: 0,6 g.
Kalsium: 14 mg (miligram).
Fosfor: 28 mg.
Zat besi: 1,1 mg.
Natrium: 10 mg.
Kalium: 52,8 g.
Tembaga: 0,02 mg.
Seng (zinc): 0,3 mg.
Beta karoten: 27 mikrogram (mcg).
Karoten keseluruhan: 25 mcg.
Thiamin (Vitamin B1): 0,02 mg.
Riboflavin (Vitamin B2): 0,03 mg.
Niasin: 0,8 mg.
Vitamin C: 87 mg.

Disamping itu, jambu biji memiliki kandungan model vitamin yang lain, seperti vitamin A dan folat (vitamin B9). Dalam pada itu, kandungan karoten pada jambu biji yakni likopen, sebagai senyawa pemberi warna merah di buah. Berdasar kandungan nutrisi itu, buah jambu biji, baik yang warna merah atau putih, memiliki potensi faedah sebagaimana berikut.

1. Menaikkan prosedur ketahanan tubuh

Jambu biji yaitu satu diantara buah yang terkandung tinggi vitamin C, juga kandungannya 4x lipat dibanding buah jeruk. Vitamin C yaitu satu diantara senyawa anti-oksidan yang menolong menambah skema ketahanan tubuh serta membetulkan jaringan yang rusak.

2. Meredam flu dan batuk

Kandungan pada vitamin C dalam jambu biji bagus juga untuk menurunkan batuk dan flu. Vitamin C terdapat sifat anti-oksidan dan antibakteri yang bisa menolong memecahkan lendir dan melenyapkan kuman yang mengontaminasi prosedur pernafasan.

3. Mempertahankan kesehatan jantung

Mengkonsumsi buah jambu biji secara teratur bisa menolong mempertingkat kesehatan jantung. Terkecuali itu, kandungan kalium didalamnya bisa menolong mengendalikan tekanan darah, dan seratnya dapat turunkan cholesterol tinggi yang bisa mengkhawatirkan jantung.

4. Memperlancarkan metode pencernaan

Kandungan serat dalam jambu biji pula bisa menolong memperlancarkan pencernaan Anda. Konsumsi buah jambu biji bisa menolong menghambat sembelit, kurangi tempo diare, dan memperhatikan kesehatan usus Anda keseluruhannya.

5. Menolong menahan kanker

Pelbagai pengamatan mendapati, jika punyai faedah buat menantang sel kanker, terhitung kanker prostat, kanker usus besar, leukemia, serta melanoma. Ini sebab kandungan pada vitamin C, likopen, dan quercetin didalamnya terdapat sifat anti-oksidan dan antikanker.

6. Turunkan takaran gula darah

Journal of Clinical and Diagnostic Research (2016) katakan makan buah utuh dengan kulitnya bermanfaat turunkan kandungan gula darah. Karena punyai index glikemik yang lebih rendah dan tinggi serat, yang bisa menolong menahan kenaikan gula darah.

7. Turunkan berat tubuh

Anda sedang turunkan bobot badan? Kalau ya, Anda dapat mengkonsumsi buah atau jusnya sehari-hari selaku snack sehat untuk diet. Takaran kalori buah rendah, tapi kaya serat dan mineral dan vitamin yang pas untuk diet.

8. Memperhatikan kesehatan mata

Vitamin A salah satu zat nutrisi penting agar bisa memperhatikan kesehatan mata. Nach, buah sebagai satu diantara sumber vitamin A. Vitamin A dalam buah bisa menolong menambah kesehatan pandangan sekalian menahan kemunduran makula dan perubahan katarak.

9. Meredam depresi

Bila lagi depresi, minum juice merah atau konsumsi buahnya jadi cemilan dapat menolong Anda santai. Fungsi ini dapat diraih sebab kandungan magnesium buahyang bisa menolong mengurangkan saraf yang capek dan otot yang tegang.

10. Menahan penyakit tiroid

Penyakit tiroid yakni problem di kelenjar tiroid yang kadang-kadang mengakibatkan pembesaran di tempat leher (penyakit gondok). Buah jambu biji mempunyai kandungan mineral tembaga dan serat buah yang menolong mengontrol, buat perlindungan, dan mempertingkat guna kelenjar tiroid.

11. Memerlambat penuaan di dalam kulit

Kandungan anti-oksidan, seperti betakaroten serta likopen, menolong buat perlindungan beberapa sel kulit dari kerusakan. Konsumsi teratur buah ini bisa memerlambat proses penuaan, menghindari kerutan, dan kencangkan kulit.

12. Menambah ingatan

Buah jambu biji banyak vitamin B dan kalium yang bisa menolong memperlancarkan rotasi darah ke otak. Ke-2 zat nutrisi ini bisa juga menambah peran kognitif, tergolong fokus serta ingatan.

13. Sebagai obat demam berdarah

Faedah jambu biji untuk DBD (demam berdarah) pasti kerap Anda dengar. Sejumlah studi, konsentrat jambu biji bisa menghalangi perkembangan virus dengue, menghindar dari pendarahan di pengidap DBD, dan menaikkan trombosit.

 

BACA JUGA :  5 Fungsi Mengagetkan Buah Mengkudu yang Wajib Anda Tahu

By Admin