Kundur

Baca 5 Fungsi Penting Buah Kundur Kecuali buat Pencernaan

Apa Anda ketahui bila di Indonesia ada buah kundur? Buah ini punyai bentuk seperti paduan di antara mentimun dan labu. Meski jarang-jarang kedengar, ada faedah atau fungsi dari buah untuk kesehatan Anda. Yok, baca keterangan selengkapnya berikut di bawah ini!

Kandungan nutrisi dari buah kundur

Telah diuraikan sedikit di atas jika buah kundur atau mungkin biasa dikatakan sebagai buah beligo ini memiliki wujud yang serupa dengan mentimun serta labu. Buah asli dari Asia Selatan ini pula memiliki nama yang cukup hanya bervariatif. Menjadi contoh, Benincasa hispida, wax gourd, ash gourd, winter melon, dan chinese watermelon. Kulit sisi luarnya memiliki warna hijau tua dan jika sudah masak bakal tampak bubuk abu-abu. Sebelumnya membicarakan faedahnya, berikut bukti nutrisi dan kandungan dari buah dihitung per 100 gr d ikutip dari Panganku.

Kalori: 22 kal
Air: 94 gr
Protein: 0,4 gr
Lemak: 0,2 gr
Karbohidrat: 4,7 gr
Serat: 1,3 gr
Kalsium: 3 mg
Fosfor: 54 mg
Zat besi: 0,5 mg
Natrium: 2 mg
Kalium: 200,0 mg
Beta karoten: 7 mcg
Vitamin B1: 0,10 mg
Vitamin B2: 0,03 mg
Vitamin C: 1 mg
Niasin: 0,4 mg

D ikutip dari Plants for a Future, ada beberapa ragam fungsi dari buah kundur atau beligo. Ditambah lagi, buah ini dipakai buat penyembuhan tradisionil Tiongkok serta Ayurveda waktu beratus-ratus tahun. Tetapi, masih sedikit analisis yang memperlihatkan tentang faedah dari kandungan buah. Di bawah ini ialah keterangan berkaitan kegunaan dan faedah dari buah untuk kesehatan badan.

1. Mengontrol metode pencernaan

Bila disaksikan dari kandungan gizinya, buah termasuk rendah kalori dan punyai kandungan serat serta air yang lumayan tinggi. Ini buat salah satunya kegunaan dari buah yaitu bisa jaga struktur pencernaan. D ikutip dari Mayo Clinic, serat pada makanan termaksud buah bisa memaksimalkan prosedur pencernaan dan menghindari perkara pencernaan. Sejumlah permasalahan pencernaan yang dapat di hindari yakni sembelit, sakit di perut, kram, sampai wasir. Tidak cuma itu saja, serat pun bisa menolong memperlancarkan peresapan gizi dari usus.

2. Mengontrol persentase cairan dalam tubuh

Persentase air di buah kundur yang lumayan tinggi bukan cuma menolong mempertingkat struktur pencernaan saja. Namun, buah kundur berfaedah juga untuk mengawasi kandungan cairan hingga badan masih terhidrasi secara baik. Badan yang terhidrasi secara baik penting buat bikin temperatur tubuh masih konstan, menahan infeksi, konsumsi gizi teresap maksimum, sampai mempertingkat kwalitas tidur. Mesti dimengerti jika disamping dari air mineral, kira-kira 20% keperluan cairan badan asal dari makanan seperti buah, sayur, maupun susu.

3. Buat perlindungan sel dalam tubuh

Buah beligo mempunyai kandungan mineral penting adalah potasium atau umum dikatakan sebagai kalium. Faedah kalium dari buah yaitu menolong mengawasi biar sel pada tubuh berperan secara baik. Seandainya sel bekerja dengan mestinya, ini bisa mengontrol keselarasan denyut jantung, otot dan saraf masih aktif, sampai badan sanggup mengolah karbohidrat dan protein. Lantas, konsumsi buah dan sayur yang terkandung kalium berfaedah juga untuk menolong turunkan tekanan darah.

4. Memperhatikan kesehatan tulang serta gigi

Kecuali kalsium, Anda pun butuh konsumsi fosfor untuk memperhatikan kesehatan tulang serta gigi. Fosfor yaitu satu diantara wujud mineral yang terdapat di tiap sel pada tubuh. Karena itu, Anda bisa pula mendapat fungsi fosfor pada buah buat menolong mempertahankan kesehatan tulang hingga menghalang tulang keropos. Bukan sekedar itu saja, fosfor berguna juga untuk produksi protein, memiara jaringan sel, sekalian menolong badan menaruh energi. Waktu badan kekurangan konsumsi fosfor, dampak yang dapat terjadi yakni ngilu tulang, kekurangan otot, sampai riskan alami tulang patah.

5. Menambahkan energi

Riboflavin atau vitamin B2 sebagai salah satunya dari 8 vitamin B yang diperlukan oleh badan. Ada kandungan pada vitamin B2 di buah yang berguna untuk memecahkan protein, lemak, dan karbohidrat jadi energi. Vitamin B2 bisa menolong mengganti karbohidrat jadi adenosine triphosphate (ATP). Oleh karenanya, senyawa ini penting untuk mengontrol serta simpan energi di otot. Tidak selisih jauh secara konsumsi ketimun serta labu, Anda juga dapat konsumsi buah kundur dengan rebus, mengukus, menggarapnya jadi sup, atau bahkan juga dikonsumsi mentah.

Resiko Buah kundur

Selainnya bawa banyak kegunaan, kandungan buah bisa memunculkan sejumlah resiko untuk badan, salah satunya yaitu :

Resiko dingin yang ada di dalam buah sangatlah tidak bagus buat pasien rheumatik. Maka dapat menambahkan rasa ngilu di dalam tubuh si pasien.

Buah kundur yang muda banyak terkandung kalsium oksalat yang bisa timbulkan iritasi di mulut. Untuk mencegah hal semacam itu, buah kundur harus dibuat bersih lebih dahulu dari getah sebelumnya proses pemrosesan beserta air garam yang di campur kapur sirih.

Buat satu orang dengan kisah problem ginjal alangkah lebih baik untuk menghindar dari konsumsi buah kundur. Masalah ini karena kandungan kandungan kalsium oksalat dalam buah kundur, bisa membuat batu ginjal.

Air yaitu kandungan penting dari buah kundur, di mana fungsinya ialah untuk mengontrol suhu badan. Diluar itu buah kundur kaya serat dan kalori yang bagus untuk menjadi lancar program diet dan bisa kurangi tingkat cholesterol serta takaran gula di dalam darah. Perihal ini pula yang membikin buah ini pas buat disantap semua umur, tetapi jangan berlebih supaya bahaya efeknya tidak ada dalam diri anda.

 

BACA JUGA :  13 Kegunaan Jambu Biji, Menolong Struktur Imun sampai Tangani DBD

By Admin