5 Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing yang Tidak Kamu Mengerti

Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing Ketika sedang berlibur ke luar negeri, terkadang kita mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang asing yang menggunakan bahan sehari-hari mereka. Apalagi buat kamu yang tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris, tentu saja ini menjadi masalah.

Ada lima cara yang bisa kamu coba untuk berkomunikasi dengan bahasa orang asing yang sama sekali tidak kamu ketahui. Daripada makin penasaran, yuk, cek ulasannya di bawah.

5 Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing yang Tidak Kamu Mengerti

1. Gunakan perangkat lunak penerjemahan

Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing Cara pertama adalah dengan menggunakan perangkat lunak penerjemahan. Perangkat lunak penerjemahan yang dimaksud adalah aplikasi, kamu bisa menggunakan google translate atau aplikasi penerjemah bahasa lainnya.

Cara ini terbukti sangat efektif dan gak ribet. Kamu cukup ketik kalimat yang ingin ditanyakan, lalu beritahu dia hasil terjemahannya melalui teks atau audio.

2. Gunakan gerakan tubuh dan bahasa isyarat

Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing Jika lupa membawa smartphone, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan orang asing yaitu dengan menggunakan gerakan tubuh. Komunikasi dengan gerakan tubuh dapat berupa tatapan, ekspresi wajah, postur tubuh, suara, dan gerakan tangan.

Komunikasi bahasa tubuh ini dapat mengutarakan emosi dan mengonfirmasikan informasi kepada orang lain. Lakukan sebaik mungkin agar orang asing tersebut dapat memahami dengan benar.

3. Gunakan pensil dan kertas
5 Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing yang Tidak Kamu Mengerti

Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing Bahkan ketika kamu tidak tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan gerakan tubuh, alat seperti pensil dan kertas bisa membantumu untuk berkomunikasi dengan bahasa orang asing. Bagaimana cara? Kamu cukup menggambar tempat yang ingin kamu cari atau kata-kata yang ingin kamu sampaikan.

Contohnya, buatlah gambar pesawat jika ingin ke bandara, buatlah gambar rumah jika ingin ke rumah sakit, dan masih banyak lagi lainnya. Buatlah gambar semirip mungkin agar mereka dapat mengetahui maksud dan tujuan kamu.

4. Gunakan bahasa visual

Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing Bahasa visual adalah sebuah ekspresi yang melibatkan penggunaan simbol, bentuk, dan warna untuk menyampaikan konsep dan informasi yang ingin disampaikan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan peta, tunjukkan kepadanya lokasi atau foto yang ingin kamu cari.

Selain itu, membentuk simbol dengan menggunakan jari-jari tangan juga termasuk ke dalam bahasa visual. Kamu bisa membuat simbol cinta dan hati ketika berkomunikasi dengan orang.

5. Sewa seorang penerjemah
5 Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing yang Tidak Kamu Mengerti

Cara Berkomunikasi dengan Bahasa Asing Jika kamu punya bujet lebih, menyewa penerjemahan adalah cara paling ampuh untuk berkomunikasi dengan bahasa orang asing yang kamu tidak mengerti. Kamu bisa mencari jasa penerjemah di daerah tersebut, membawa penerjemahan dari negara asal, atau menyewa penerjemahan melalui aplikasi.

Meski tidak fleksibel, cara ini sering digunakan oleh orang-orang yang benar-benar ingin berpetualang atau membuat film dokumenter tentang suatu tempat. Apa kamu pernah coba cara ini?

Jangan takut untuk berkomunikasi dengan bahasa orang asing yang tidak kamu mengerti. Dengan menggunakan kelima cara di atas, kamu dapat menambah pengalaman berlibur dengan menikmati percakapan yang bermanfaat dan menyenangkan dengan orang lain dari segala latar belakang.

By Admin