Kulit

5 Faedah Kulit Bawang buat Kesehatan yang Jarang-jarang Didapati

Tidak cuma sisi umbinya, siapa kira kulit bawang miliki banyak faedah. Kegunaan kulit ditemui datang dari kandungan anti-oksidan yang bisa menghalang kerusakan sel pada badan, maka dari itu kesehatan badan terus terpelihara. Bawang sering dipakai waktu mengolah karena bisa membuat lebih cita-rasa pada makanan. Akan tetapi, kulit yang rata-rata Anda membuang waktu kupas bawang nyatanya bisa berikan bervariasi fungsi, lho. Kulit kebanyakan dibuat menjadi konsentrat berbentuk bubuk. Buat mendapat gunanya, Anda bisa mengkonsumsi konsentrat kulit berbentuk suplemen atau dijadikan kombinasi dalam teh.

Biasanya, selesai dikupas, kulit dibuang demikian saja. Walaupun sebenarnya, masih banyak fungsi kulit untuk kesehatan. Faedah kulit untuk kesehatan disebut bisa tingkatkan kebal, menyuport kesehatan jantung, dan jaga kandungan gula darah. Dikatakan dr. Theresia Rina Yunita, jejeran faedah itu dicapai dari nilai gizi di kulit bawang. “Kulit mempunyai kandungan serat serta kaya anti-oksidan, seperti vitamin A, C, E, dan flavonoid yang bagus buat kesehatan,” ujarnya. Bagaimana prosedur gizi kulit menyuport kesehatan badan? Yok, cari info.

Bermacam Kegunaan Kulit Bawang untuk Kesehatan

Salah satunya type flavonoid yang banyak terdapat pada kulit bawang ialah quercetin. Senyawa ini ditemui miliki karakter antiradang dan anti-oksidan yang bagus untuk badan. Baik flavonoid atau quercetin terkandung pada bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai. Karena kandungan senyawa didalamnya, kulit bawang miliki banyak fungsi buat kesehatan badan, yakni:

1. Turunkan berat tubuh

Kandungan quercetin di kulit bawang dikira bisa turunkan perbandingan lemak badan dengan halangi proses peresapannya di usus. Karena itu, jumlah lemak yang ada di badan jadi menyusut maka dari itu bisa turunkan bobot tubuh.

2. Menghambat keparahan tanda-tanda asma

Asma sebagai masalah pernafasan yang terjadi gara-gara infeksi serta persempitan aliran napas. Situasi ini diikuti dada berasa sesak, sukar bernapas, serta mengi. Konsumsi konsentrat kulit bawang diperkira bisa menguasai beberapa tanda-tanda asma di atas supaya tidak tambah kronis. Ini karena kulit mempunyai pembawaan antiradang yang sanggup menghilangkan pembengkakan, termaksud infeksi yang terjadi pada aliran napas.

3. Menghilangkan radang persendian

Bukan sekedar pembengkakan di aliran napas, karakter antiradang yang dipunyai oleh kulit pula bisa menanggulangi infeksi persendian lewat langkah menekan produksi senyawa sitokin. Sitokin sebagai satu diantara protein yang berperanan dalam metode kekebalan badan. Pada situasi normal, macam protein ini menolong metode imun badan menantang virus atau bakteri supaya tak mengakibatkan infeksi. Tapi, bila dibuat dengan berlebih, sitokin malah bisa jadi parah pembengkakan dalam badan, termasuk di persendian, maka dari itu orang yang mengenyamnya dapat terasa ngilu, panas, dan lebam di persendian.

4. Menghalang penyakit jantung

Suatu analisis yang tengah dilakukan di hewan membuktikan jika kandungan quercetin di kulit bawang bisa kurangi kandungan gula dan trigliserida pada darah. Apabila takaran gula darah serta trigliserida tinggi sekali, ke-2 nya dapat sebabkan tersumbatnya pembuluh darah yang bisa menimbulkan berlangsungnya penyakit kardiovaskular, seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan penyakit serangan jantung. Disamping itu, quercetin pun dikira bisa membuat perlindungan kerusakan pembuluh darah di jantung yang disebabkan karena cholesterol jahat atau LDL. Tapi, masih butuh analisis selanjutnya tentang efektifitas kulit di dalam menghindari penyakit jantung pada manusia.

5. Kurangi efek negatif terserang kanker

Kecuali penyakit jantung, kandungan quercetin dalam kulit bisa kurangi efek negatif terserang kanker. Ini karena quercetin punyai pembawaan antikanker yang bisa menghindari perkembangan sel kanker. Quercetin dijumpai bisa membatasi perkembangan sejumlah sel kanker, dimulai dari kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker ovarium, serta kanker paru-paru. Disamping bervariasi kegunaan yang udah dikatakan, konsentrat kulit dapat juga dipakai pada proses pemrosesan makanan, seperti mengawetkan roti supaya tak gampang berjamur, menghindari reaksi oksidasi di minyak goreng, mempertingkat kandungan serat di mi serta pasta, dan jadi bahan warna makanan alami.

Walau fungsi kulit untuk kesehatan badan lumayan banyak, masih dibutuhkan analisis selanjutnya berkenaan faedah nyata dari kulit . Baiknya tanyakan ke dokter terlebih dulu apabila Anda pengin mengkonsumsi suplemen atau ramuan dari kulit buat menangani keadaan klinik tersendiri.

 

BACA JUGA : 9 Kegunaan Buah Manggis, Tergolong Turunkan Berat Tubuh

By Admin