Manggis

9 Kegunaan Buah Manggis, Tergolong Turunkan Berat Tubuh

Buah manggis yaitu buah tropis dari Asia. Tipe buah berikut nama latin Garcinia mangostana ini punyai rasa yang manis dan asam yang unik. Tidak cuman nikmat dikonsumsi, buah manggis punyai banyak faedah buat kesehatan.

Kandungan nutrisi buah manggis

Setahun lebih terakhir, kegunaan kulit buah manggis jadi popular karena pemakaiannya selaku obat herbal. Gak cuma kulit, semuanya sisi dari buah manggis pula punya kandungan zat nutrisi yang berguna buat badan Anda. Dikutip dari Data Konstruksi Pangan Indonesia, di bawah ini kandungan nutrisi dari 100 gr buah manggis mentah.

Air: 83 gr (g).
Energi : 63 kal
Protein: 0,6 g.
Lemak: 0,6 g.
Karbohidrat: 15,6 g.
Serat: 1,5 g.
Abu:; 0,2 g.
Kalsium: 8 miligram (mg).
Fosfor: 12 mg.
Zat besi: 0,8 mg.
Natrium: 10 mg.
Kalium: 61,9 mg.
Tembaga: 0,10 mg.
Seng: 0,1 mg.
Vitamin C: 5 mg.
Vitamin B1: 0,03 mg.
Vitamin B2: 0,03 mg.
Niasin: 0,3 mg.

Manggis memiliki kandungan xanthones, salah satunya ragamnya gartanin. Ini merupakan senyawa bioaktif dalam tanaman yang punya karakter anti-oksidan.

Apa fungsi dari buah manggis?

Kandungan nutrisi buah ini bisa menolong cukupi kepentingan nutrisi dan menaikkan kesehatan badan. Berikut daftar kemampuan fungsi konsumsi buah.

1. Menolong turunkan berat tubuh

Kegunaan yang paling populer dari buah merupakan menolong turunkan berat tubuh. Study yang diberitakan di Journal of medicinal food di 2016 temukan jika, tikus yang memakai konsentrat alami pengurangan bobot badan secara penting dibanding yang tak mengkonsumsinya. Tetapi, analisis awalnya di juga manusia katakan, orang yang mengkonsumsi 90-270 ml juice 2x satu hari condong punya index massa badan (BMI) yang makin lebih rendah. Beberapa pengamat yakini effect antiinflamasi dari senyawa xanthone sanggup kurangi pembengkakan di personal yang merasakan berat badan yang berlebihan, maka faedah ini dapat tampil.

2. Mengatur persentase gula darah

Pelbagai riset tentang buah mendapatkan kenyataan jika senyawa xanthone serta serat didalamnya bisa menolong mengawasi kandungan gula darah. Antara lainnya, yakni study di tahun 2018 yang dipublikasi di jurnal Nutrients.
Study itu temukan realitas kalau wanita adipositas yang mengkonsumsi 400 mg konsentrat tiap-tiap hari alami pengurangan kekuatan insulin yang berarti. Adapun kekuatan insulin sebagai satu diantaranya perihal dampak negatif persentase gula darah tinggi sampai diabetes.

3. Tingkatkan struktur ketahanan badan

Buah mempunyai kandungan vitamin C serta serat, yang ke-2 nya penting buat struktur ketahanan badan manusia. Vitamin C punyai pembawaan anti-oksidan dan berperanan buat tingkatkan manfaat sel kebal, maka dari itu bisa kurangi resiko penyakit. Sementara serat berperanan dalam mekanisme pencernaan, yang sebagai elemen penting dalam kekebalan badan manusia. Gak cuman vitamin C dan serat, faedah buah manggis ini pula bisa dirasa karena karakter antibakteri di senyawa bioaktif didalamnya. Senyawa ini bisa menolong menentang bakteri yang beresiko, yang dapat menyebabkan beragam penyakit.

4. Mempertahankan kesehatan kulit

Tidak cuma menentang penyakit, dampak anti-oksidan dan antibakteri di buah bisa menolong memperhatikan kesehatan kulit. Masalah ini ditunjukkan lewat suatu kajian kecil yang diterbitkan di journal of clinical biochemistry and nutrition. Riset itu mendapatkan realitas jika, satu orang yang mengkonsumsi konsentrat 100 mg sehari-hari mempunyai keluwesan kulit yang lebih bagus. Dia pula alami pengurangan senyawa yang menimbulkan penuaan kulit seusai konsumsi konsentrat buah itu.

5. Menahan penyakit kanker

Kecuali manfaat-khasiat di atas, kegunaan buah yang lain yang termasyhur untuk menghambat penyakit kanker. Karena senyawa xanthones dalam buahdipercayai mempunyai pembawaan antikanker, anti-oksidan, serta antiinflamasi yang bisa menolong menentang kemajuan serta penebaran sel kanker. Walau sudah dikerjakan beberapa kajian berkenaan manfaat buah ini, namun hasilnya di manusia masih tetap terbatas. Oleh sebab itu, diperlukan kajian selanjutnya perihal dampak buah sebagai pencegah kanker di manusia.

6. Menurunkan radang persendian

Diberitakan dari Mayo Clinic, beberapa analisis di laboratorium dan pada hewan memperlihatkan jika manggis mempunyai dampak antiinflamasi yang kuat. Karena itu, buah ini kerap dikatakan bisa menolong kurangi pembengkakan dan ngilu di pasien artritis (radang persendian). Soal ini benar-benar belum semuanya bisa terbuktikan pada manusia. Akan tetapi, berdasar pada analisis terbitan PeerJ (2019), senyawa bioaktif xanthones di buah bisa menantang pembengkakan dan buat perlindungan bermacam organ badan, terhitung persendian.

7. Memperhatikan kesehatan jantung

Kegunaan buah yang lain yang sayang ditinggalkan ialah untuk mempertahankan kesehatan jantung. Perihal ini dipastikan lewat sejumlah studi yang sudah dilakukan pada hewan. Diantaranya merupakan kajian yang diterbitkan di jurnal BMC complementary and pilihan medicine pada 2016. Menurut riset itu, polifenol di buah bisa turunkan takaran trigliserida dan cholesterol jahat dan tingkatkan cholesterol baik di tikus. Karena itu, buah ini dipercaya dapat kurangi akibat negatif penyakit jantung. Walaupun begitu, diperlukan pengamatan kelanjutan untuk memberi bukti pada manusia.

8. Mempertahankan kesehatan otak dan psikis

Bukan sekedar jantung, sejumlah study juga memperlihatkan kalau buah punya manfaat untuk memperhatikan kesehatan otak. Buah ini dikatakan dapat kurangi pembengkakan di otak dan menolong penyembuhan problem psikis tertentu pada tikus. Menjadi contoh, study dalam Psychiatry (2019) katakan, senyawa anti-oksidan pada buah manggis (antara lainnya xanthones) bisa jadikan penyembuhan tambahan buat sebagai obat masalah bipolar dan skizofrenia. Disamping itu, study lain sebutkan, tanda-tanda stres di tikus bisa terbuktikan makin membaik dengan pemberian konsentrat buah. Juga, resikonya seperti sama obat antidepresan imipramine.

9. Mempertahankan kesehatan pencernaan

Buah satu diantara makanan tinggi serat yang penting Anda konsumsi. Karena dengan memakai serat, kesehatan pencernaan Anda akan terbangun serta Anda juga bebas dari beberapa penyakit di skema pencernaan. Institute of Medicine (IOM) mereferensikan seharusnya Anda mengkonsumsi sekitaran 19-38 gr serat setiap hari agar bisa menolong mempertahankan kesehatan pencernaan. Anda juga dapat penuhi keperluan serat dari makanan yang lain, seperti sayur.

Langkah pas memakai buah manggis

Anda dapat mendapat fungsi buah di atas dengan mengkonsumsi buahnya langsung. Diluar itu, buah ini juga dianggap aman buat disantap oleh siapa saja, termasuk ibu hamil serta menyusui. Akan tetapi, seharusnya Anda menghindar konsumsi buah berbentuk juice atau kalengan, terlebih jika Anda menanggung derita diabetes. Produk ini mempunyai kandungan gula tambahan yang malah tidak baik untuk keadaan Anda.

Resiko buah manggis

Konsumsi buah manggis, terlebih berbentuk juice atau suplemen herbal tersendiri, dapat beresiko buat kesehatan sebagian orang. Buat pasien penyakit kanker, misalkan, mengkonsumsi konsentrat buah manggis berbentuk suplemen barangkali dapat mengacaukan penyembuhan kanker yang tengah dilakoni. Tidak hanya itu, kandungan xanthones dari buah manggis dalam suplemen herbal bisa pula perlambat proses pembekuan darah. Apabila Anda punya kasus dengan pembekuan darah atau tengah memakai obat pencair darah, seharusnya penting menghindar dari konsentrat buah manggis ini. Buat ibu hamil dan menyusui, konsumsi suplemen punya kandungan konsentrat buah manggis belum bisa dijamin. Semestinya tanya pada dokter Anda buat ketetapannya.

 

BACA JUGA :  Penyakit Liver (Penyakit Hati)

By Admin